Beasiswa S2 Universitas Amsterdam Belanda

Peluang beasiswa luar negeri seperti tidak ada habisnya. Sebut saja beasiswa S2 yang ditawarkan Universitas Amsterdam Belanda ini. Tahun ini, kampus terkemuka negeri kincir angin itu menyediakan beasiswa S2 bagi pelajar internasional (non Uni Eropa/Kawasan Ekonomi Eropa).

Melalui skema Amsterdam Excellence Scholarship (AES), Anda bisa mendapatkan beasiswa penuh (full scholarship) senilai € 25,000 untuk program master satu tahun dan bisa diperpanjang jika studi master yang diambil berdurasi dua tahun. Beasiswa AES akan menanggung biaya kuliah di Universitas Amsterdam serta biaya hidup selama tinggal di Belanda.

Batas akhir pendaftaran adalah 1 Februari 2014. Buruan, mumpung masih tersedia waktu. Beasiswa AES ini dibuka untuk studi tahun akademik 2014-2015.

Persyaratan:
1. Memegang paspor non Uni Eropa (EU)/Kawasan Ekonomi Eropa (EEA)
2. Mendaftar ke program MA (berbahasa pengantar Inggris) di Graduate School of Humanities sebelum 1 Februari 2014. Pelajari di sini.
3. Tendaftar ke program master Universitas Amsterdam untuk pertama kali. Tidak berlaku bagi kandidat yang sudah mengambil program master di Universitas Amsterdam.
4. Mampu mematuhi peraturan visa di Belanda seperti yang ditunjukkan oleh IND. Cek di sini.
5. Terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu di Universitas Amsterdam pada tahun akademik dan program yang disediakan beasiswa.
6. Kandidat tidak menerima beasiswa lain untuk periode studi yang sama.

Pendaftaran: 
Permohonan diajukan melalui formulir aplikasi online program master di sini. Nantinya, pada formulir tersebut akan tersedia pilihan mengajukan beasiswa AES bagi mahasiswa non EU/EEA. Kumpulkan dokumen yang diperlukan (lihat di bawah), dan upload sebagai satu dokumen aplikasi AES dengan mencantumkan nama pertama dan terakhir Anda. Contoh: Application AES Indah Pratiwi.

Ajukan aplikasi sebelum deadline di atas. Komite seleksi nantinya akan menyeleksi calon yang berhak mendapatkan beasiswa AES dan memberitahukannya pada April 2014. Harap diperhatikan bahwa Anda mungkin perlu mengupload beberapa dokumen yang sama untuk aplikasi master Anda.

Dokumen aplikasi:
1. Bukti bahwa Anda termasuk dalam 10 % dari lulusan terbaik di kelas Anda. Harap beritahu dekan Anda mengisi formulir yang akan disediakan di website universitas
2. Surat rekomendasi dari dekan, dosen, atau supervisor akademik
3. Letter of motivation AES (maksimal 500 kata) yang ditujukan kepada direktur Graduate School of Humanities yang menjelaskan alasan-alasan memilih program master MA spesifik dengan konteks yang lebih luas serta relevansi untuk karir masa depan
4. Uraian kegiatan ekstrakurikuler seperti partisipasi dalam komisi mahasiswa, pengalaman internasional, olahraga atau musik pada level tinggi, atau pekerjaan relawan
5. Bukti kemampuan bahasa Inggris. TOEFL IBT skor minimal keseluruhan 100 (dengan skor minimal 22 di masing-masing komponen yang berbeda), atau IELTS: skor minimal keseluruhan 7,0 (setidaknya 7,0 di masing-masing empat komponen). Atau juga Certificate in Advanced English Exam (CAE) skor minimal A, Certificate of Proficiency in English (CPE) skor minimal B.
Facebook Twitter