Program Beasiswa Penelitian untuk Dosen di USA

Upaya mewujudkan Research University bagi perguruan tinggi di Indonesia terus digencarkan pemerintah. Kualitas dosen di perguruan tinggi jadi prioritas. Nah, baru-baru ini melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan lembaga AMINEF Jakarta, bagi dosen yang berminat melakukan penelitian di USA, Program Fullbright – Dikti Senior Research Program Tahun 2012 mulai ditawarkan.

Senior Reseach Program merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi dosen tetap PTN/PTS yang sudah bergelar doktor atau guru besar di bidang sains dan teknologi. Program ini bertujuan memberikan kesempatan kepada dosen untuk melakukan penyegaran keilmuan, penulisan buku, penulisan artikel dalam jurnal internasional, serta melakukan kerjasama penelitian dengan mitra di 11 perguruan tinggi di Amerika Serikat. Jangka waktu kegiatan ini adalah empat (4) bulan. Dimulai September s/d Desember 2012.

Anda berminat? Kalau memenuhi kriteria di atas. Syarat berikutnya yang harus dipenuhi, di antaranya:

a.    Jabatan akademik minimal Lektor
b.    Surat izin dari pimpinan perguruan tinggi
c.    Surat rekomendasi dari atasan langsung
d.    Tidak sedang menjabat dalam jabatan struktural di perguruan tinggi
e.    Mengisi formulir aplikasi yang sudah diisi lengkap. Formulir ini dapat diunduh di website AMINEF (http://www.aminef.or.id)
f.    Deskripsi tentang tujuan kegiatan, akitivitas yang akan dilakukan dan/atau proposal penelitian (research proposal), ditulis dalam bahasa Inggris
g.    Melampirkan biodata lengkap
h.    Copy kartu identitas (KTP dan paspor)
i.    Memiliki kemampuan bahasa Inggris minimal setara dengan TOEFL 550 atau IELTS 6.0 bagi mereka yang bukan lulusan perguruan tinggi.

Seluruh dokumen persyaratan paling lambat diserahkan 30 Juni 2012 pukul 16.00, dikirimkan dengan menuliskan yang dipilih pada sudut kiri atas amplop, ditujukan kepada:

Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Direktorat Jenderal  Pendidikan Tinggi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gd. D Lantai 5
Jl. Raya Jenderal Sudirman Pintu 1 Senayan
Jakarta, 10270

Pengumuman dan formulir pendaftaran juga bisa diunduh di sini
Resource: http://dikti.kemdiknas.go.id

Temukan Beasiswa sesuai Minat!
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini