Beasiswa Emile-Boutmy di Sciences Po, Perancis

Selain beasiswa Eiffel, Anda yang berminat melanjutkan studi di Perancis juga bisa memanfaatkan beasiswa-beasiswa dari universitas. Sciences Po misalnya. Universitas yang berlokasi di jantung kota Paris ini menyediakan beasiswa S1 dan S2 bagi pelajar di luar Uni Eropa yang dibuka setiap tahunnya. Beasiswa ini disediakan melalui skema Emile-Boutmy Scholarship. Targetnya adalah mahasiswa-mahasiswa internasional berprestasi yang berminat melanjutkan pendidikan S1 atau S2 di Sciences Po. 

Di kampus itu sendiri memiliki beragam jurusan yang bisa dilamar dengan menggunakan beasiswa Emile-Boutmy. Jurusan tersebut tergabung dalam beberapa departement, di antaranya Department of Economics, Department of History, Department of Political Science, Department of Sociology, dan Law School. Untuk mengetahui detil jurusan yang tersedia, pelamar bisa memeriksanya langsung melalui laman universitas pada departemennya masing-masing. 

Beasiswa yang disediakan dalam bentuk biaya kuliah yang dikelompokkan dalam beberapa klasifikasi berdasarkan nominal beasiswa yang diterima. 
Beasiswa S1 di Sciences Po berupa:
› Biaya kuliah € 13.000 per tahun selama tiga tahun program sarjana
› Biaya kuliah € 8.800 per tahun selama tiga tahun program sarjana
› Biaya kuliah € 6.000 per tahun selama tiga tahun program sarjana
› Biaya kuliah € 3.600 per tahun selama tiga tahun program sarjana

Beasiswa S2 di Sciences Po berupa: 
› Biaya kuliah € 12.000 per tahun selama dua tahun program master

Persyaratan: 
1. Pelamar pertama kali mengajukan beasiswa Emile-Boutmy
2. Bukan warganegara dari Uni Eropa
3. Tidak mengajukan pajak ke Uni Eropa bagi yang berumah tangga
4. Telah diterima untuk program sarjana atau master

Simak juga » Daftar Beasiswa S2, S3 di Perancis untuk Indonesia

Pendaftaran: 
Saat mendaftar ke universitas (www.sciencespo.fr) dan mengisi formulir aplikasi mahasiswa, pada bagian “Financial information” sebutkan di formulir tersebut bahwa Anda mengajukan Emile-Boutmy Scholarship.  Sertakan juga bukti pendapatan dan dokumen yang menjelaskan situasi keuangan keluarga (misalnya, pajak pendapatan kedua orang tua, slip gaji, dokumen yang berkaitan dengan tunjangan, tunjangan pensiun, akte kematian, dll). Selain itu, pelamar juga diminta melampirkan bukti kemampuan bahasa.

Deadline pendaftaran kuliah sekaligus beasiswa di Science Po 2022 – 2023 untuk jenjang sarjana (S1) adalah pertengahan Februari 2022 dan 30 November 2021 untuk program master (S2). Anda juga dapat melakukan sambungan internasional melalui call center Tel : + 33 (0)1 45 49 50 82 untuk informasi pertanyaan atau kunjungi laman Sciences Po di atas. Semoga berhasil!
Facebook Twitter