Beasiswa S2 Pemerintah Prancis di Universitas Prancis 2020 – 2021

Ini salah satu program beasiswa S2 Pemerintah Prancis yang bisa dilamar mahasiswa Indonesia tahun akademik 2020 – 2021. Hampir serupa dengan beasiswa Eiffel, hanya saja program beasiswa S2 Prancis ini menyasar beberapa negara saja. Yakni Australia, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, New-Zealand, Singapura dan Korea Selatan. Programnya dinamai Call for Proposals for Financing of Master’s Excellence Grants. Hibah ini diluncurkan Presiden Prancis Emmanuel Macron sebagai bagian dari inisiatif Make Our Planet Great Again.

Dalam kerangka inisiatif tersebut, Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis (MAEAE), Pendidikan Tinggi, Riset, dan Inovasi (MESRI) berkolaborasi bersama Campus France untuk mengimplementasikan program tersebut. Nah, bagi pelamar dari Indonesia bisa mendaftar beasiswa S2 Pemerintah Prancis ini jika ingin melanjutkan studi S2 di universitas-universitas Prancis. Selain bisa dilamar oleh mahasiswa yang baru akan memulai studi master di Prancis, beasiswa juga bisa didaftar bagi mereka yang sudah kuliah di Prancis dan berada di tahun kedua kuliah S2.

Pelamar bisa mengajukan beasiswa S2 untuk durasi satu atau dua tahun dengan menyertakan surat penerimaan program master dari universitas saat mengirimkan aplikasi beasiswa.

Apa saya yang dicakup beasiswa? Peraih beasiswa nantinya akan memperoleh tunjangan bulanan €1.190 atau ±Rp 19,7 juta per bulan. Selain tunjangan bulanan tersebut, juga diberikan tiket pesawat PP ke Prancis, serta asuransi kesehatan. Yang tidak tercakup seperti biaya visa. Peraih harus menanggungnya sendiri.

Simak juga » Jadwal Pendaftaran Beasiswa S1, S2, S3 2020 - 2021

Tema Penelitian Prioritas:
- Sistem Bumi
- Perubahan Iklim dan Keberlanjutan
- Transisi Energi
- Tantangan Sosial dari Masalah Lingkungan

Persyaratan:
1. Memiliki gelar sarjana (S1)
2. Secara eksklusif berasal dari kewarganegaraan salah satu negara yang memenuhi syarat (Indonesia)
3. Tinggal di salah satu negara yang memenuhi syarat (Indonesia)
4. Tidak tinggal di Perancis sesudah 1 April 2019
5. Harus mendaftar ke program master sebelum Oktober 2020

Simak juga » Beasiswa Pemerintah Irlandia Program S1, S2, S3

Dokumen aplikasi:
1. Curricum Vitae (CV)
2. Ijazah terakhir (S1)
3. Statement of purpose
4. Surat penerimaan di sebuah program master Prancis tertandatangan
5. Transkrip nilai (S1)
6. Surat rekomendasi (opsional)
7. Paspor atau KTP

Simak juga » Ini Peluang Beasiswa S2 Terbaru 2020 - 2021

Pendaftaran:
Sebelum mendaftar ke program beasiswa, pastikan Anda sudah mendaftar terlebih dahulu ke salah satu universitas Prancis dan memperoleh Letter of Admission (LoA). Setelah terdaftar, silakukan ajukan beasiswa S2 Pemerintah Prancis ini dengan mengirimkan Rencana Studi beserta dokumen aplikasi di atas ke laman CampusFrance.org. Pendaftaran online dibuka mulai 6 Maret s/d 5 April 2020 pukul 11:59 malam Waktu Eropa Tengah.

Hasil seleksi beasiswa akan disampaikan 15 Juni 2020. Antara September hingga Oktober 2020, mahasiswa terpilih sudah harus melapor ke lembaga perguruan tinggi yang berpartisipasi.

Kontak:
[e] mopga@campusfrance.org
[w] www.campusfrance.org
Facebook Twitter