Beasiswa Taiwan MOE 2023 - 2024 (S1, S2, S3)

Kesempatan Beasiswa Taiwan 2023 kembali tersedia buat pelajar Indonesia. Pemerintah Taiwan melalui Kementerian Pendidikan (MOE) mengumumkan peluang beasiswa S1, S2, dan S3 di Taiwan tahun 2023. Beasiswa yang dikenal dengan MoE Taiwan Scholarship Program 2023 ini menawarkan studi di universitas-universitas Taiwan, baik berbahasa pengantar Inggris, maupun yang menggunakan bahasa Mandarin. 

Penerima beasiswa S1 Taiwan nantinya akan mendapatkan tunjangan hidup dari Pemerintah Taiwan sebesar NT$ 15.000 atau setara Rp 7,4 juta per bulan. Sedangkan penerima beasiswa S2 dan S3 akan memperoleh tunjangan hidup sebesar  NT$ 20.000 atau setara Rp 9,8 juta per bulan. Selain biaya hidup, beasiswa Pemerintah Taiwan 2023 juga mencakup biaya kuliah dan biaya akademis lainnya. Kementerian Pendidikan Taiwan memberikan NT$ 40.000 per semester untuk subsidi biaya kuliah setiap mahasiswa. Namun, jika biaya yang dibutuhkan melebihi dari nominal yang ditetapkan, maka kelebihan biaya akan menjadi tanggungan penerima beasiswa atau universitas tujuan. 

Ada biaya lain yang harus disediakan sendiri oleh penerima beasiswa, di antaranya biaya administrasi universitas, pembimbing tesis, premi asuransi, biaya akomodasi, dan biaya internet. Jumlah yang dikeluarkan ini biasanya jauh lebih kecil dari nominal beasiswa yang diberikan. 

Durasi beasiswa di Taiwan 2023 diberikan maksimum 4 tahun untuk program S1, 2 tahun untuk S2, dan 4 tahun untuk program S3.
Persyaratan: 
1. Pelamar merupakan warganegara asing berijazah SLTA atau memiliki gelar di jenjang setelah SLTA (S1/S2) dengan prestasi akademik memuaskan dan karakter moral yang baik 
2. Tidak memenuhi syarat bagi pelamar berikut:
    ▪ Merupakan warga negara Taiwan atau keturunan overseas Chinese
    ▪ Sudah terdaftar/sedang belajar di universitas di Taiwan atau sudah diterima di tahun sebelumnya, kecuali jika Anda ingin mendaftar untuk jenjang pendidikan berikutnya.
    ▪ Pernah belajar di Taiwan pada tingkatan/jenjang yang sama.
   ▪ Sewaktu belajar di Taiwan, peserta merupakan mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar atau double degree program yang merupakan program kerja sama antar universitas.
    ▪ Pernah menerima beasiswa dari pemerintah Taiwan total lebih dari 5 tahun.
    ▪ Pernah membatalkan/dibatalkan dalam program MoE Taiwan Scholarship atau pernah membatalkan/dibatalkan dalam program HES (Huayu Enrichment Scholarship).
    ▪ Saat belajar di Taiwan di periode yang sama, peserta menerima beasiswa lainnya dari pemerintah Taiwan atau beasiswa dari universitas; tidak termasuk jika universitas Taiwan (yang bekerja sama dengan program beasiswa ini) memberikan diskon biaya kuliah saat nominal biaya kuliah melebihi subsidi yang disediakan oleh program beasiswa ini.
3. Pelamar harus mendaftar secara langsung ke universitas/perguruan tinggi berdasarkan deadline yang ditetapkan masing-masing 
Dokumen aplikasi: 
1. Formulir Aplikasi Beasiswa Taiwan 2023 (Unduh
2. Fotokopi paspor dan kartu keluarga
3.  Jika dokumen tidak dalam bahasa Inggris atau Mandarin, maka harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Mandarin, dan harus dilegalisir sampai tahap TETO (Unduh)
4. Fotokopi atau scan bukti pendaftaran universitas yang menunjukkan bahwa peserta telah mendaftar ke universitas di Taiwan untuk semester Fall tahun 2023. (contoh bukti pendaftaran: fotokopi bukti transfer uang pendaftaran, formulir yang digunakan saat pendaftaran universitas, fotokopi bukti tanda terima formulir pendaftaran, email, dll)
5. Dua surat rekomendasi yang telah ditandatangani dan tersegel rapat dalam amplop (contoh pemberi rekomendasi: oleh Kepala Sekolah, Rektor, Dekan, Profesor atau atasan di tempat bekerja). Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi TIDAK BERLAKU.
6. Fotokopi Sertifikat Kemampuan Bahasa:
   › Program studi yang TIDAK menggunakan bahasa Inggris:
Fotokopi sertifikat “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) dengan hasil ujian minimal tingkat menengah (B1). Tidak menerima sertifikat bahasan Mandarin lain selain TOCFL.
   › Program studi bahasa Inggris (Unduh): 
Fotokopi sertifikat resmi TOEFL atau sertifikat bahasa Inggris lain yang diakui oleh internasional.
Pendaftaran: 
Sebelum mengajukan beasiswa Taiwan 2023 - 2024, silakan daftarkan diri Anda terlebihi dahulu ke universitas dan program yang diminati di Taiwan berdasarkan program studi yang sudah ditentukan di atas (poin 6)

Setelah mendaftar ke universitas dan memperoleh dokumen yang diperlukan, selanjutnya Anda bisa mendaftar ke program beasiswa. Pertama, isi terlebih dahulu formulir online beasiswa MoE di sini. Wajib diisi.

Berikutnya lengkapi dokumen aplikasi beasiswa seperti yang diminta di atas, lalu kirim via pos ke alamat: 

Kantor Taipei Economic and Trade Office
Gedung Artha Graha lt.17,
Jl. Jend Sudirman kav 52-53,
Jakarta Selatan 12190 

*Tuliskan pada amplop depan: "Pendaftaran MoE Taiwan Scholarship"

Pendaftaran beasiswa tersebut diajukan mulai tanggal 1 Februari 2023 s/d 31 Maret 2023. TETO akan mengirimkan pengumuman beasiswa secara individu kepada masing-masing penerima beasiswa via email sebelum tanggal 6 Juni 2023. Informasi lebih lanjut juga bisa bisa disimak di www.roc-taiwan.org. Selamat mencoba!

Kontak:
Kontak:
Divisi Pendidikan,
Taipei Economic and Trade Office, Indonesia
[e] edutwindonesia@gmail.com
[w] www.roc-taiwan.org

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter