Daftar 100 Universitas Terbaik Dunia

Times Higher Education kembali merilis daftar universitas terbaik dunia. Ada 100 universitas yang masuk di jajaran World Reputation Rankings 2014. Di urutan 10 besar, nama-nama lama masih terlihat mendominasi. Harvard University yang tahun lalu nangkring di urutan pertama, tahun ini posisinya belum tergeser. Ia tetap mengumpulkan skor penuh, 100.0. Jauh di atas pesaingnya. Di posisi kedua, Massachusetts Institute of Technology (MIT) memepet dengan nilai 90.4. Meski skornya terpaut hampir 10 poin, dua universitas terbaik dunia ini seringkali mengisi posisi puncak.

Urutan ketiga ditempati Stanford University dengan skor 74.9, disusul University of Cambridge di urutan ke empat dengan skor 74.3. Sementara, posisi kelima ditempati University of Oxford dengan nilai 67.8. Urutan keenam ada University of California, Berkeley dengan nilai 63.1 diikuti Princeton University yang berada di posisi ketujuh dengan skor 35.7.

Berikutnya di posisi kedelapan ditempati Yale University disusul California Institute of Technology (Caltech) di urutan sembilan, dan University of California, Los Angeles (UCLA) di posisi sepuluh. Dari 10 nama universitas terbaik dunia ini, 8 universitas berada di Amerika Serika (USA), dan hanya 2 universitas berasal dari Inggris (UK), yakni University of Cambridge dan University of Oxford. Praktis tak satupun universitas dari Asia yang masuk di deretan 10 terbaik, termasuk Indonesia.

Berikut daftar 100 universitas top dunia 2014 yang dirilis Times Higher Education:







Dari 100 universitas terbaik dunia yang tertera di atas, Indonesia tampaknya belum mampu menempatkan salah satu perwakilannya. Sementara tetangga sebelah, Singapura berhasil masuk ke dalam daftar terbaik dengan dua universitas sekaligus, National University of Singapore (21) dan Nanyang Technological University (90-100).

Sebagai salah satu lembaga pemeringkat yang dipercaya, Times Higher Education menggunakan sejumlah parameter untuk meletakkan ranking universitas, di antaranya keunggulan perkuliahan dan riset. Data rangking 2014 diambil setelah melalui survey pada Maret-Mei 2013 dengan 10.536 responden dari 133 negara.

Daftar di atas juga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Tentunya, bisa masuk ke salah satu universitas top dunia tersebut menjadi kebanggaan tersendiri. Yang menarik, tidak sedikit donatur yang siap membiayai studi Anda bila tembus ke universitas ini. Seperti dimuat beasiswapascasarjana.com sebelumnya, beasiswa Presiden dan Beasiswa LPDP siap mendanai studi Anda jika masuk ke 50 besar atau universitas yang memiliki reputasi sangat baik.
Facebook Twitter Google