Beasiswa Hungaria FULL Jenjang S1, S2, S3, Non Gelar 2024 - 2025

Beragam tawaran beasiswa luar negeri masih terbuka untuk Anda lamar. Mulai dari beasiswa universitas, beasiswa perusahaan, beasiswa pemerintah, beasiswa yayasan, beasiswa lembaga non profit, dll. Jika Anda berminat melanjutkan studi di jantung Eropa, ini salah satu kesempatan yang bisa Anda coba. Pemerintah Hungaria menawarkan beasiswa full untuk jenjang S1, S2, S3, hingga program non gelar bersertifikat. Beasiswa ini dibuka bagi pelamar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah penuh waktu di universitas-universitas terkemuka yang ada di Hungaria.
 
Simak juga » 50 Universitas Terbaik di Dunia 2024 Versi QS World

Pendaftaran beasiswa Hungaria ini dibuka untuk tahun akademik 2024 – 2025 melalui skema Stipendium Hungaricum Scholarship Programme yang dikelola oleh Tempus Public Foundation. Selain itu, beasiswa Pemerintah Hungaria ini juga telah bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI  sebagai Sending Partner untuk melakukan seleksi pelamar. Tahun 2024 - 2025, Indonesia memperoleh kuota 110 kursi beasiswa pemerintah Hungaria.

Nah, bagi Anda yang berminat bisa mengajukan permohonannya dari sekarang. Nantinya, bagi kandidat terpilih ada sejumlah dukungan beasiswa yang diterima, sesuai dengan jenjang studi yang dipilih.

Manfaat yang diperoleh di antaranya adalah penerima beasiswa Pemerintah Hungaria dibebaskan dari semua biaya kuliah, memperoleh tunjangan hidup bulanan hingga selesai studi sebesar HUF 43,700 (setara 110 Euro) untuk S1, S2, dan program non gelar. Sementara, untuk jenjang S3 tunjangan bulanan diberikan sebesar HUF 140,000 (setara 365 Euro) di fase pertama pendidikan (empat semester) dan HUF 180,000 (setara 470 Euro) di fase kedua (empat semester). Tunjangan hidup tersebut diberikan hingga selesai studi sesuai durasi program.

Selain itu diberikan pula tunjangan akomodasi asrama sebesar HUF 40,000 per bulan untuk selama durasi beasiswa. Kemudian asuransi kesehatan sebesar HUF 65,000 (setara 170 Euro) per tahun untuk setiap orang.

Persyaratan:
1. Bukan warganegara Hungaria
2. Mendaftar ke perguruan tinggi dan program studi yang ditawarkan
3. Memenuhi syarat kemampuan bahasa Inggris atau bahasa Hungaria yang ditetapkan masing-masing perguruan tinggi.

Simak juga » Pilihan Beasiswa Luar Negeri Terbaru (S1, S2, S3)

Dokumen  aplikasi:
1. Formulir aplikasi online (link di bawah)
2. Motivation letter (minimum 1 halaman, Times New Roman, font 12) lihat ⏩ Cara Menulis Motivation Letter
3. Bukti kemampuan bahasa Inggris/Hungaria atau bahasa sesuai program studi yang dipilih
4. Ijazah terakhir beserta terjemahannya dalam bahasa program studi yang dipilih atau bahasa Hungaria
5. Transkrip nilai terakhir beserta terjemahannya dalam bahasa program studi yang dipilih atau bahasa Hungaria
6. Salinan paspor atau KTP
7. Statement for Application (Tersedia di sistem aplikasi online. Pelamar hanya butuh mengklik)
8. Surat keterangan sehat yang menyatakan pelamar bebas dari penyakit AIDS, Hepatitis B, C atau kondisi epidemi lainnya (Unduh)

Dokumen aplikasi tambahan untuk S3:
1. Rencana penelitian (minimum 2 halaman ditulis dalam Times New Roman dengan ukuran font 12 dengan menggunakan bahasa sesuai dengan program studi yang dipilih
2. Dua (2) surat rekomendasi dari pembimbing akademik atau supervisor yang ditulis menggunakan bahasa sesuai program studi yang dipilih
3. Statement of the Supervisor (jika diminta oleh universitas yang diusulkan)
4. Bagi pelamar yang merupakan dosen tetap wajib menyertakan surat izin (Letter of Permission) dari universitas asal dan NIDN.

Dokumen aplikasi tambahan untuk jurusan Seni dan Musik:
1. Portfolio (foto-foto tiga karya seni / sketsa (menunjukkan tanggal pembuatan) untuk jurusan seni
2. Audio portfolio (trek audio dari tiga karya (menunjukkan tanggal pembuatan) untuk jurusan musik

Ctt: Ukuran tiap dokumen maksimal 4 MB. Penjelasan detil mengenai dokumen aplikasi, pilihan perguruan tinggi dan program, syarat kemampuan bahasa, statement for application, dll, tertera di di link di bawah.

Simak juga » Pendaftaran Beasiswa S1, S2, S3 2024 - 2025

Pendaftaran:
Pelamar yang ingin mendaftar Beasiswa Pemerintah Hungaria 2024 – 2025 dapat mengajukan diri secara online dengan melengkapi dokumen aplikasi yang diperlukan.

Lakukan pendaftaran secara online di laman Tempus Public Foundation. Seperti biasa, buat akun terlebih dahulu. Klik "Apply Here". Kemudian setelah terdaftar, siapkan dokumen aplikasi yang diminta. Scan terlebih dahulu, selanjutnya unggah ke akun yang sudah dimiliki. Harap diperhatikan, untuk dokumen aplikasi yang bahasa aslinya tidak menggunakan bahasa Inggris atau Hongaria, maka lampirkan juga terjemahan resmi ke bahasa tersebut.
 
Pendaftaran online beasiswa dibuka mulai 15 November 2023 hingga 15 Januari 2024 pukul 23:59 Waktu Eropa Tengah. Sebaiknya ajukan sebelum deadline berakhir.

Kemendikbudristek sebagai Sending Partner akan melakukan seleksi terhadap dokumen calon pelamar yang telah lolos tecnical check yang dilakukan oleh pihak Tempus Public Foundation setelah tanggal pendaftaran berakhir. Pelamar yang lolos seleksi beasiswa akan dihubungi oleh Tempus Public Foundation untuk langkah-langkah selanjutnya.

Pemberitahuan hasil akhir seleksi beasiswa akan disampaikan pada awal/akhir Juni 2024. Keberangkatan untuk perkuliahan pada September 2024. Semoga berhasil!

Kontak:
Tempus Publik Foundation
[e] stipendiumhungaricum@tpf.hu
[t] +36-1-236-5040
[w] https://www.stipendiumhungaricum.hu
[skype] stipendiumhungaricum
 
Sending Partner
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek)
Ms. Juniarti D. Lestari, Koordinator Program Bidang Kualifikasi;
Ms. Anis Apriliawati, Sub-koordinator Pendidikan Luar Negeri
[e] juniarti.duwi@kemdikbud.go.id / anis.apriliawati@kemdikbud.go.id
[w] www.dikti.kemdikbud.go.id
[t] Call Center 126

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter