Beasiswa IREX CSP di AS bagi Pegiat Komunitas 2021 – 2022

IREX kembali membuka penawaran beasiswa bagi kandidat internasional yang ingin mengembangkan profesionalisme mereka. Nama programnya Community Solutions Program (CSP) yang berlangsung selama setahun di Amerika Serikat (AS). Sasaran beasiswa IREX ini adalah para pegiat komunitas, khususnya mereka yang berkecimpung dalam mengatasi persoalan-persoalan lingkungan, toleransi dan resolusi konflik, transparansi dan akuntabilitas, serta perempuan dan gender.

IREX adalah organisasi nirlaba internasional yang mengambil peran dalam pendidikan dan pengembangan global untuk tujuan dunia yang lebih adil, makmur, dan inklusif. IREX saat ini sudah bermitra lebih dari 100 negara. Melalui beasiswa CSP, IREX membuka salah satu kesempatan tersebut kepada pelamar dari Indonesia. Untuk periode sebelumnya, IREX menerima 80 kandidat penerima CSP.
 
FOLLOW INSTAGRAM @beasiswapasca
 
Selama program berlangsung, kandidat terpilih akan berpartisipasi dalam sejumlah kegiatan yang digelar IREX, di antaranya meliputi:

Four-month Fellowship in the United States:  merupakan kegiatan solusi komunitas yang disesuaikan dengan organisasi tuan rumah di seluruh AS. Di mana mereka menyelesaikan pengalaman profesional secara langsung selama empat bulan.

Community Leadership Institute: merupakan kegiatan solusi komunitas di mana peserta berpartisipasi di Community Leadership Institute, program pelatihan kepemimpinan yang dirancang untuk memperkuat kepemimpinan serta keterampilan manajemen mereka. Kegiatan termasuk pelatihan tatap muka, kuliah online, pembinaan profesional dan jaringan.

Community-based initiatives: Sementara di AS dan dengan bantuan organisasi tuan rumah AS mereka, penerima Community Solutions mendesain dan merencanakan inisiatif atau proyek pengembangan masyarakat untuk dilaksanakan setelah mereka kembali ke negara asal. Setelah peserta meninggalkan AS, mereka melaksanakan proyek-proyek ini di komunitas asal mereka.

Beasiswa IREX yang ditawarkan melalui program CSP ini selain menanggung tiket pesawat PP ke AS dan negara asal, juga menyediakan tunjangan perumahan, makan, serta biaya hidup lainnya selama berada di AS. Selain itu disediakan dukungan visa J-1 dan asuransi kesehatan dan kecelakaan.

Simak juga » Beasiswa Pemerintah Rusia Jenjang S2 di Rusia

Persyaratan:
1. Berusia antara 25 hingga 38 tahun per 1 Januari 2021
2. Warganegara dari salah satu negara yang memenuhi syarat (salah satunya Indonesia)
3. Tinggal serta bekerja di negara asal
   - Individu dengan status pengungsi yang bekerja atas nama komunitas asal mereka dapat diberikan pertimbangan khusus.
4. Memiliki pengalaman kerja sekurangnya dua (2) tahun pada pengembangan komunitas, baik sebagai pekerja penuh waktu atau parohan, maupun sukarelawan
5. Tidak sedang berpartisipasi di program akademik, pelatihan, atau penelitian di AS
6. Mahir berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan
    - Semifinalis akan diminta untuk mengambil atau menyerahkan skor tes bahasa Inggris TOEFL atau IELTS
7. Dapat melakukan perjalanan ke AS selama empat bulan dari Agustus hingga Desember 2021
8. Bukan warganegara atau penduduk tetap Amerika Serikat dan belum mengajukan permohonan untuk tempat tinggal permanen AS dalam tiga tahun terakhir
9. Memenuhi syarat memeperoleh visa J-1 AS
   - Pelamar yang telah berpartisipasi dalam program pertukaran yang disponsori oleh Pemerintah A.S. harus memenuhi persyaratan tinggal di tempat asal selama dua tahun.
10. Berkomitmen untuk kembali ke negara asal sekurangnya duah tahun setelah menyelesaikan program
11. Bukan karyawan atau konsultan IREX, atau anggota keluarga dekat.

Simak juga » Beasiswa S2 Terbaru Dalam dan Luar Negeri yang Buka

Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa IREX 2021 – 2022 untuk CSP dibuka hingga 28 Oktober 2020. Permohonan dilakukan secara online di laman www.irex.org Silakan buat akun terlebih dahulu untuk bisa mengajukan aplikasi.

Pengajuan hanya bisa dilakukan secara online. Pendaftaran melalui email atau fax tidak diterima. Kandidat yang lolos seleksi berkas online akan mengikuti tahapan wawancara pada November hingga Desember 2020.

Pemberitahuan lolos tidaknya kandidat masuk finalis akan disampaikan pada 12 Februari 2021.

Kontak:
E: cspapply@irex.org
W: www.irex.org

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter