Beasiswa S2 di Belanda – Hukum, Ekonomi, Sains, Ilmu Sosial

Ada banyak beasiswa S2 di Belanda yang bisa dilamar pelamar dari Indonesia. Jika sebelumnya dibuka Beasiswa OTS atau pun StuNed, Anda juga bisa memanfaatkan beasiswa yang dikelola sendiri oleh universitas di Belanda. University of Amsterdam (UvA) salah satunya. Perguruan tinggi di Belanda ini rutin menyediakan beasiswa S2 bagi mahasiswa internasional, semisal Indonesia. 

Satu di antara beasiswa yang ditawarkan University of Amsterdam adalah Amsterdam Excellence Scholarship (AES). Sasaran beasiswa ini adalah pelamar yang berasal dari kawasan di luar Uni Eropa. Tiap tahunnya University of Amsterdam mengalokasikan sekitar 15 kursi untuk skema beasiswa ini. Nilainya adalah € 25.000 per tahun yang bisa dipergunakan untuk kuliah master berdurasi satu tahun serta dapat diperpanjang bila program gelar yang diambil berlangsung selama dua tahun. Beasiswa yang diperoleh tersebut mencakup biaya pendidikan dan biaya hidup selama studi di Belanda. 

Beasiswa AES terbuka untuk semua disiplin ilmu dengan catatan pelamar masuk ke dalam 10 persen lulusan terbaik di kelas. Pertimbangan utama adalah capaian akademik, ambisi serta relevansi ke karir masa depan mahasiswa. Beasiswa S2 University of Amsterdam dibuka untuk sejumlah fakultas dan sekolah pascasarjana, di antaranya:

1. Amsterdam Law School
2. Faculty of Economics and Business
3. Graduate Schools of Sciences
4. Graduate School of Humanities
5. Graduate School of Social Sciences
6. Graduate School of Psychology
7. Graduate School of Child Development and Education
8. Graduate School of Communication

Pelamar bisa memilih jurusan yang lebih spesifik di fakultas tersebut untuk beasiswa AES yang dimulai tahun akademik 2018-2019.

Persyaratan: 
1. Memiliki paspor non Uni Eropa (EU)/Kawasan Ekonomi Eropa (EEA)
2. Diterima (sementara) di program master dengan pengantar Bahasa Inggris di University of Amsterdam yang terdaftar di Central Register of Higher Education Programmes (CROHO). Anda dapat mengajukan permohonan program Master dan beasiswa AES secara bersamaan. Aplikasi master akan dinilai sebelum deadline AES. Dalam aplikasi, tandai secara jelas bahwa Anda melamar beasiswa AES.
3. Diterima (sementara) di program master di UvA untuk pertama kali. AES tidak akan diberikan kepada kandidat yang sudah dua kali terdaftar di program master UvA. 
4. Dapat mematuhi peraturan visa di Belanda sesuai petunjuk Dinas Imigrasi Belanda (IND)
5. Terdaftar di UvA sebagai mahasiswa penuh waktu untuk tahun akademik dan program yang memberikan beasiswa
6. Peserta tidak menerima beasiswa lain untuk periode studi yang sama.
Dokumen aplikasi: 
1. Catatan akademik kandidat. Pelamar merupakan bagian 10 persen lulusan terbaik di kelas
2. Kualitas akademik lembaga pendidikan di mana gelar sarjana diperoleh 
3. Surat rekomendasi dari dekan, pengajar, atau pembimbing akademik 
4. Kualitas surat motivasi (maksimal 500 kata) di mana kandidat menjelaskan alasan memilih program master yang spesifik (konteks lebih luas, relevansi untuk karir masa depan)
5. Deskripsi kegiatan ekstrakurikuler, seperti partisipasi dalam komite mahasiswa, pengalaman internasional, olahraga atau musik pada tingkat tinggi, atau pekerjaan relawan 
6. Bukti kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEF). IBT TOEFL skor keseluruhan 100 (dengan skor minimal 22 di masing-masing komponen), atau IELTS skor keseluruhan 7.0 (dengan skor minimal 7.0 di masing-masing empat komponen).

Ctt: Dokumen yang diminta bisa saja ada penambahan atau perbedaan dari masing-masing fakultas/sekolah pascasarjana di UvA. Pertimbangan aplikasi berdasarkan kualitas aplikasi secara keseluruhan (kelengkapan, akurasi, konsistensi). 

Pendaftaran: 
Aplikasi beasiswa AES 2018-2019 dilakukan melalui masing-masing kantor pendaftaran fakultas atau sekolah pascasarjana University of Amsterdam. Pelamar bisa mendaftar beasiswa AES dengan waktu yang bersamaan dengan pendaftaran program master. Deadline pengajuan beasiswa adalah 15 Januari 2018 atau 1 Februari 2018. Silakan dicek langsung ke fakultasnya. Sebaiknya pelamar sudah mengajukan aplikasi sebelum tanggal itu, termasuk mendaftar ke universitas. 

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter