Beasiswa Kunjungan ke AS untuk Akademisi di Indonesia

Program beasiswa ini salah satu yang ditawarkan American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) pagi para akademisi di Indonesia. Nama skemanya Fulbright Visiting Scholar Program. Beasiswa ini menyasar akademisi tanah air dan para profesional yang bergelar doktor atau setara untuk mengembangkan atau memperbarui penelitian mereka melalui interaksi dengan rekan-rekan terkemuka di universitas terakreditasi, atau lembaga penelitian non-profit publik atau swasta di Amerika Serikat.

Beasiswa kunjungan ke AS bagi para akademisi ini berlangsung minimum tiga bulan dan maksimum selama enam bulan. Bagi Anda yang berprofesi sebagai dosen maupun peneliti, program beasiswa Fulbright satu ini sayang untuk dilewatkan.

Beasiswa kunjungan riset ke AS ini merupakan beasiswa penuh yang mencakup tunjangan bulanan, tiket pesawat pp, tunjangan profesional dan menetap, dan biaya penelitian di laboratorium universitas jika diperlukan.

Karena pandemi COVID-19 saat ini, pelamar beasiswa Fulbright Visiting Scholar yang berhasil harus fleksibel mengenai jadwal perjalanan dan harus bersiap untuk berhubungan dekat dengan institusi tuan rumah potensial di AS untuk memastikan bahwa mereka terbuka untuk menerima pengunjung internasional sebagai rekan kerja.

Simak juga » Beasiswa S2, S3 Gates Cambridge Full di University of Cambridge

Persyaratan:
Umum:
1. Merupakan warga negara Indonesia dan penduduk Indonesia selama proses pencalonan dan seleksi
2. Memiliki kualitas kepemimpinan dan menunjukkan pengalaman dalam pelayanan masyarakat
3. Memiliki persiapan dan komitmen yang ditunjukkan pada bidang studi pilihan
4. Mahir berbahasa Inggris
5. Memiliki catatan akademik yang luar biasa
6. Memperlihatkan bahwa mereka dapat secara realistis melakukan penelitian di AS

Khusus:
1. Memegang gelar doktor (PhD) atau gelar setara
2. Menunjukkan kemahiran berbahasa Inggris yang memadai untuk melakukan penelitian di AS (tidak perlu menyerahkan skor TOEFL)
3. Telah menghubungi atau mengidentifikasi calon mitra atau lembaga penelitian di AS (tidak perlu memegang surat undangan pada saat melamar)
4. Memiliki rencana untuk menyelesaikan dan mempublikasikan penelitian setelah menyelesaikan program

Simak juga » Info Beasiswa S2 Terbaru Dalam dan Luar Negeri

Preferensi akan diberikan kepada pelamar yang memenuhi syarat yang belum memiliki pengalaman baru dan substansial di Amerika Serikat. Tidak berlaku bagi pelamar yang sedang mengajar, belajar, atau melakukan penelitian di AS atau yang telah menerima hibah Fulbright dalam lima tahun terakhir. Serta tidak memenuhi syarat bagi pelamar yang telah menerima visa J-1 kategori Profesor/Sarjana Riset
dalam dua tahun terakhir.

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi online (link di bawah)
2. Project statement (tiga hingga lima halaman)
3. Daftar Pustaka (maksimal tiga halaman)
4. Curriculum vitae (maksimal enam halaman)
5. Surat Undangan (jika ada)
6. Tiga surat rekomendasi
7. Fotokopi Transkrip Akademik dan Ijazah (dalam bahasa asli dan terjemahan bahasa Inggris)
8. Fotokopi dokumen identitas diri yang masih berlaku (KTP atau paspor)

Simak juga » Daftar Beasiswa S3 Terbaru Dalam dan Luar Negeri

Pendaftaran:
Pengajuan beasiswa kunjungan ke AS ini dilakukan secara online. Silakan lengkapi formulir aplikasi online di laman AMINEF kemudian unggah juga dokumen aplikasi seperti tertera di atas di laman aplikasi tersebut. Bisa dibuat dalam format PDF. Batas akhir pengajuan aplikasi adalah 1 November 2022. Silakan buat akun terlebih dahulu di laman tersebut.

Kontak:

[e] infofulbright_ind@aminef.or.id
[w] https://www.aminef.or.id

Facebook Twitter