Beasiswa Pemerintah Italia 2018 – 2019 Jenjang S2, S3 dan Riset

Penawaran Beasiswa Pemerintah Italia mungkin tak seramai beasiswa Pemerintah Inggris atau beasiswa Pemerintah Jerman yang memiliki peminat banyak setiap tahunnya. Tapi, negeri Pisa ini juga tak mau kalah menawarkan program beasiswa bagi mahasiswa luar negeri yang ingin lanjut studi di Italia. Pelamar dari Indonesia salah satu yang diberi kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Pemerintah Italia 2018 – 2019 ini.

Melalui Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Italia (MAECI), beasiswa diberikan dalam bentuk hibah yang nantinya dapat dipergunakan untuk membiayai studi master (S2), PhD (S3), serta riset singkat yang berlangsung di universitas-universitas Italia atau lembaga-lembaga riset. Selain itu tersedia juga program pelatihan bahasa dan kebudayaan Italia untuk beberapa bulan.

Penerima beasiswa Pemerintah Italia ini akan mendapatkan tunjangan sebesar 900 Euro setiap bulan yang dibayarkan langsung ke rekening bank Italia mereka. Selain tunjangan bulanan, juga disediakan asuransi kesehatan dan kecelakaan dari MAECI selama durasi program beasiswa. Tidak itu saja penerima beasiswa dapat dibebaskan dari biaya pendaftaran dan biaya kuliah. Tergantung kebijakan dari universitas.

Beasiswa S2, S3, dan riset diberikan selama 6 bulan atau 9 bulan. Beasiswa dapat diperpanjang kembali dan diusulkan di tahun berikutnya dengan melihat kinerja akademik atau capaian prestasi yang diraih. Untuk beasiswa kursus bahasa dan kebudayaan Italia durasi beasiswa berlangsung selama 3 bulan.

Persyaratan:
1.Aplikasi hanya bisa diajukan oleh mahasiswa luar negeri yang tidak menetap di Italia dan oleh warganegara Italia yang tinggal di luar negeri (IRE) serta memenuhi syarat akademik yang diperlukan untuk mendaftar ke universitas/institut Italia
2. - Pelamar jenjang master, perguruan tinggi program Seni, Musik, dan Dance (AFAM), atau kursus bahasa dan kebudayaan Italia, usia tidak boleh lebih dari 28 tahun hingga deadline pendaftaran, kecuali perpanjangan (beasiswa).
   - Pelamar program PhD usia tidak boleh lebih dari 30 tahun hingga batas deadline, kecuali perpanjangan
   - Pelamar proyek riset di bawah asuhan akademik tidak boleh lebih dari 40 tahun hingga batas deadline.
3. Pelamar harus menyertakan sertifikat kemahiran dalam bahasa Italia. Syarat level minimum adalah B2 dalam Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa (CEFR)

Bukti keterampilan bahasa Italia tidak diperlukan untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga » Beasiswa S1dan S2 di K'ARTS Korea

Pendaftaran:
Pengajuan Beasiswa Pemerintah Italia 2018 – 2019 dilakukan secara online di laman Study in Italy (Unduh). Anda bisa melengkapi formulir pendaftaran dan mengajukan aplikasi secara online. Teknisnya tertera di panduan. Batas pendaftaran adalah 30 April 2018.

Aplikasi akan dinilai oleh komite yang ditunjuk oleh Kedutaan Italia di negara asal pelamar. Pihak kedutaan nantinya akan mengumumkan hasil seleksi serta para pemenang beasiswa.
Facebook Twitter Google