Dibuka, Beasiswa S2-S3 Asian Development Bank (ADB)-JSP

Asian Development Bank (ADB) bekerjasama Japan Scholarship Program (JSP) mengumumkan penawaran beasiswa baru untuk S2 dan S3 tahun ini. Sasarannya, adalah mahasiswa dari negara anggota ADB, salah satunya Indonesia.

Beasiswa ADB-JSP merupakan pendanaan biaya pendidikan penuh dari Pemerintah Jepang dengan jangka satu hingga dua tahun, baik untuk gelar master maupun doktor.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh adalah pilihan perguruan tinggi yang berpartisipasi sebanyak 27 PT. Lokasinya tersebar di sepuluh negara, seperti Jepang, China, India, Hawaii (USA), Australia, Singapura, Filiphina, dan beberapa negara kawasan. 

Selain itu, penerima beasiswa juga mendapatkan biaya kuliah, uang saku bulanan, tunjangan perumahan, buku dan materi pengajaran, asuransi kesehatan dan biaya perjalanan.

Tahun ini disediakan sekitar 300 kursi yang bisa diperebutkan. Anda bisa mendapatkan formulir aplikasi dari perguruan tinggi yang dituju. Atau silakan lihat perguruan tinggi yang berpartisipasi.

Nantinya, lembaga akademis akan menyaring dan mengurutkan pelamar, berdasarkan kriteria seleksi sendiri, dengan tetap melihat persyaratan dan kriteria seleksi dari ADB.

Kemudian ADB akan meninjau kiriman dari lembaga-lembaga akademik dan merekomendasikan penerima beasiswa berdasarkan kriteria pemilihan ADB kepada Direktur Eksekutif di Jepang untuk persetujuan formal.

Download formulir beasiswa ADB-JSP di laman www.adb.org.

Aplikasi beasiswa harus dikirim setidaknya enam bulan sebelum masa perkuliahan. Masing-masing perguruan tinggi memiliki deadline yang berbeda. Lihat kembali link di atas.

Berikut persyaratan beasiswa:

1. Warga negara dari anggota peminjam ADB
2. Diterima masuk untuk studi S2 dan S3 di perguruan tinggi yang dituju
3. Memiliki gelar sarjana atau setara dengan catatan akademis yang unggul
4. Punya pengalaman kerja profesional setidaknya dua (2) tahun pada saat aplikasi
5. Mahir berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan
6. Usia tidak lebih dari 35 tahun pada saat aplikasi. Pengecualian bagi para pejabat senior dan manajer, batas usia adalah 45 tahun.
7. Memiliki kesehatan yang baik
8. Bersedia kembali ke negara asal setelah selesai studi.
9. Tidak berlaku bagi pejabat, manajamen, dan staf ADB. Begitupun dengan konsultan dan kerabat.
10. Tidak berlaku bagi pelamar yang tinggal atau bekerja di negara lain selain negara asal
11. ADB-JSP tidak menerima pelamar yang sudah menjadi mahasiswa dalam program gelar pascasarjana.
12. ADB-JSP tidak mensponsori studi sarjana, program pembelajaran jarak jauh, pelatihan jangka pendek, konferensi, seminar, penulisan skripsi, dan proyek-proyek penelitian.



Simak juga
» Peluang Beasiswa Terbaru S1, S2, dan S3 

Program pascasarjana yang bisa diikuti melalui beasiswa ADB-JSP:
Ekonomi, manajemen, kesehatan, pendidikan, pertanian, lingkungan, pengelolaan sumberdaya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan bidang yang terkait pembangunan.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:
ADB-Japan Scholarship Program
Office of Cofinancing Operations
Asian Development Bank
E-mail: adbjsp@adb.org
Fax: + 63 2 636 2444; + 63 2 636 2456
Facebook Twitter