Beasiswa Riset Pemerintah Turki untuk Peneliti dan Dosen

Selain beasiswa reguler yang ditawarkan untuk program S1, S2, dan S3, Pemerintah Turki juga menyediakan beasiswa riset khusus bagi para peneliti internasional maupun akademisi atau dosen. Beasiswa Turki satu ini mendorong para peneliti di berbagai negara untuk melakukan penelitian kolaboratif bersama para akademisi dari universitas-universitas terkemuka yang ada di Turki. Peserta yang ingin mendaftar program beasiswa ini bisa mendaftar melalui skema Research Scholarship Program yang dibuka empat kali putaran dalam setahun.

Beasiswa riset yang ditawarkan Pemerintah Turki ini berlangsung selama 3 s/d 10 bulan. Kandidat yang bisa mendaftar adalah mereka yang memegang gelar doktor (PhD) maupun kandidat doktor yang saat ini memasuki tahap penyusunan disertasi. Tidak seperti beasiswa reguler yang ditawarkan full funded, beasiswa penelitian hanya menyediakan biaya hidup bulanan saja. Yakni sebesar 3.000 TL per bulan (± Rp 5,7 juta). Biaya lain seperti akomodasi, tiket perjalanan, masih harus dibiayai sendiri atau didanai dari sumber/donatur lain.

Nah, bagi yang ingin mencoba beasiswa Pemerintah Turki ini, Anda bisa mendaftar untuk beasiswa riset Turki periode empat (4) tahun ini yang dibuka mulai 1 Oktober s/d 31 Desember 2020. Pendaftaran dilakukan secara online di laman resmi beasiswa Pemerintah Turki.
 
Simak juga » Pendaftaran Beasiswa 2021 - 2022 Program S1, S2, S3

Persyaratan:

1. Berusia di bawah 45 tahun pada tanggal pendaftaran (lebih disukai)
2. Bagi mahasiswa PhD, saat ini terdaftar pada program doktoral di sebuah universitas (di luar Turki) dan sedang tahapan disertasi
3. Memiliki ijazah doktor bagi pemegang gelar PhD
4. Memiliki sertifikat keterampilan bahasa yang diperlukan untuk penelitian
5. Jika data pribadi akan dikumpulkan dengan metode seperti eksperimen, survei, fokus diskusi kelompok, praktik, harus memiliki “Sertifikat Persetujuan Komite Etika” dari Komite Etik universitas
6. Jika kajian akan dilakukan pada monumen bersejarah dan situs arkeologi dengan informasi non publik, dokumen dari instansi dan organisasi, harus memiliki “Izin Hukum” yang diambil dari instansi pemerintah terkait.

 
Pendaftaran:
Pertama, Anda terlebih dahulu harus menghubungi universitas yang diminati di Turki untuk mendapatkan Official Acceptance / Invitation Letter dari mereka agar dapat melakukan penelitian. Setelah mendapat persetujuan, selanjutnya mendaftar ke program beasiswa riset Turki secara online di laman turkiyeburslari.gov.tr

Buat akun terlebih dahulu, kemudian konfirmasi via email. Setelah akun aktif, lengkapi formulir online yang tersedia di akun yang dimiliki. Silakan pilih Research Scholarship untuk mendaftar ke program beasiswa riset Pemerintah Turki.

Pendaftaran online dibuka mulai 1 Oktober s/d 30 Desember 2020 untuk beasiswa riset periode empat (4) tahun 2020. Hasil seleksi akan diumumkan pada Januari 2021. Jika ada pertanyaan teknis Anda bisa menghubungi panitianya di alamat kontak.

Kontak:

Türkiye Scholarships
Oğuzlar Mah. Mevlana Bulvarı No: 145 P.K: 06520 Balgat, ANKARA/TÜRKİYE
[t] 0 850 455 0 982
[e] info@turkiyeburslari.gov.tr
[w] https://turkiyeburslari.gov.tr

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter