Beasiswa Pemerintah Swiss 2018 – 2019

Pemerintah Swiss kembali membuka Swiss Government Excellence Scholarships. Beasiswa internasional yang ditujukan bagi mahasiswa asing di luar Swiss. Khusus Indonesia, Beasiswa Pemerintah Swiss 2018– 2019 dapat diikuti untuk studi S3, postdoktoral, dan riset.

Kandidat yang terpilih akan memperoleh beasiswa S3 maksimum tiga tahun, beasiswa postdoktoral 12 bulan, dan beasiswa riset 12 bulan. Komponen beasiswa, di antaranya tunjangan bulanan 1.920 Swiss Franch, bebas biaya kuliah, asuransi kesehatan, lump sum untuk penerbangan di akhir beasiswa, tunjangan khusus perumahan 300 Swiss Franch di awal beasiswa, kartu transportasi umum untuk tarif satu setengah tahun, bimbingan dan kegiatan perjalanan, makan malam dan sejumlah tur wisata.

Pemerintah Swiss melalui Federal Comission for Scholarships for Foreign Students (FCS) memberi kebebasan bagi kandidat untuk memilih studi di 10 universitas Swiss, 2 institut teknologi, pusat penelitian, maupun universitas-universitas ilmu terapan yang ada di negara tersebut.

Universitas umum:
University of Basel, University of Bern, University of Fribourg, University of Geneva, University of Lausanne, University of Lucerne, University of Neuchâtel, University of St.Gallen, University of Zurich, dan University of Lugano.

Institut teknologi:
Swiss Federal Institute of Technology Lausanne (EPFL)
Swiss Federal Institute of Technology Zurich (ETHZ)

Lembaga penelitian:
Graduate Institute of International and Development Studies (IHEID)

Universitas ilmu terapan (hanya untuk pelamar postdoktoral dan riset):
University of Applied Sciences Western Switzerland, Bern University of Applied Sciences, University of Applied Sciences Northwest Switzerland, University of applied Sciences Eastern Switzerland, Lucerne University of Applied Sciences and Arts, University of Applied Sciences and Arts of Southern Switzerland, The Zürcher Fachhochschule. 

Kriteria dan Persyaratan (S3):
1. Bergelar master atau setara yang diakui universitas Swiss.
2. Pelamar lahir setelah 31 Desember 1982
3. Pelamar yang telah berada di Swiss lebih dari satu tahun ketika dimulainya beasiswa di September tidak memenuhi syarat
4.Pelamar harus menyertakan surat dari profesor akademik tuan rumah (termasuk CV singkatnya) pada universitas Swiss yang dipilih yang mengkonfirmasi mengapa dia mau mensupervisi dan mendukung tesis PhD (pelamar). Tanpa dukungan tersebut, aplikasi akan ditolak.
5. Pelamar harus memiliki proposal penelitian beserta jangka waktu (ini adalah bagian utama dari aplikasi).
6. Pelamar memiliki keterampilan bahasa yang diperlukan untuk studi PhD
7. Pelamar yang telah menerima beasiswa Pemerintah Swiss sebelumnya tidak berhak lagi mengajukan permohonan beasiswa kedua.
8.  Penerima beasiswa diharapkan berada di Swiss selama periode beasiswa berlangsung

Simak juga » Beasiswa Unggulan Bantuan Riset, Workshop, dan Pelatihan

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi FCS 2017/2018 (diketik dan dicetak)
2. Salinan ijazah beserta nilai (S1 dan S2) yang telah dilegalisir (Harus diterjemahkan jika aslinya tidak dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, atau Italia)
3. Dua (2) surat rekomendansi dari profesor di bidang pemohon. (Menggunakan formulir FCS)
4. Proposal penelitian lengkap (maksimal 5 halaman). (Menggunakan formulir FCS)
5. Letter of motivation (maksimal 2 halaman)
6. Curriculum vitae beserta daftar publikasi akademik
7. Salinan konfirmasi surat atau email dari seorang profesor dari perguruan tinggi di Swiss yang menyatakan kesediaannya untuk memberikan supervisi. Termasuk CV singkat dari supervisor akademik tersebut.
8. Dalam kasus di mana PhD dijalankan dalam sebuah sekolah doktor terstruktur, pelamar harus memberikan admission letter atau bukti bahwa Anda sedang dipertimbangkan untuk masuk universitas.
9. Surat keterangan sehat (menggunakan formulir FCS)
10. Dua copy paspor

* Penjelasan lebih lanjut mengenai persyaratan dan dokumen aplikasi, termasuk persyaratan untuk beasiswa postdoktoral dan riset bisa mengunduhnya di laman Pemerintah Swiss.

Pendaftaran:
Formulir aplikasi lengkap beasiswa Pemerintah Swiss 2018/2019 bisa diminta ke Kedubes Swiss melalui email: jak.vertretung@eda.admin.ch

Aplikasi dibuat rangkap 3 (tiga). 1 asli dan 2 fotocopy. Kemudian diajukan ke:

Swiss Embassy in Jakarta
Jl.H.R. Rasuna Said Kav X3/2
12950 Jakarta

Harap dipahami bahwa pendaftaran beasiswa terpisah dari pendaftaran ke universitas. Pelamar perlu mengajukan aplikasi tersendiri untuk mendaftar ke universitas.

Informasi tambahan bisa menghubungi telp. +62215256061. Web www.eda.admin.ch/jakarta. Pendaftaran dibuka mulai 3 Agustus 2017 s/d 11 Desember 2017. Kandidat yang lulus berkas akan mengikuti seleksi wawancara yang digelar Kedutaan Besar Swiss. Beasiswa akan dimulai 1 September 2017.
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..