Beasiswa StuNed Buka Pendaftaran, Siapa Tertarik?

Seperti halnya beasiswa OTS, beasiswa StuNed juga termasuk yang istimewa ditawarkan Pemerintah Belanda. Beasiswa ini baru saja buka pendaftaran dan mahasiswa Indonesia memiliki kesempatan luas memperoleh beasiswa tersebut. Ada tiga jenis beasiswa StuNed yang dibuka, yaitu beasiswa master, beasiswa kursus singkat (short courses), dan beasiswa kursus singkat yang diselenggarakan di Indonesia (in country short courses).

StuNed (Studeren in Nederland) merupakan program beasiswa Belanda yang ditujukan kepada para mid-career profesional Indonesia sebagai bagian bentuk kerjasama bilateral antara Pemerintah Belanda dan Indonesia. Terdapat lima (5) bidang prioritas dari pemberian beasiswa StuNed, yakni manajemen air (water management), ketahanan pangan (food security), sektor ekonomi (economy sector), sektor yudisial (judicial sector), dan hak asasi manusia (human rights). Secara umum, program studi yang berkaitan dengan fokus tersebut dan sektor-sektor pembangunan Indonesia dapat dipilih.

Melalui beasiswa StuNed, para peminat individual dapat mengikuti program master dan kursus singkat di Belanda. Sementara bagi institusi dapat mengajukan proposal untuk group application.

Buat Anda para profesional dengan masa kerja minimal dua tahun di tempat kerja terakhir, ini kesempatan yang sayang dilewatkan. Beberapa prioritas bahkan diberikan jika Anda bekerja pada organisasi-organisasi lokal yang bermitra dengan Kedutaan Besar Belanda, seperti lembaga pemerintahan, kementerian, universitas Kejaksaan Agung, Dewan Pers, Polri, BPK, Komisi Yudisial, TNI, PPATK, dan lembaga lainnya.    

Selain itu, ada juga prioritas jika kandidat yang melamar merupakan perempuan dan calon peserta yang berasal dari luar Jawa.

Kandidat yang terpilih akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah selama di Belanda, seperti uang kuliah/kursus, biaya hidup, akomodasi, biaya perjalanan tiket domestik, dan biaya perjalanan dari bandara ke hotel atau tempat kursus diadakan.

Persyaratan umum: 
1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau Kartu Dinas Pegawai Negeri.
2. Diterima di salah satu program master/short courses yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance/admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
3. Pendidikan minimal S1 atau setara dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
4. Pengalaman kerja (setelah lulus S1) minimal 2 tahun di institusi terakhir, dibuktikan dengan: fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.
5. Persetujuan dari institusi; dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;
7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 79, atau IELTS minimal 6.0. Untuk in country short courses, nilai  ITP TOEFL minimal 520. 
8. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website.
9. Prioritas diberikan untuk staf mitra kerja Kedutaan Besar Belanda.
10. Tidak ada batas umur.

Pendaftaran:
Formulir beasiswa beserta dokumen aplikasi dibuat rangkap dua dan dikirim ke:

Nuffic Neso Indonesia
Menara Jamsostek 20th Floor
Jalan Jend. Gatot Subroto No.38
Jakarta 12710


Deadline beasiswa master 15 Maret 2014, beasiswa short courses dan in country short courses 1 Maret 2014 untuk program yang dimulai 1 Juli s/d 31 Desember 2014 dan 1 Oktober 2014 untuk program yang dimulai 1 Januari s/d 31 Juni 2015. Unduh formulir aplikasi dan CV di sini. Pelamar akan mendapatkan petunjuk pendaftaran lebih lanjut di formulir aplikasi tersebut. 
Facebook Twitter