Beasiswa Riset di India – INSA-JRD Tata Fellowship

Program beasiswa riset ini lebih tepatnya ditujukan bagi para ilmuan, dosen, atau peneliti. INSA-JRD Tata Fellowship. Beasiswa riset di India yang ditawarkan Indian National Science Academy, sebuah organisasi ilmiah di India yang mewakili semua cabang sains dan teknologi.  Skema ini dikoordinasi oleh Centre for International Co-operation in Science (CICS) dengan tujuan memberikan pelatihan penelitian lanjutan bagi para ilmuan di negara-negara berkembang.

Beasiswa riset di India yang ditawarkan INSA-JRD Tata Fellowship berlangsung maksimum tiga bulan serta mencakup bidang ilmu utama, seperti sains, teknologi, teknik, atau pun kedokteran di lembaga-lembaga penelitian di India. 

Setiap tahun 10 beasiswa disediakan. Kandidat yang terpilih akan disediakan tiket penerbangan dari negara asal ke tempat kerja di India, asrama dan penginapan yang terafiliasi oleh institusi, dan tunjangan yang memadai dalam mata uang India untuk menutupi biaya insidental.

Para penerima beasiswa diperbolehkan untuk memilih periode beasiswa yang nyaman untuk mereka dan institusi tuan rumah.

Persyaratan: 
1. Pemohon (selain dari India) memiliki gelar master atau doktor pada bidang sains, atau gelar yang setara pada bidang teknik / kedokteran serta disiplin ilmu yang serumpun. 
2. Berusia di bawah 45 tahun (per 31 Desember dari tahun seleksi sebelumnya)
3. Terafiliasi dengan lembaga ilmiah atau akademik dari negara berkembang (selain dari India)
4. Memiliki paspor yang masih berlaku
5. Memperoleh surat penerimaan dari institusi tuan rumah India untuk pelatihan di India di bawah INSA-JRD Tata Fellowship (sesuai format)
Dokumen aplikasi
1. Curriculum vitae lengkap yang memuat tanggal lahir dan usia, minat riset dan pengalaman pemohon, publikasi, posisi saat ini, afiliasi ilmiah, penghargaan dan beasiswa, dll
2. Laporan singkat yang menjelaskan kegiatan penelitian yang diusulkan 
3. Cetak ulang dari 5 publikasi terbaik (5 tahun terakhir)
4. Dua pasfoto ukuran paspor '
5. Salinan ijazah terakhir
6. Surat persetujuan dari institusi induk 
7. Copy halaman pertama paspor yang memperlihatkan tanggal lahir, tanggal penerbitan, dan tanggal berakhir
8. Surat penerimaan dari institusi tuan rumah di India (sesuai format di halaman 6 formulir)

Pendaftaran: 
Lampirkan dokumen aplikasi yang diminta bersama formulir aplikasi dalam bentuk softcopy kemudian kirim ke email: dircics@gmail.com 

Selanjutnya kirimkan juga berkas fisiknya via pos ke: 

Director, CICS, No. 2, 
Gandhi Mandapam Road, 
Chennai-600 025, India.

Aplikasi harus diteruskan/dikirim oleh otoritas yang berwenang.

Aplikasi diterima dua kali dalam setahun yakni paling lambat 31 Oktober dan 30 April setiap tahunnya. Aplikasi yang masuk akan diteliti oleh komite seleksi dua kali dalam setahun yakni pada Mei dan dan November. Informasi lebih lanjut dan formulir aplikasi bisa diunduh melalui laman CICS (www.cics.tn.nic.in/interfellowships.htm). 
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..