Beasiswa Rotary S2 dan Sertifikat Profesional

Jika baru-baru ini ditawarkan beasiswa dual degree bidang perdamaian di Costa Rica dan Filipina, tidak salah juga Anda mempertimbangkan beasiswa satu ini. Rotary Peace Fellowships. Tiap tahun beasiswa Rotary menyediakan sekitar 100 kursi beasiswa untuk kandidat seluruh dunia. Sekitar 50 beasiswa ditujukan bagi pelamar yang mengambil beasiswa S2 Rotary, dan 50 kuota beasiswa lainnya merupakan program sertifikat pengembangan profesional.

Apa yang ditawarkan Beasiswa Rotary cukup menarik. Kandidat terpilih akan mendapatkan beasiswa penuh yang meliputi biaya pendidikan keseluruhan, tempat tinggal dan makan, biaya perjalanan PP, serta semua biaya yang terkait bidang studi dan magang.

Bagi pelamar yang ingin mengikuti beasiswa S2, Anda bisa mengambil program master pada bidang-bidang studi yang berhubungan dengan perdamaian serta pencegahan dan resolusi konflik. Beasiswa S2 tersebut berlangsung 15 hingga 24 bulan, selanjutnya mengikuti praktek magang dua sampai tiga bulan selama liburan akademik.

Pilihan universitas tujuan studi Beasiswa Rotary program S2, di antaranya:
▪ Duke University dan University of North Carolina at Chapel Hill, USA
▪ International Christian University, Jepang
▪ University of Bradford, Inggris
▪ University of Queensland, Australia 
▪ Uppsala University, Swedia

Sementara, bagi pelamar kalangan profesional yang bekerja pada bidang-bidang yang berhubungan dengan perdamaian bisa meningkatkan profesionalisme dengan mengikuti program sertifikat pengembangan profesional di bidang perdamaian, pencegahan dan resolusi konflik yang berlangsung selama tiga bulan di Chulalongkorn University, Thailand. Program tersebut sudah mencakup dua sampai tiga minggu studi lapangan.

Kebanyakan pelamar adalah mereka yang bekerja di pemerintahan, militer, lembaga swadaya masyarakat, penegak hukum, serta organisasi-organisasi internasional, seperti PBB dan Bank Dunia.

Persyaratan:
Program gelar master:
1. Memiliki minimum tiga tahun pengalaman kerja relevan penuh waktu, digaji maupun tidak
2. Mampu berbahasa Inggris (dibuktikan dengan skor TOEFL atau IELTS)
3. Bergelar sarjana atau setara
4. Memiliki kecakapan kepemimpinan yang sangat baik
5. Komitmen yang kuat terhadap pemahaman internasional dan perdamaian yang ditunjukkan melalui capaian akademik dan profesional serta kegiatan pelayanan masyarakat maupun pribadi

Program sertifikat pengembangan profesional:
1. Minimum lima tahun pengalaman kerja yang relevan secara penuh waktu pada jenjang menengah hingga posisi lebih tinggi
2. Mampu berbahasa Inggris
3. Memiliki latar belakang akademik yang kuat
4. Memiliki kecakapan kepemimpinan yang sangat baik
5. Komitmen yang kuat terhadap pemahaman internasional dan perdamaian yang ditunjukkan melalui capaian akademik dan profesional serta kegiatan pelayanan masyarakat maupun pribadi

Syarat kemampuan bahasa Inggris:
› Chulalongkorn University: skor TOEFL atau IELTS tidak wajib
› Duke University: skor TOEFL IBT 90, PBT TOEFL 577 atau IELTS 7
› University of North Carolina at Chapel Hill: skor TOEFL IBT 79, PBT TOEFL 550 atau IELTS 7
› International Christian University: skor TOEFL IBT 79, PBT TOEFL 550 atau IELTS 6.5
› University of Bradford: skor TOEFL IBT 80, PBT TOEFL 550 atau IELTS 6
› University of Queensland: skor TOEFL IBT 90, PBT TOEFL 570 atau IELTS 6.5
› Uppsala University: skor TOEFL IBT 90, PBT TOEFL 575 atau IELTS 6.5

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi (Unduh)
2. Dua surat rekomendasi, ditandatangani dan diberi tanggal
   ▪ Untuk program master, satu surat rekomendasi dari profesional dan satu dari akademik
   ▪ Untuk program sertifikat, dua surat rekomendasi dari profesional
3. Formulir aplikasi Rotary Club, opsional
4. Resume atau CV
5. Skor TOEFL atau IELTS
6. Skor GRE (hanya khusus Duke University dan University of North Carolina)
7. Transkrip S1 (khusus pelamar S2)
8. Sertifikasi pelamar, ditandatangani dan diberi tanggal
9. Formulir pengesahan distrik, ditandatangani dan diberi tanggal

Pendaftaran:
Siapkan semua dokumen aplikasi yang diminta di atas. Berkas tersebut harus disahkan oleh distrik Rotary terdekat. Bisa melalui bantuan Rotary club yang ada di wilayah pelamar. Silakan cari alamatnya di Club Finder. Berkas tersebut sudah harus dikirimkan paling lambat 31 Mei 2016.

Setelah menyerahkan dokumen aplikasi tersebut ke distrik Rotary, mintalah mereka juga untuk melakukan wawancara. Ini semacam seleksi awal, sebelum berkas tersebut nantinya ditindaklanjuti distrik dengan mengirimkannya ke Rotary Foundation.

Jika pelamar mengalami kesulitan untuk mengirimkan dokumen aplikasi ke distrik Rotary, bisa mengirimkannya via email: rotarypeacecenters@rotary.org dengan catatan berkas tersebut juga sudah disahkan oleh distrik.

Hasil seleksi akhir akan disampaikan November. Jika terpilih beasiswa Rotary, Anda akan dikirimi nama Peace Center atau universitas tujuan studi.

Berikutnya, pelamar terpilih mendaftar ke universitas tujuan tersebut dengan memenuhi persyaratan masuk yang ditentukan masing-masing. Informasi lebih lanjut bisa disimak melalui laman Rotary (www.rotary.org) atau ditanyakan via email tertera.
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..