Beasiswa Internasional Perlindungan Iklim di Jerman

Ini dia tawaran beasiswa internasional bagi ahli muda di bidang iklim. Alexander von Humboldt Foundation, Jerman membuka kesempatan beasiswa satu tahun bagi ahli-ahli muda dari negara berkembang untuk melakukan sebuah proyek riset di Jerman di bidang perlindungan iklim. Nantinya, penerima beasiswa tersebut bebas memilih mitra kerjasama mereka dalam menjalankan proyek.

Beasiswa perlindungan iklim ini ditawarkan melalui skema International Climate Protection Fellowships. Sebanyak 20 kuota disediakan tahun ini untuk deadline pendaftaran hingga 15 Maret 2014. Bantuannya sendiri akan dimulai 1 Maret 2015. Jika Anda seorang ahli muda di bidang iklim serta terlibat dengan isu-isu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, teknik, hukum, atau aspek sosial dan ekonomi dari perubahan iklim, kesempatan ini patut dicoba.

Selama fase perkenalan tiga minggu, penerima beasiswa akan memiliki kesempatan melakukan kontak sesama penerima beasiswa lainnya serta mengunjungi perusahaan-perusahaan, lembaga penelitian, dan acara-acara kebudayaan di Jerman. Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan kursus bahasa Jerman secara intensif sebelum memulai proyek riset.

Rincian bantuan yang diterima, di antaranya tunjangan bulanan 2.150 EUR hingga 2.750 EUR sesuai dengan kualifikasi, dua bulan kursus bahasa Jerman, biaya perjalanan, tunjangan kunjungan keluarga setiap tiga bulan, tunjangan 500 EUR hingga 800 EUR per bulan untuk hunian di Jerman, tunjangan studi atau kunjungan riset ke institusi negara Eropa lainnya yang berlangsung satu sampai dua bulan. Bagi orang tua tunggal juga tersedia tunjangan keluarga, dan manfaat lainnya.

Persyaratan:
1. Bergelar sarjana atau setara kurang dari 12 tahun terakhir dengan capaian prestasi memuaskan.
2. Punya potensi kepemimpinan yang dibuktikan dengan pengalaman memegang posisi atau referensi yang tepat.
3. Pengalaman profesional dalam peran kepemimpinan di bidang perlindungan iklim (setidaknya 48 bulan terakhir pada saat aplikasi) atau kualifikasi akademik dan profesional lainnya.
4. Memiliki kemampuan bahasa Inggris atau Jerman.

Pendaftaran:
Pengajuan aplikasi dilakukan secara online dengan mengirimkan dokumen-dokumen yang diminta sebelum akhir masa pendaftaran. Pelamar akan menerima konfirmasi sesaat setelah pengajuan aplikasi tersebut. Cek di email. Host yang diusulkan di Jerman harus mengirimkan keterangan ke Alexander von Humboldt Foundation sebelum deadline. Pendaftaran dilakukan di sini (lihat sudut kanan atas). 

Berikutnya, aplikasi yang diajukan pemohon akan dievaluasi oleh komite seleksi independen dan menetapkan calon pemenang beasiswa sekitar awal Juli 2014. Kandidat akan diundang berpartisipasi dalam pertemuan seleksi di Jerman yang berlangsung selama beberapa hari. Pertemuan seleksi ini berlangsung 16-19 September 2014 dan pelamar akan diberi kesempatan untuk menjelaskan proyek mereka kepada panitia seleksi serta menghadiri wawancara yang diselenggarakan panitia seleksi. Pada akhir pertemuan tersebut, barulah hasil seleksi diumumkan. 
Facebook Twitter