Beasiswa Brunei Darussalam 2024 - 2025

Jika tahun lalu Anda belum mengikuti tawaran beasiswa di Brunei Darussalam, inilah kesempatan untuk mencobanya. Pemerintah Brunei Darussalam kembali membuka peluang Beasiswa Brunei Darussalam 2024 - 2025 bagi mahasiswa internasional. Kesempatan ini salah satunya terbuka bagi mahasiswa Indonesia yang ingin mengenyam studi di negara minyak itu.

Seperti tahun lalu, Beasiswa Brunei Darussalam 2024 - 2025 memberikan beasiswa penuh untuk jenjang diploma (D3), sarjana (S1), dan master (S2). Peluang ini ditawarkan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Brunei melalui The Government of Brunei Darussalam Scholarship to Foreign Students.

Lima perguruan tinggi Brunei yang berpartisipasi dalam beasiswa ini, yaitu Universiti Brunei Darussalam (UBD), Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), dan Universiti Teknologi Brunei (UTB), dan Politeknik Brunei (PB). Anda bisa memilih lokasi studi di salah satu kampus ternama Brunei tersebut. 

Menariknya, sebagian besar pilihan studi bisa diikuti melalui beasiswa Pemerintah Brunei ini, seperti keperawatan, kesehatan, kesenian, sains, bisnis, ilmu kesehatan, teknik, pendidikan, filsafat, matematika, komputer, kimia, biologi, biomedis, agama, linguistik, sejarah, antropologi, ekonomi, manajemen, keuangan, konseling, administrasi bisnis, hukum, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan banyak lagi.

Selain dibebaskan dari semua biaya kuliah di empat kampus tersebut, kandidat terpilih juga akan memperoleh tunjangan bulanan sebesar BND 500, kemudian tunjangan buku BND 600 per tahun, serta tunjangan makan BND 150 per bulan. Selain itu disediakan tiket pesawat pp, tunjangan bagasi maksimum BND 250 saat pulang, asuransi, serta akomodasi tempat tinggal di universitas atau politeknik tujuan.

Durasi beasiswa diberikan selama empat tahun untuk jenjang S1, satu atau dua tahun untuk gelar S2, dan 2,5 tahun untuk D3. Beasiswa dievaluasi setiap akhir semester untuk melihat kemajuan studi mahasiswa bersangkutan.

Persyaratan:
1. Berusia tidak lebih dari 25 tahun untuk program diploma dan sarjana, serta tidak lebih dari 35 tahun untuk program master per 1 Juli 2024
2. Mahir berbahasa Inggris dengan nilai Kredit 6 pada hasil GCE 'O' Level atau Grade 'C” di IGCSE English (sebagai bahasa kedua) atau skor IELTS 6.0 atau skor TOEFL minimal 550.
3. Beasiswa ditujukan terutama untuk pelajar internasional yang belajar untuk pertama kalinya di Brunei Darussalam. Warganegara Brunei, Penduduk Tetap Brunei, dan pelajar internasional yang sedang belajar/telah belajar di perguruan tinggi Brunei TIDAK memenuhi syarat. 

Simak juga » Beasiswa S2 Terbaru Dalam dan Luar Negeri

Dokumen aplikasi:
1. Salinan ijazah dan transkrip nilai akademik dilegalisir
2. Terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris masing-masing dokumen aplikasi yang tidak berbahasa Inggris
3. Salinan akte kelahiran dan paspor dilegalisir
4. Surat rekomendasi dan referensi (Unduh)

* Terjemahan resmi dokumen ke dalam bahasa Inggris bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau terjemahan langsung dari pihak kampus dan dicap

Pendaftaran:
Tahapan pendaftaran beasiswa Brunei Darussalam 2024-2025 cukup mudah. Lengkapi BDGS Application Form berikut kemudian lampirkan bersama dokumen aplikasi yang diminta di atas di formulir tersebut. Dokumen yang diterima dalam format Word/PDF/Jpeg. Beberapa dokumen mungkin perlu di-scan, seperti ijazah dan transkrip, dll. Lalu buat dalam format PDF.

Bagi pelamar yang ingin studi di UBD, selain mengirimkan aplikasi beasiswa di atas, juga diharuskan melengkapi aplikasi online di laman:  https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/
 
Selain itu, bagi pelamar yang ingin studi di kampus Universiti Teknologi Brunei (UTB), selain mengirimkan aplikasi di atas secara online, juga diharuskan melengkapi aplikasi online di laman https://apply.utb.edu.bn/

Permohonan dan pengajuan aplikasi beasiswa diterima paling lambat 15 Februari 2024. Pelamar yang lolos akan dihubungi atau diberitahukan kembali untuk proses seleksi berikutnya. Sementara, bagi kandidat yang tidak terpilih juga akan mendapat pemberitahuan melalui email. Pelamar terpilih bisa saja diminta mengikuti wawancara oleh perguruan tinggi yang menawarkan program atau mengikuti ujian tertulis untuk menilai kemampuan bahasa Inggris/Melayu/Arab (jika perlu).

Baca juga » Jadwal Beasiswa S1, S2, S3 2024 - 2025

Kontak:
Technical Assistance Unit
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs and Trade
Bandar Seri Begawan BD2710
Brunei Darussalam
[e] queriesBDGS2024@mfa.gov.bn
[w] https://www.mfa.gov.bn

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter