Beasiswa Australia – Ini Daftar Peluangnya

Sederet peluang beasiswa di Australia terbuka lebar bagi mahasiswa di Tanah Air. Anda dapat menentukan pilihan beasiswa tersebut berdasarkan minat, strata, donatur, hingga cakupan beasiswa. Peluang beasiswa Australia ini tersedia tiap tahun. Perlu sedikit usaha agar beasiswa tersebut jatuh ke tangah Anda.

Dari sekian banyak beasiswa studi di Australia, berikut ini adalah beberapa beasiswa yang cukup populer dan rutin ditawarkan. Siapa tahu beasiswa Australia tersebut cocok di hati Anda dan sejalan dengan rencana studi yang telah dipersiapkan. Beasiswa dibagi dalam beberapa kategori, yakni beasiswa pemerintah Australia, beasiswa universitas Australia, dan beasiswa lembaga/donatur di Australia.

Beasiswa Pemerintah Australia
Pemerintah Australia menyediakan dana cukup besar untuk beasiswa internasional. Salah satu sasaran mereka adalah mahasiswa dari Indonesia. Beasiswa pemerintah Australia tersebut dikemas dalam beberapa skema sesuai dengan tujuan yang mereka harapkan, di antaranya:

Australia Awards Scholarships (AAS)
Beasiswa ini cukup familiar di Indonesia. Australia Awards Scholarships (AAS). Sebelumnya dinamai Australian Development Scholarships (ADS). Setiap tahun Beasiswa Australia Awards ditawarkan ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. AAS merupakan beasiswa top Pemerintah Australia dan dapat dipergunakan untuk mengambil studi S2 atau S3 di universitas Australia. Cakupan beasiswa sudah meliputi biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pp, asuransi kesehatan, hingga biaya visa. Jika memenuhi kriteria, Australia Awards dapat juga mencakup biaya pelatihan bahasa Inggris pra-kuliah, dukungan akademis tambahan, biaya kerja lapangan untuk kegiatan penelitian, serta tiket kunjungan bagi penerima beasiswa tanpa pendamping.

Endeavour Scholarships
Endeavour Scholarship juga merupakan skema beasiswa penuh Pemerintah Australia. Beasiswa Endeavour disediakan untuk berbagai jenjang studi, mulai dari diploma, master, PhD, hingga program riset dan pelatihan profesional. Beasiswa yang diberikan sudah mencakup biaya kuliah, uang saku bulanan, tunjangan perjalanan, tunjangan establishment, asuransi kesehatan, hingga asuransi perjalanan. Beasiswa ditawarkan tiap tahun. Biasanya awal tahun pengumumannya sudah keluar.

International Postgraduate Research Scholarship (IPRS)
Beasiswa ini cocok bagi Anda yang mengincar beasiswa S2 riset di Australia. Selain S2, peluang juga terbuka untuk pelamar S3 riset.  International Postgraduate Research Scholarship (IPRS). Beasiswa IPRS disediakan Pemerintah Australia bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi mereka di universitas-universitas Australia. Jika terpilih, IPRS akan menyediakan biaya kuliah serta asuransi kesehatan. Selain itu disediakan pula asuransi kesehatan bagi keluarga yang dibawa.

Beasiswa Universitas Australia
Selain beasiswa Pemerintah Australia, beasiswa universitas Australia juga banyak tersedia. Program beasiswa ini disediakan langsung oleh universitas-universitas di negeri kanguru tersebut. Berikut di antaranya:

Melbourne International Research Scholarships (MIRS)
MIRS merupakan beasiswa S2 dan S3 berbasis riset di University of Melbourne, Australia.  MIRS merupakan beasiswa penuh yang menanggung sebagian besar kebutuhan studi, seperti biaya hidup, bantuan relokasi, tunjangan tesis atau disertasi, serta tunjangan berobat, melahirkan, serta cuti orang tua. Beasiswa University of Melbourne diberikan selama dua tahun untuk program master dan tiga tahun untuk program PhD. Ada ratusan kursi yang disediakan.

Sydney Achievers International Scholarships
The University of Sydney menawarkan beasiswa sarjana (S1) dan master (S2) melalui Sydney Achievers International Scholarships. Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar mancanegara yang berminat kuliah di kampus Australia tersebut. Tiap tahun biasanya sekitar 100 beasiswa dialokasikan. Beasiswa University of Sydney ini berupa tanggungan biaya kuliah dan dalam bentuk parsial. Rincian beasiswa yang diberikan adalah AUD$ 10,000 per tahun bagi mahasiswa S1 dan AUD$ 15,000 - 20,000 untuk studi S2 dengan durasi program 1,5 - 2 tahun. Nilai tersebut bisa berubah sesuai kebijakan universitas.

