Beasiswa Pertukaran CEE di Amerika Full untuk Usia 21 – 27 Tahun

Ini salah satu program beasiswa pertukaran yang bisa Anda coba di Amerika Serikat. Beasiswa ini terbuka bagi pelajar mahasiswa maupun pelamar umum usia 21 – 27 tahun yang ingin mengikuti kegiatan pertukaran selama setahun di AS. Beasiswa ditawarkan oleh International Research & Exchanges Board (IREX), sebuah organisasi nirlaba internasional yang bergerak di bidang pendidikan dan pengembangan global. Tahun ini IREX membuka beasiswa pertukaran tersebut melalui skema Community Engagement Exchange (CEE) Program. Beasiswa ini memberi kesempatan bagi sejumlah negara, termasuk pelamar Indonesia mengikuti program CEE.

Peserta terpilih akan mendapatkan pembekalan selama mengikuti program CEE, seperti keahlian dan keterampilan, pengembangan kepemimpinan, bekerja dengan masyarakat, serta membahas isu-isu penting di abad 21. Kegiatan pertukaran program CEE di antaranya:

Three-month Practicum in the United States: IREX mempertemukan rekan-rekan CEE dengan organisasi masyarakat sipil di seluruh Amerika Serikat. Supervisor dan rekan yang ditunjuk mendukung peserta melalui praktikum profesional langsung selama tiga bulan.

Leadership and Civic Engagement Academy: Para peserta CEE mengeksplorasi tema-tema program melalui kurikulum interaktif yang mencakup pembelajaran layanan, pelatihan tatap muka, bimbingan, pembinaan profesional, dan inklusi dalam jaringan global.

Community Engagement Project (CEP): Dengan bantuan organisasi tuan rumah dan mentor mereka di AS, rekan-rekan CEE merancang dan merencanakan proyek keterlibatan komunitas untuk dilaksanakan setelah mereka kembali ke negara asal. Setelah mereka meninggalkan AS, mereka melaksanakan proyek ini di komunitas asal mereka.

Simak juga » Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri Terbaru

Community Engagement Project (CEP) Exchange: Tuan rumah terpilih di AS dan spesialis CEE akan melakukan perjalanan ke negara alumni CEE dan bekerja secara kolaboratif untuk mendukung implementasi proyek rekan tersebut dan membawa kembali apa yang mereka pelajari untuk memperkuat komunitas di seluruh Amerika Serikat atau negara asal mereka.

Beasiswa pertukaran CEE mencakup biaya visa J-1, tiket pp, tunjangan bulanan untuk kebutuhan perumahan, makanan, dan biaya hidup lainnya selama berada di AS, serta tunjangan kesehatan karena kecelakaan atau sakit.

Persyaratan:

1. Berusia 21 - 27 tahun
2. Warganegara dari negara yang memenuhi syarat (salah satunya Indonesia)
3. Saat ini tinggal dan bekerja di negera asal mereka ketika mendaftar (Pertimbangan khusus dapat diberikan kepada individu yang tinggal di negara lain yang berstatus pengungsi dan bekerja atas nama komunitas asal mereka)
4. Memiliki pengalaman profesional atau sukarelawan minimal dua tahun, dengan bekerja pada isu-isu komunitas atau masyarakat sipil, pada saat melamar
5. Bekerja dalam inisiatif pelibatan masyarakat di negara asal mereka, baik dalam kapasitas profesional atau sukarelawan, dengan niat dan visi yang jelas untuk mengejar karir dalam mendukung masyarakat sipil atau dalam sektor masyarakat sipil
6. Mampu memulai Program CEE di Amerika Serikat pada tahun 2025
7. Dapat menerima Visa J-1 AS
8. Berkomitmen untuk kembali ke negara asal setelah menyelesaikan program dan melaksanakan proyek berbasis komunitas
9. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada saat melamar.
10. Semifinalis akan diminta untuk mengikuti tes bahasa Inggris Duolingo
11. Finalis harus mampu memenuhi sebagian besar tujuan komunikasi, bahkan pada topik yang asing. Mereka harus memahami gagasan utama penulisan konkrit dan abstrak dan mereka harus dapat berinteraksi dengan pembicara yang mahir dengan cukup mudah.

Simak juga » Info Beasiswa S2 Luar Negeri yang Sedang Buka

Pendaftaran:

Pendaftaran beasiswa pertukaran CEE dari IREX dilakukan secara online di laman irex.org pada bagian apply today. Selanjutnya buat akun untuk mengisi formulir dan mengajukan berkas pendaftaran. Pelamar dapat mendaftar beasiswa IREX 2024 hingga 2 Juli 2024.

Kontak:

IREX
1275 K Street, NW, Suite 600
Washington, DC 20005
[t] +1 202-628-8188
[e] Apply.CEE@irex.org
[w] https://www.irex.org

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter