Beasiswa Pemerintah Taiwan (MOE) Program S1, S2, dan S3

Jika Anda belum memutuskan mengikuti beasiswa TaiwanICDF, ada baiknya mempertimbangkan program beasiswa Pemerintah Taiwan satu ini. Taiwan Scholarship Program. Kementerian Pendidikan (MOE) Taiwan menyiapkan secara khusus skema beasiswa tersebut bagi mahasiswa internasional berprestasi, termasuk dari Indonesia. Kandidat diberi kesempatan untuk melanjutkan studi di universitas-universitas Taiwan.

Jika beasiswa TaiwanICDF menawarkan beasiswa hanya pada jenjang master dan doktor, beasiswa Pemerintah Taiwan ini dibuka mulai level sarjana (S1), master (S2), dan PhD (S3). Beasiswa diberikan maksimal empat tahun untuk S1, dua tahun untuk S2, dan empat tahun untuk S3.

Kementerian Pendidikan Taiwan akan menanggung biaya kuliah sebesar NT$40.000 per semester, kemudian tunjangan hidup bulanan sebesar NT$15.000 (setara Rp 7,4 juta) untuk sarjana dan NT$20.000 (setara Rp 9,8 juta per bulan) untuk master dan doktor. Biaya lainnya seperti biaya administrasi ke universitas, penasehat tesis, premi asuransi, akomodasi, dan biaya internet menjadi tanggungan sendiri.

Simak lengkapnya » Program Beasiswa S2 Terbaru 2023 - 2024

Persyaratan:
 1. Pelamar merupakan warganegara asing berijazah SLTA atau memiliki gelar di jenjang setelah SLTA (S1/S2) dengan prestasi akademik memuaskan dan karakter moral yang baik
2. Tidak memenuhi syarat bagi pelamar berikut:
    ▪ Merupakan warga negara Taiwan atau keturunan overseas Chinese
    ▪ Sudah terdaftar/sedang belajar di universitas di Taiwan atau sudah diterima di tahun sebelumnya, kecuali jika Anda ingin mendaftar untuk jenjang pendidikan berikutnya.
    ▪ Pernah belajar di Taiwan pada tingkatan/jenjang yang sama.
   ▪ Sewaktu belajar di Taiwan, peserta merupakan mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar atau double degree program yang merupakan program kerja sama antar universitas.
    ▪ Pernah menerima beasiswa dari pemerintah Taiwan total lebih dari 5 tahun.
    ▪ Pernah membatalkan/dibatalkan dalam program MoE Taiwan Scholarship atau pernah membatalkan/dibatalkan dalam program HES (Huayu Enrichment Scholarship).
    ▪ Saat belajar di Taiwan di periode yang sama, peserta menerima beasiswa lainnya dari pemerintah Taiwan atau beasiswa dari universitas; tidak termasuk jika universitas Taiwan (yang bekerja sama dengan program beasiswa ini) memberikan diskon biaya kuliah saat nominal biaya kuliah melebihi subsidi yang disediakan oleh program beasiswa ini.
3. Pelamar harus mendaftar secara langsung ke universitas/perguruan tinggi berdasarkan deadline yang ditetapkan masing-masing

Dokumen aplikasi:
1. Formulir Aplikasi Beasiswa Taiwan 2023 (Unduh)
2. Fotokopi paspor dan kartu keluarga
3.  Jika dokumen tidak dalam bahasa Inggris atau Mandarin, maka harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Mandarin, dan harus dilegalisir sampai tahap TETO (Unduh)
4. Fotokopi atau scan bukti pendaftaran universitas yang menunjukkan bahwa peserta telah mendaftar ke universitas di Taiwan untuk semester Fall tahun 2023. (contoh bukti pendaftaran: fotokopi bukti transfer uang pendaftaran, formulir yang digunakan saat pendaftaran universitas, fotokopi bukti tanda terima formulir pendaftaran, email, dll)
5. Dua surat rekomendasi yang telah ditandatangani dan tersegel rapat dalam amplop (contoh pemberi rekomendasi: oleh Kepala Sekolah, Rektor, Dekan, Profesor atau atasan di tempat bekerja). Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi TIDAK BERLAKU.
6. Fotokopi Sertifikat Kemampuan Bahasa:
   › Program studi yang TIDAK menggunakan bahasa Inggris:
Fotokopi sertifikat “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) dengan hasil ujian minimal tingkat menengah (B1). Tidak menerima sertifikat bahasan Mandarin lain selain TOCFL.
   › Program studi bahasa Inggris (Unduh):
Fotokopi sertifikat resmi TOEFL atau sertifikat bahasa Inggris lain yang diakui oleh internasional.

Pendaftaran:
Sebelum mengajukan beasiswa Taiwan 2023, pelamar diminta untuk mendaftar ke universitas tujuan dan juga program yang diminati di Taiwan terlebih dahulu (lihat poin 6).

Setelah mendaftar ke universitas dan memperoleh dokumen yang diperlukan, selanjutnya Anda bisa mendaftar ke program beasiswa. Pertama, isi terlebih dahulu formulir online beasiswa MoE. Wajib diisi.

Berikutnya lengkapi dokumen aplikasi beasiswa seperti yang diminta di atas, lalu kirim via pos ke:

Taipei Economic and Trade Office
Gedung Artha Graha lt.16, Jl. Jend Sudirman kav 52-53, Jakarta Selatan 12190

*Tuliskan pada amplop depan: "Pendaftaran MoE Taiwan Scholarship"

Pendaftaran beasiswa tersebut diajukan mulai tanggal 1 Februari s/d 31 Maret 2023. TETO akan menyeleksi kandidat dan memberitahukan hasil seleksi melalui email kepada kandidat terpilih sebelum 6 Juni 2023. Informasi lebih lanjut juga bisa bisa disimak di www.roc-taiwan.org. Selamat mencoba!

Kontak:

Divisi Pendidikan,
Taipei Economic and Trade Office, Indonesia
[e] edutwindonesia@gmail.com
[w] www.roc-taiwan.org 

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter