Beasiswa Brunei Darussalam 2017 - 2018

Jika tahun lalu Anda belum mengikuti tawaran beasiswa di Brunei Darussalam, inilah kesempatan untuk mencobanya. Pemerintah Brunei Darussalam kembali membuka peluang Beasiswa Brunei Darussalam 2017 - 2018 bagi mahasiswa internasional. Kesempatan ini salah satunya terbuka bagi mahasiswa Indonesia yang ingin mengenyam studi di negara minyak itu.

Seperti tahun lalu, Beasiswa Brunei Darussalam 2017 - 2018 memberikan beasiswa penuh untuk jenjang diploma (D3), sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3). Peluang ini ditawarkan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Brunei melalui Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students.

Empat perguruan tinggi Brunei yang berpartisipasi dalam beasiswa ini, yaitu Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), dan Universiti Teknologi Brunei (UTB), dan Politeknik Brunei (PB). Anda bisa memilih lokasi studi di salah satu kampus ternama Brunei tersebut. 

Menariknya, sebagian besar pilihan studi bisa diikuti melalui beasiswa Pemerintah Brunei ini, seperti keperawatan, kebidanan, kesenian, sains, bisnis, ilmu kesehatan, teknik, pendidikan, filsafat, matematika, komputer, kimia, biologi, biomedis, agama, linguistik, sejarah, antropologi, ekonomi, manajemen, keuangan, konseling, administrasi bisnis, hukum, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan banyak lagi.

Selain dibebaskan dari biaya kuliah di empat kampus tersebut, kandidat terpilih juga akan memperoleh tunjangan bulanan sebesar BND 500, kemudian tunjangan buku BND 600 per tahun, serta tunjangan makan BND 150 per bulan. Selain itu disediakan tiket pesawat pp, tunjangan bagasi maksimum BND 250 saat pulang, serta akomodasi tempat tinggal di universitas atau politeknik tujuan.

Durasi beasiswa diberikan selama empat tahun untuk jenjang S1, satu atau dua tahun untuk gelar S2, tiga tahun untuk gelar S3, dan tiga tahun untuk D3. Beasiswa dievaluasi setiap akhir semester untuk melihat kemajuan studi mahasiswa bersangkutan.

▪ Lihat daftar lengkap program studi (Unduh)

Persyaratan:
 1. Pendaftaran terbuka bagi semua warganegara, tidak terbatas hanya ASEAN, negara-negara anggota OIC maupun Commonwealth.
2. Pelamar harus dinominasikan oleh pemerintah negara bersangkutan (Kemdikbud atau Kemlu)
3. Pelamar harus dinyatakan sehat untuk memperoleh beasiswa serta belajar di Brunei Darussalam oleh dokter yang diakui sebelum tiba di Brunei Darussalam. Biaya mendapatkan surat keterangan sehat ini ditanggung sendiri oleh pelamar.
4. Pelamar harus berusia antara 18 - 25 tahun untuk program diploma dan sarjana, serta tidak lebih dari 35 tahun untuk program pascasarjana terhitung 31 Juli 2017
5. Beasiswa ini tidak berlaku bagi warga tetap Brunei Darussalam

* Persyaratan lebih teknis terutama menyangkut dengan program yang akan diambil bisa dilihat pada “Entry Qualification”. Silakan diunduh pada daftar program studi yang tertera di atas.

Simak juga » Beasiswa S2 Terbaru Dalam dan Luar Negeri

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi (Unduh)
2. Pasfoto terbaru ukuran paspor
3. Salinan ijazah dan transkrip akademik dilegalisir
4. Statement of Purpose (tertera di formulir)
5. Salinan akte kelahiran dan paspor dilegalisir
6. Salinan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
7. Terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris masing-masing dokumen aplikasi yang tidak berbahasa Inggris

*Terjemahan resmi dokumen ke dalam bahasa Inggris bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau terjemahan langsung dari pihak kampus dan dicap


Pendaftaran:
Tahapan pendaftaran beasiswa Brunei Darussalam 2017-2018 cukup mudah. Lengkapi formulir aplikasi bersama dokumen aplikasi yang diminta di atas. Beberapa dokumen mungkin perlu di-scan, seperti ijazah dan transkrip, dll. Lalu buat dalam format pdf.

Selanjutnya kirim semua dokumen aplikasi tersebut ke email: applyBDGS2017@mfa.gov.bn

Bagi pelamar yang ingin studi di UBD, selain mengirimkan aplikasi beasiswa di atas, juga diharuskan melengkapi aplikasi online di laman: https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/

Permohonan dan pengajuan aplikasi beasiswa diterima paling lambat 13 Maret 2017. Pemberitahuan pemenang beasiswa biasanya disampaikan melalui email.

Kontak:
Technical Assistance Unit
Division of Scholarship, Training and Technical Assistance
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs and Trade
Bandar Seri Begawan BD2710
Brunei Darussalam

Tel: +673 2261177 ext. 387/ 386/ 380/ 383
Fax: + 673 2230903
E-mail: scholarship@mfa.gov.bn
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..