Beasiswa JJTES-SEA di China untuk S1 dan Vokasi

Banyak sekali program beasiswa S1 untuk lulusan SMA/sederajat di luar negeri. Misalnya yang tersedia di negeri tirai bambu ini, Jasmine Jiangsu Tertiary Education Scholarship for Southeast Asia (JJTES-SEA). Beasiswa ini mungkin tidak begitu familiar. Tapi, cukup menarik bila ingin mencobanya.

Beasiswa JJTES-SEA merupakan beasiswa full dan parsial bentukan Pemerintah Provinsi Jiangsu China dengan Sekretariat SEAMEO. Para pelamar dapat mendaftar ke program S1 dan vokasi menggunakan beasiswa tersebut pada perguruan tinggi di Provinsi Jiangsu. Seperti namanya, beasiswa JJTES-SEA hanya ditujukan bagi pelamar Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Beasiswa penuh di China akan diberikan selama durasi program studi berlangsung. Beasiswa tersebut meliputi pembebasan biaya kuliah dan pendaftaran, bebas biaya praktikum labor, magang, serta buku wajib yang diperlukan berdasarkan kurikulum. Kemudian gratis akomodasi di asrama kampus atau tunjangan akomodasi sebesar 10.000 Yuan per tahun. Selain itu diberikan pula tunjangan hidup sebesar 1.500 Yuan per bulan dan asuransi kesehatan lengkap serta skema proteksi untuk mahasiswa internasional selama di China.

Biaya yang tidak tercakup adalah biaya perjalanan serta biaya terkait, seperti biaya pengajuan visa. Untuk biaya ini pelamar harus menyediakan sendiri atau menggunakan sumber lain.

Tahun ini beasiswa penuh JJTES-SEA diberikan kepada 44 kandidat terpilih. Sementara, beasiswa parsial diperuntukkan bagi 43 kandidat terpilih yang hanya diberikan selama setahun.

Bidang spesialisasi berdasarkan kategori:
1. Arts (S1): Philosophy, Economics, Law, Education, Literature, History, and Management.
2. Science (S1): Natural Science, Engineering, Agriculture, and Medical Science.
3. Vokasi (termasuk D3)

Persyaratan:
1. Warganegara dari Asia Tenggara (salah satunya Indonesia)
2. Berusia di bawah 30 tahun
3. Lulus SMA/sederajat dengan prestasi bagus. Untuk pelamar gelar sains nilai Matematika minimal 80%
4. Memiliki kesehatan yang baik, berdasarkan standar pengajuan visa
5. Setuju untuk mematuhi hukum yang berlaku di China dan memenuhi persyaratan masuk di universitas atau perguruan tinggi tuan rumah
6. Tidak menerima beasiswa lain yang ditawarkan Pemerintah China, pemerintah daerah, atau organisasi lain secara bersamaan
7. Memiliki kemampuan bahasa Inggris atau China
   ▪ Siswa yang memilih perkuliahan berbahasa China harus menyediakan sertifikat HSK4 (atau lebih tinggi). Wawancara online akan dilakukan untuk menguji kemampuan bahasa China
   ▪ Siswa yang memilih perkuliahan berbahasa Inggris harus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lancar

Dokumen aplikasi:
1. Scan copy halaman foto paspor
2.  Copy ijazah SMA/sederajat dilegalisir. Dokumen yang menggunakan bahasa selain bahasa China dan Inggris juga harus menyertakan terjemahan resmi ke dalam bahasa China atau Inggris
3. Copy transkrip nilai SMA/sederajat dilegalisir. Transkrip yang menggunakan bahasa selain bahasa China dan Inggris juga harus menyertakan terjemahan resmi ke dalam bahasa China atau Inggris
4. Scan copy informasi kontak darurat (dapat berupa paspor, SIM, atau KTP)
5. Scan copy certifikat HSK/TOEFL/IELTS (jika ada)
6. Dokumen relevan lainnya

Pendaftaran:
Sebelum mengisi formulir aplikasi, pelamar terlebih dahulu harus mengajukan permintaan Kode Aplikasi melalui email dengan menyebutkan nama lengkap, kewarganegaraan, dan nomor KTP ke: jasminescholarship.seameo@gmail.com

Pelamar kemudian akan menerima email balasan yang berisi Kode Aplikasi tersebut yang nantinya harus diisi di Tahap 1 pada formulir aplikasi online.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran beasiswa. Pertama, daftarkan diri Anda terlebih dahulu di website www.studyinjiangsu.org. Setelah masuk di halaman tersebut klik tombol “Reg” di sudut kanan atas halaman. Kemudian mendaftarlah menggunakan alamat email yang valid. Setelah mendaftar, periksa email dan klik kode aktivasi yang dikirimkan.

Setelah sukses log in di laman website tersebut, klik halaman “Home”, kemudian klik “Educational Cooperation and Exchange with Southeast Asian Nations” yang disorot dengan warna ungu di sisi kiri halaman web. Klik link tersebut kemudian Anda akan dibawa ke laman beasiswa.

Berikutnya, setelah masuk ke laman tersebut, kemudian klik “Jiangsu Jasmine ASEAN Scholarship”. Pelamar akan dibawa ke halaman aplikasi.

Silakan lengkapi formulir aplikasi. Pastikan untuk memasukkan Kode Aplikasi yang telah dikirimkan melalui email. Kemudian unggah scan copy dokumen aplikasi yang diminta di atas.

Langkah terakhir, print dan tandatangani formulir aplikasi yang telah diisi tersebut. Kemudian lampirkan bersama dokumen aplikasi (hard copy) yang diminta. Lalu kirim via pos ke:

Office of Jasmine Jiangsu Government Scholarship Management Team,
Room 2313, No. 15,
West Beijing Road, Nanjing,
Jiangsu, P. R. China, 210024.

Tuliskan “JJTES-SEA” di sudut kiri bawah amplop.

Dokumen aplikasi tersebut diterima paling lambat 31 Mei 2016. Hasil seleksi beasiswa akan diumumkan pada Juni 2016.

Kontak:
Office of Jasmine Jiangsu Government Scholarship Management Team
Ms Ying Zhang
Room 2313
No. 15 West Beijing Road,
Nanjing, Jiangsu,
210024, P R China.

Tel: +86 25-83335998,
+86 25-83335332
Fax: +86 25 83335521
Email: jesie_org@163.com
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..