Monash International Scholarship
Bagi Anda yang mengincar beasiswa di universitas Australia. Kampus satu ini juga paling rajin menawarkan beasiswa. Monash University menawarkan beberapa beasiswa luar negeri sekaligus, di antaranya Monash International Scholarship for Excellence, Monash International Leadership Scholarship, dan Monash International Merit Scholarship. Ketiga beasiswa tersebut biasanya disediakan dalam bentuk biaya kuliah. Beasiswa tersebut dapat dipergunakan untuk studi S1 atau S2 di Monash University.

Flinders International Postgraduate Research Scholarship (FIPRS)
FIPRS merupakan beasiswa S2 dan S3 riset di Flinders University. Beasiswa ini memberi kesempatan bagi mereka yang memiliki prestasi akademik untuk mengambil studi master maupun doktor mereka di Flinders University. Beasiswa berdurasi dua tahun untuk program master dan tiga tahun untuk program PhD. Mereka yang berhasil memperoleh beasiswa FIPRS akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan dan tunjangan hidup. Selain itu disediakan juga tunjangan pembentukan saat pertama kali tiba.

Adelaide Scholarships International (ASI)
Program beasiswa ini dibuka untuk studi master by research dan doctoral by research (PhD) di The University of Adelaide, Australia. Adelaide Scholarships International (ASI). Beasiswa Universitas Adelaide ini menyediakan tanggungan biaya kuliah selama dua tahun untuk gelar master dan tiga tahun untuk doktor. Perpanjangan beasiswa dimungkinkan untuk gelar doktor. Selain biaya kuliah, ASI juga memberikan tunjangan hidup untuk master dan doktor. Tunjangan hidup tersebut diberikan per tahun selama durasi beasiswa. Jika peraih beasiswa mengantongi visa subclass 574, juga berhak mendapatkan biaya asuransi kesehatan.

Vice-Chancellor’s International Scholarships
Beasiswa ini ditujukan bagi pelamar internasional yang ingin melanjutkan studi S1 atau S2 di Macquarie University. Vice-Chancellor’s International Scholarships. Beasiswa Vice-Chancellor’s merupakan beasiswa parsial (parohan) yang menanggung biaya pendidikan di Macquarie University. Nilainya hingga AUD$ 10.000 atau Rp 100 juta lebih dan bisa diikuti untuk studi yang diambil di kampus North Ryde, Macquarie University.

Curtin International Postgraduate Research Scholarships (CIPRS)
Program beasiswa di Curtin University ini ditawarkan melalui Curtin International Postgraduate Research Scholarships (CIPRS). Beasiswa riset ini meliputi studi jenjang S2 dan S3 di kampus tersebut. Curtin University menjaring para mahasiswa internasional berbakat dengan berprestasi untuk melanjutkan studi di Australia. Bagi Anda yang berhasil memenangkan beasiswa CIPRS, disediakan biaya kuliah selama dua tahun untuk master (S2) dan maksimal tiga setengah tahun bagi gelar doktor (S3). Penerima beasiswa biasanya juga ditawarkan uang saku bulanan.

Science Postgraduate Excellence Scholarships
Jika Anda ingin mendalami sains di Australia, ada baiknya mencoba penawaran beasiswa S2 dari Fakultas Sains University of Queensland. Beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia. Ada dua jenis tingkatan beasiswa yang ditawarkan University of Queensland, yaitu Science Postgraduate Excellence Scholarships. Total nilai beasiswa AU $ 12.000. kemudian Science Postgraduate Merit Scholarships. Total nilai beasiswa AU $ 5.000. Nilainya bisa saja berubah sesuai kebijakan kampus.

Beasiswa Lembaga/Donatur di Australia
Skema ini juga rutin ditawarkan bagi mahasiswa internasional. Ada beberapa lembaga/donatur di Australia yang rutin menawarkan beasiswa untuk studi di Australia, di antaranya:

Rotary Peace Fellowships
Rotary International membuka program beasiswa master dan pelatihan profesional di bidang perdamaian. Rotary secara khusus menawarkan program beasiswa ini melalui skema Rotary Peace Fellowships. Selain terbuka untuk umum, kesempatan luas juga diberikan bagi Anda yang bekerja di pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, militer, penegak hukum, maupun organisasi internasional lainnya seperti PBB dan Bank Dunia.

Beasiswa master diberikan secara penuh dengan menanggung biaya kuliah di salah satu Rotary Peace Center, tempat tinggal, transportasi pp, dan semua biaya magang/studi lapangan. Di Australia, studi bisa diambil di University of Queensland.

International Water Center (IWC) Scholarships
Demi pengembangan sumber daya air secara terpadu, International Water Center (IWC) yang berkantor di Australia bekerjasama sejumlah perguruan tinggi ternama Australia, seperti The University of Queensland, Griffith University, Monash University, dan The University of Western Australia menyediakan beasiswa master (S2) bagi mahasiswa internasional. Beasiswa berupa biaya kuliah penuh untuk program Master of Integrated Water Management (MIWM) yang bisa diambil di universitas tersebut. Beasiswa IWC ini juga rutin ditawarkan tiap tahun.
Facebook Twitter Google