Beasiswa Program Lintas Budaya CCP di Jerman Full dari IFA

Ada kesempatan menarik bagi Anda para profesional muda dan sukarelawan yang berkomitmen untuk memperluas bidang keahlian profesional, IFA (Institut für Auslandsbeziehungen), sebuah organisasi pertukaran seni dan budaya di Jerman, kembali menawarkan beasiswa program lintas budaya di Jerman tahun ini melalui CrossCulture Programme (CCP) Fellowships. Program lintas budaya tersebut ditujukan bagi 42 negara, termasuk Indonesia.

Setiap tahun sekitar 100 orang profesional maupun sukarelawan akan dipilih untuk mengikuti program lintas budaya dari IFA. Penerima beasiswa CCP tersebut akan menjalani pelatihan praktis dua hingga tiga bulan di organisasi tuan rumah Jerman atau negara mitra CCP. Serta memperoleh keterampilan antar budaya dari berbagai negara. Sehingga setelah program berakhir, peserta dapat membawa pengalaman mereka dalam kehidupan kerja sehari-hari ketika kembali ke organisasi asal.

Beasiswa CCP IFA terutama diberikan kepada orang-orang yang bekerja di bidang kebijakan dan masyarakat, media dan budaya, hak asasi manusia dan perdamaian, serta pembangunan berkelanjutan. Selain itu, pendidikan sipil dan kewarganegaraan serta masyarakat sipil digital akan menjadi fokus bagi mereka yang tertarik untuk melamar organisasi tuan rumah yang kompatibel.

Simak juga » 10 Universitas Terbaik di Dunia Versi QS World

Beasiswa program lintas budaya CCP Fellowships di antaranya mencakup uang saku bulanan 550 Euro, tiket pesawat pp, akomodasi, tiket bulanan untuk transportasi umum di tempat tinggal, pengembalian biaya visa, serta asuransi kesehatan.

Persyaratan:
1. Pelamar berusia antara 23 hingga 45 tahun pada saat mendaftar
2. Terampil berbahasa Inggris lisan maupun tulisan
3. Memiliki sekurangnya dua tahun pengalaman profesional atau bekerja sukarela di organisasi masyarakat sipil di negara asal
4. Pelamar dalam keadaan sehat untuk tinggal lebih lama di luar negeri

Diinginkan:
1. Pemohon telah dan terlibat secara sosial dalam jangka panjang
2. Pelamar dapat membuktikan pengalaman penuh waktu di bidang pekerjaannya
3. Kolaborasi dengan organisasi di negara target sedang berlangsung atau direncanakan
4. Pelamar memiliki keterampilan bahasa lain, khususnya bahasa Jerman

Simak juga » Jadwal Pendaftaran Beasiswa Terbaru Program S1, S2, S3

Dokumen aplikasi:
1. Curriculum vitae dalam bahasa Inggris dengan rincian tentang pendidikan/pelatihan, pengalaman kerja, relawan dan keterampilan lainnya.
2. Surat motivasi (Unduh)
3. Surat rekomendasi dari organisasi asal / tempat kerja pelamar, misalnya dari supervisor (Unduh)
4. Pasfoto (opsional)

Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa program lintas budaya CCP IFA 2021 dilakukan secara online. Buka terlebih dahulu laman aplikasi Portal IFA. Kemudian pilih “CCP Fellowships 2021 for applicants from Indonesia”. Selanjutnya klik “Apply Now”. Lalu lengkapi formulir pendaftaran onlinenya serta unggah juga dokumen aplikasi yang diminta di atas. Dokumen aplikasi dibuat dalam format PDF, word, GIF, atau JPEG dengan masing-masing ukuran file 5 MB.

Setelah dokumen dikirim melalui Portal IFA, semua pelamar akan menerima tanda terima melalui email. Batas akhir pendaftaran online ada 15 Desember 2020. Pemilihan kandidat yang sesuai akan dikonsultasikan oleh IFA dengan Misi Luar Negeri Jerman di Jakarta (Kedubes Jerman). Selanjutnya kandidat yang terpilih akan diundang untuk wawancara pribadi di Misi Luar Negeri Jerman atau melalui Skype pada Februari 2021. Hasil seleksi akhir akan dikomunikasikan pada Maret 2021.

Simak juga » Program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri

Kontak:
Anne Marie Kruse
Charlottenplatz 17
D-70173 Stuttgart
Telephone: +49.711.2225.156
Email: crossculture(at)ifa.de

Tim Hülquist
Charlottenplatz 17
D-70173 Stuttgart
Telephone: +49.711.2225.299
Email: crossculture(at)ifa.de

Dr. Radu Carciumaru
Charlottenplatz 17
D-70173 Stuttgart
Telephone: +49.711.2225.143
Email: crossculture(at)ifa.de

[w] https://www.ifa.de/

Facebook Twitter