Beasiswa Rusia 2015 untuk S1, S2, Pelatihan

Pemerintah Federasi Rusia kembali menawarkan program beasiswa Rusia 2015. Beasiswa ini membebaskan biaya pendidikan di perguruan tinggi Rusia dan menerima ratusan kandidat asal Indonesia tiap tahunnya. Nah, saat ini kesempatan itu dibuka lagi. Beasiswa tersedia untuk studi S1 (4 tahun), S2 (2 tahun), dan spesialisasi (5 tahun). Sebelum menjalani kuliah, penerima beasiswa akan mendapatkan program bahasa Rusia di Fakultas Persiapan selama 1 tahun. 

Uniknya beasiswa Pemerintah Rusia ini juga menyediakan program pelatihan selama 3, 5, dan 10 bulan sesuai dengan bidang yang ditekuni, misalnya dosen, guru, atau profesional. Pada kegiatan pelatihan ini, tidak tersedia program bahasa Rusia. Pelamar dianggap sudah memiliki pemahaman yang cukup dengan bahasa Rusia. 

Meski beasiswa Pemerintah Rusia 2015 membebaskan biaya pendidikan, namun itu bukanlah beasiswa penuh. Ada beberapa biaya lainnya yang masih harus dibiayai sendiri, seperti penerjemahan, pengesahan, dan pengiriman dokumen. Kemudian biaya visa, asrama, biaya hidup, tiket pesawat, dll. Biaya tersebut dapat disediakan sendiri atau menerima bantuan sponsor dari lembaga lain.

Dokumen aplikasi:
1. Application form (format tersedia)
2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh SMA/ SMK/ Perguruan Tinggi. Untuk pendaftar S1, nilai ijazah SMA/SMK atau raport semester V dengan rata-rata 8,0 dan usia maksimal 25 tahun. Untuk pendaftar S2, IPK minimal 3,20. Untuk pendaftar S3, lulus S2 dari universitas di Rusia.
    - Untuk pendaftar yang langsung menuju Fakultas Spesialisasi dan sudah lulus mengikuti Fakultas Bahasa di Rusia selama 1 tahun, sertakan juga sertifikat kelulusannya.
    -  Untuk pendaftar program pelatihan, sertakan ijazah terakhir atau transkrip nilai terbaru atau setidaknya sudah pernah mengikuti kuliah S1.
3. Fotokopi medical certificate (format tersedia)
4. Fotokopi paspor sampul hijau yang masa berlakunya tidak kurang dari 24 bulan
5. Fotokopi akte kelahiran
6. Permohonan pengesahan dokumen (format tersedia)
7. CV dan motivation letter dalam Bahasa Inggris maksimal 2 halaman A4 (format tersedia)
8. Lembar Pernyataan Jaminan (Lampiran No.3) dan Surat Jaminan (Lampiran No.4) diisi pada formulir yang bahasa Rusia saja, dengan tulisan latin/Bahasa Indonesia, dan ditempelkan materai Rp.6000,- di bagian ‘tanda tangan penjamin’ (format tersedia dan lihat petunjuk).
    - Untuk yang sudah pernah kuliah di Rusia, tidak perlu mengisi lembar ini.
9. Fotokopi sertifikat kompetisi dan penghargaan yang dimiliki
10. Pasfoto 4x6 dengan latar belakang putih, 10 lembar.

*Formulir dan format dokumen lain yang dibutuhkan bisa diunduh di website Pemerintah Rusia

Pendaftaran:
Semua dokumen diserahkan dalam kertas ukuran A4 yang kemudian akan diterjemahkan oleh Pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta dan disahkan oleh Kantor Konsuler KBFR Jakarta. Berkas dimasukkan ke dalam map karton kuning (S1), map karton merah (S2), map karton hijau (S3), map karton biru (pelatihan)
Semua formulir diisi dengan Bahasa Inggris (untuk semua pendaftar) atau Bahasa Rusia (khusus untuk lulusan S1/S2 dari Rusia yang akan mendaftar program S2/S3).

Dokumen diserahkan ke:

Gedung Pusat Kebudayaan Rusia
Jalan Diponegoro No.12 Menteng Jakarta Pusat 10310 INDONESIA

Mulai 19 Januari – 2 Maret 2015. Jika ada pertanyaan, bisa diajuka ke email: beasiswarusia@gmail.com. Website http://idn.rs.gov.ru.

Proses pendaftaran dan seleksi Beasiswa Rusia 2015
1. Pendaftar mengumpulkan dokumen ke Pusat Kebudayaan Rusia dalam jangka waktu penerimaan pendaftaran. Semakin cepat menyerahkan dokumen akan menjadikan pendaftar mendapatkan pertimbangan yang baik. (19 Januari – 2 Maret 2015)
2. Setelah periode pendaftaran dokumen selesai, pendaftar akan dipanggil untuk seleksi wawancara. Untuk pendaftar yang lulus seleksi wawancara, harus membayar biaya penerjemahan dokumen ke Bahasa Rusia. (Maret 2015)
3. Setelah dokumen diterjemahkan dan disahkan oleh Kantor Konsuler Kedutaan Besar Federasi Rusia, dikirimkan oleh PKR ke Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Federasi Rusia. (April 2015)
4. Kementerian Rusia akan menempatkan pendaftar di 6 universitas usulan pendaftar. (Mei-Juli 2015)
5. Keputusan Kementerian Rusia diberitahukan melalui PKR dan diteruskan kepada penerima beasiswa. (Agustus 2015)
6. Mahasiswa menunggu invitation letter untuk membuat entry visa dan mempersiapkan keberangkatan ke Rusia. (September 2015)
7. Sebelum kuliah di bidang spesialisasi pilihan, mahasiswa akan kuliah di Fakultas Bahasa selama 1 tahun di Rusia (program ini gratis bagian dari program beasiswa).

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter