Pendaftaran Beasiswa Pemerintah Turki 2024 - 2025 (S1, S2, S3)

Kesempatan bagus ini kembali ditawarkan bagi mahasiswa internasional yang ingin studi ke Turki. Türkiye Scholarships 2025 Applications. Beasiswa tersebut disediakan Pemerintah Turki untuk studi S1, S2 maupun S3 di universitas-universitas Turki. Beasiswa ini didanai penuh dan memberikan kebebasan bagi pelamarnya untuk memilih program yang diminati.

Beasiswa yang diberikan mencakup tunjangan bulanan 3.500 TL per bulan untuk beasiswa S1, 5.000 TL untuk S2, dan 6.500 TL untuk S3. Selain itu biaya kuliah semuanya ditanggung, diberikan akomodasi, serta tiket pesawat pp ke Turki. Manfaat lainnya, penerima beasiswa Turki mendapat tanggungan asuransi kesehatan serta kursus bahasa Turki selama setahun sebelum menjalani kuliah.

Bagi pelamar internasional, kemudahan juga diberikan saat mengajukan pendaftaran beasiswa. Jika kebanyakan, aplikasi beasiswa dan aplikasi ke universitas terpisah. Pemerintah Turki menyiapkan aplikasi tunggal. Jadi Anda cukup mendaftar secara online dan mengajukan dokumen aplikasi yang dibutuhkan. Saat mendaftar beasiswa secara online, Anda juga sudah bisa mendaftar langsung ke universitas yang diminati menggunakan formulir aplikasi yang sama. Ketika nantinya diterima di program beasiswa, secara otomatis akan diterima juga ke universitasnya.

Persyaratan:
1. Merupakan warganegara selain Turki (mereka yang berkewarganegaraan Turki sebelumnya tidak dapat mendaftar)
2. Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar
3. Lulus (SLTA, sarjana, atau master) sebelum Agustus 2024
4. Berusia di bawah 21 tahun untuk program sarjana
4. Berusia di bawah 30 tahun untuk program master
5. Berusia di bawah 35 tahun untuk program doktor
6. Minimum prestasi akademik untuk pelamar sarjana: 70%, pelamar master dan doktor: 75%, dan pelamar kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi: 90%

Simak juga » Daftar Beasiswa S2, S3 Terbaru di Luar Negeri

Dokumen aplikasi:
1. KTP atau Paspor
2. Pasfoto terbaru
3. Nilai ujian nasional (diperlukan untuk kandidat yang tidak memiliki kualifikasi atau sertifikasi internasional)
4. Ijazah atau surat keterangan lulus sementara
5. Transkrip akademik
6. Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, SAT, dll. Jika diminta oleh universitas & program yang dipilih)
7. Nilai tes bahasa asing seperti TOEFL, DELF (jika diminta oleh universitas dan program yang dipilih)
8. Proposal penelitian dan contoh karya tertulis Anda (hanya untuk pelamar PhD)
 
Pendaftaran:
Sebelum mengajukan aplikasi Beasiswa Pemerintah Turki 2024, pelamar diminta terlebih dahulu mendaftar secara online di laman Türkiye Scholarships mulai 10 Januari s/d 20 Februari 2024.

Buat akun terlebih dahulu di bagian “Register”. Isi formulir aplikasi online dan ajukan dokumen yang diminta. Dokumen yang diminta tersebut haruslah dokumen asli yang telah discan. Perlu diperhatikan, sebaiknya sebelum mendaftar Anda terlebih dahulu menemukan jurusan dan perguruan tinggi yang tepat untuk studi. Silakan dilihat di kolom yang tersedia. Nantinya, jika pelamar terpilih beasiswa, maka secara otomatis akan diterima dan ditempatkan ke universitas sesuai pilihan. Pelamar bisa memilih maksimum 12 universitas dan departemen yang ada di Turki.

Kebanyakan program studi yang ditawarkan menggunakan bahasa Turki. Tapi, jangan khawatir ada juga program yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, Arab, atau Perancis. Pelamar hanya perlu memastikan mereka memiliki sertifikat kemampuan bahasa yang diakui internasional untuk memilih program tersebut, seperti TOEFL dan IELTS. Nantinya pelamar juga akan dimintai nilai tes seperti GRE, GMAT, atau SAT jika terpilih mengikuti wawancara.

Pendaftaran online beasiswa pemerintah Turki 2024 - 2025 dibuka mulai 10 Januari - 20 Februari 2024. Silakan ajukan aplikasi sebelum lewat tanggal. Bagi kandidat yang lolos seleksi administratif, akan mengikuti tahap wawancara yang akan diberitahukan melalui email yang didaftarkan. Wawancara tersebut dapat dilakukan melalui telepon atau internet mulai Juni - Juli 2024. Pengumuman hasil seleksi nantinya akan disampaikan pada Agustus 2024. Masalah teknis pendaftaran lainnya bisa dilihat di laman Türkiye Bursları (turkiyeburslari.gov.tr) atau menghubungi Call Center : 0850 455 0 982 dan email: info@turkiyeburslari.gov.tr

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter