Beasiswa S2 France Excellence Kartini Sains Khusus Perempuan

Beasiswa Kartini Sains merupakan salah satu program beasiswa Pemerintah Prancis yang ditawarkan bagi pelamar Indonesia, khususnya kaum perempuan. Beasiswa ini memberi kesempatan para wanita di tanah air yang ingin melanjutkan pendiidikan master (baik M1 maupun M2) di universitas-universitas Prancis. Nama programnya adalah France Excellence Katini Sains. Sedikit berbeda dengan beasiswa France Excellence S2 yang tidak membatasi gender pelamar.

Sebelum mendaftar ke program beasiswa S2 Kartini Sains, Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke salah satu universitas Prancis di bawah naungan  Kementerian Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Inovasi (MESRI) Prancis.

Beasiswa Kartini Sains akan mendanai pendidikan mahasiswa perempuan tingkat master di bidang sains murni dan bertujuan untuk memperkuat posisi wanita dalam ranah penelitian ilmiah. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah peneliti perempuan di Indonesia.

Cakupan beasiswa yang ditanggung meliputi biaya pembuatan visa pelajar ke Prancis, tiket PP kelas ekonomi, biaya asuransi kesehatan dasar pemerintah, biaya CVEC, biaya hidup 860 €/ bulan (± Rp 14,7 juta per bulan), serta akses prioritas ke asrama universitas.

Simak juga » Daftar Beasiswa S2 Terbaru Dalam dan Luar Negeri

Persyaratan:
1. Berjenis kelamin perempuan
2. Berkebangsaan Indonesia
3. Berusia maksimum 30 tahun
4. Berijazah S1
5. Memiliki profil yang baik (IPK) dan motivasi yang kuat untuk melanjutkan studi ke Prancis
6. sudah diterima, pada tahun ajaran 2024/2025, di institusi pendidikan tinggi negeri atau swasta Prancis yang berada dalam naungan Kementerian Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Inovasi (MESRI) untuk program perkuliahan dalam bidang sains murni.
7. tidak sedang/akan menerima beasiswa apapun dari pihak lain

Dokumen aplikasi:
1. Identitas diri: KTP/Paspor
2. CV (dalam bahasa Inggris atau Prancis, sesuai dengan bahasa yang digunakan pada program studi yang dipilih)
3. Surat motivasi (dalam bahasa Inggris atau Prancis, sesuai dengan bahasa yang digunakan pada program studi yang dipilih)
4. Surat penerimaan di institusi pendidikan tinggi Prancis
5. Sertifikat DELF/DALF/TCF (jika memiliki)
6. Sertifikat IELTS/TOEFL iBT (jika memiliki)
7. Ijazah S1 (jika belum memiliki dokumen tersebut, dapat diganti dengan surat keterangan lulus)
8. Transkrip nilai S1
9. Transkrip nilai terakhir (bagi yang sudah menyelesaikan M1)

Simak juga » Beasiswa Australia 2024 – 2025 Program S2, S3

Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa S2 France Excellence Kartini Sains dilakukan secara online. Siapkan dokumen aplikasi yang diminta di atas. Unggah dokumen-dokumen tersebut dalam satu folder di Google Drive, satu dokumen satu berkas PDF. Mohon pastikan akses dokumen tidak dibatasi. Selanjutnya cantumkan tautan Google Drive tersebut ke formulir online pendaftaran IFI dan lengkapi formulirnya.

Pendaftaran online beasiswa Kartini Sains ini dibuka mulai 1 April hingga 30 April 2024 pukul 23:59 WIB. Pelamar dapat menyusulkan surat penerimaan dari perguruan tinggi Prancis hingga 12 Mei 2024.

Jadwal Seleksi:
Pendaftaran:  1 April – 30 April 2024
Wawancara: mulai 15 Mei 2024
Pengumuman hasil: 31 Mei 2024

Kontak:
INSTITUT FRANÇAIS D’INDONÉSIE – IFI
Jalan M.H. Thamrin No. 20 Jakarta Pusat 10350
[t] +6221 23 55 79 00
[e] info@ifi-id.com
[w] https://www.ifi-id.com

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter