Beasiswa Erasmus Mundus Hukum dan Ekonomi

EMLE (European Master in Law and Economics) adalah salah satu konsorsium beasiswa Erasmus Mundus yang menyediakan beasiswa program master bagi mahasiswa non Eropa. Beasiswa Erasmus+ ini berdurasi satu tahun dengan kajian analisis ekonomi hukum. Yakni penggunaan metode ekonomi untuk menjelaskan dan menilai efek hukum. Serta pendekatan komparatif yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan aturan hukum alternatif dari perspektif ekonomi. 

EMLE mencakup semua bidang utama analisis ekonomi hukum, mulai dari hukum perdata hingga hukum publik, serta regulasi ekonomi. Mahasiswa pada program ini berkompeten bekerja di perusahaan pribadi, organisasi masyarakat, penasihat ekonomi dan firma hukum multinasional besar. Lulusan juga dipersiapkan dengan baik untuk riset Ph.D. di bidang hukum dan ekonomi.

Di tahun akademik 2015/2016, beasiswa Erasmus Mundus EMLE menyediakan 7 kursi beasiswa dengan nilai maksimum 25.000 Euro. 9.000 Euro di antaranya akan dipotong untuk biaya kuliah. 4.000 Euro akan dibayarkan untuk biaya instalasi dan perjalanan. Sisanya 12.000 Euro dibayarkan untuk tunjangan yang dicicil tiap bulan. Beasiswa juga sudah mencakup asuransi.

Perkuliahan berlangsung di beberapa universitas yang tergabung dalam konsorsium. Khusus EMLE, ada 9 universitas yang berpartisipasi, seperti Erasmus University Rotterdam (Belanda), University of Aix-Marseille III Paul Cezanne (Prancis), University of Bologna (Italia), Ghent University (Belgia), University of Hamburgh (Jerman), University of Vienna (Austria), dan Warsaw School of Economics (Polandia).

Persyaratan:
1. Mahasiswa non Eropa
2. Mendaftar maksimum tiga perkuliahan Erasmus+ dalam setahun
3. Tidak memenuhi syarat bagi kandidat yang telah memperoleh beasiswa Erasmus Mundus

Pendaftaran:
Peminat dapat mengajukan diri dengan mendaftar online melalui website EMLE. Tidak dibutuhkan aplikasi terpisah untuk beasiswa. Nantinya, pelamar diminta membayar biaya pendaftaran ke EMLE sebagai syarat masuk universitas. Semua pelamar yang telah membayar biaya pendaftaran tersebut secara otomatis akan dipertimbangkan untuk beasiswa.

Untuk seleksi, mereka yang memperoleh hasil seleksi terbaik oleh EMLE yang akan menerima beasiswa.  Pendaftaran online ditutup 15 Januari 2015. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Rogeer Van Den Bergh, Erasmus School of Law, Rotterdam Institute of Law and Economics, email: r.vandenbergh@frg.eur.nl
Facebook Twitter Google