Beasiswa Training dan S2 di Luar Negeri Full

Punya impian mengikuti training di luar negeri atau melanjutkan kuliah S2, tapi belum kesampaian. Beasiswa VLIR-UOS mungkin bisa mewujudkan impian tersebut. Beasiswa ini dibuka setiap tahun melalui programnya VLIR-UOS Awards Scholarships. Beasiswa VLIR-UOS ditujukan bagi pelamar dari negara kawasan tertentu, yakni Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Untuk Asia, pelamar dari Indonesia salah satu yang diberi kesempatan khusus mengikuti beasiswa pelatihan dan studi S2 ini.

Beasiswa VLIR-UOS memberikan kesempatan bagi penerimanya untuk mengikuti training atau kuliah S2 di universitas-universitas atau lembaga pendidikan yang ada di Flandria, Belgia. Beberapa universitas yang ada di negara bagian tersebut seperti  KU Leuven, University of Antwerp, Ghent University, dan University of Hasselt. Selain itu ada pula sejumlah college yang bisa menjadi tujuan untuk mengikuti pelatihan.

Program beasiswa S2 ditawarkan melalui Scholarships for Master Programmes (ICP Connect) dengan diikuti 15 program master (ICP) dari 5 universitas di Belgia. Program S2 tersebut berdurasi 1 atau 2 tahun dengan jumlah kredit mata kuliah 60 atau 120 ECTS. Kuota beasiswa untuk tiap ICP adalah 10 kursi. Jadi total beasiswa S2 yang disediakan sekitar 150 kursi.

Sementara, untuk program training beasiswa VLIR-UOS ditawarkan melalui International Training Programmes (ITP). Ada 9 pilihan program training (ICP) yang bisa diikuti. Sebanyak 12 kursi beasiswa ditawarkan untuk masing-masing ITP.
Yang menarik dari Beasiswa VLIR-UOS adalah beasiswa disediakan penuh. Sesuai durasi program atau pelatihan yang diikuti. Training yang ditawarkan berdurasi 2 minggu sampai 3 bulan. Sedangkan beasiswa S2 berlangsung 1 atau 2 tahun, tergantung lamanya perkuliahan yang dipilih. 

Penerima beasiswa training akan memperoleh uang saku sebesar € 1.400 per bulan, biaya bangku, biaya visa, biaya legalisasi dokumen, biaya perjalanan terkait program, dan asuransi. Selain itu kandidat penerima beasiswa training juga mendapatkan tanggungan biaya tiket pulang, serta tanggungan penuh biaya pelatihan/pendidikan. 

Bagi penerima beasiswa S2, VLIR-UOS memberikan tunjangan bulanan sebesar € 1.150, biaya visa, biaya legalisasi dokumen, biaya perjalanan lokal ke kedutaan atau bandara, tunjangan logistik, serta biaya perjalanan yang berhubungan dengan program. Selain itu disediakan pula asuransi, biaya tiket perjalanan pp internasional, dan tanggungan full biaya kuliah. Menarik sekali bukan?
 
FOLLOW INSTAGRAM » @beasiswapasca

Program yang ditawarkan: 
Program Training
› Sustainable Development and Global Justice (University of Antwerp)
› Modern breeding techniques formaize (Ghent University)
› International training on Epidemiology, Biostatistics and Qualitative research methods (University of Antwerp)
› International Module for Spatial Development Planning (KU Leuven)
› Summer School for Strengthening Diagnostic and Stewardship capacity for Teaching Hospitals (University of Antwerp)
› Clinical Nutrition –from practice to research questions (KU Leuven)
› A Circular Coaching Program Bridging the Sustainability Needs of Entrepreneurs (University of Hasselt)
› Platform development for an E-learning system in Biostatistics/Statistics (University of Hasselt)
› Empowering Vulnerable Children and Young People (UCLL)

Program Master 1 Tahun
› Master of Cultural Anthropology and Development Studies (CADES) (KU Leuven)
› Master of Development Evaluation and Management (University of Antwerp)
› Master of Governance and Development (University of Antwerp)
› Master of Globalization and Development (University of Antwerp)
› Master of Human Settlements (KU Leuven)

Program Master 2 Tahun
› International Master of Science in Rural Development (IMRD) (Ghent University)
› Master of Aquaculture (IMAQUA) (Ghent University)
› Master of Agro- and Environmental Nematology (Ghent University)
› Master of Epidemiology (University of Antwerp)
› Master of Science in Food Technology (KU Leuven & Ghent University)
› Master of Science in Marine and Lacustrine Science and Management (Vrije Universiteit Brussel, Ghent University & University of Antwerp)
› Master of Statistics and Data Science (University of Hasselt)
› Master in Sustainable Development (KU Leuven)
› Master of Transportation Sciences (University of Hasselt)
›  Master of Water Resources Engineering (WRE) (KU Leuven & Vrije Universiteit Brussel)

Simak juga » Daftar Program Beasiswa S2 yang Sedang Buka

Persyaratan:
Program S2 (ICP):
1. Warganegara dan penduduk tetap salah satu dari 29 negara yang memenuhi syarat saat pendaftaran (Indonesia salah satunya)
2. Berusia maksimum 35 tahun untuk program master 1 tahun, 45 tahun maksimum untuk program master 2 tahun. Kandidat tidak boleh melebihi usia ini pada tanggal 1 Januari tahun penerimaan.
3. Diutamakan kandidat yang berasal dari institusi pendidikan atau institusi penelitian, pemerintahan, ekonomi sosial, LSM, atau mereka yang berkeinginan mengambil karir di sektor tersebut. Meskipun demikian, pelamar yang bekerja di sektor profit atau baru lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman kerja juga memenuhi syarat untuk mendaftar ke program master. Tergantung pada motivasi dan profil mereka.
4. Calon hanya dapat mengajukan satu permohonan beasiswa ICP Connect per tahun (dari 15 program).
5. Kandidat program master belum pernah menerima beasiswa dari Pemerintah Belgia untuk mengikuti program master atau setara atau belum pernah terdaftar di institusi pendidikan tinggi Flandria untuk mengikuti program master atau setara sebelum 1 Januari dari tahun perkuliahan.
 

Program training (ITP):
1. Warganegara dan penduduk tetap salah satu dari 31 negara yang memenuhi syarat saat pendaftaran (Indonesia salah satunya)
2. Diutamakan kandidat yang berasal dari institusi pendidikan atau institusi penelitian, pemerintahan, ekonomi sosial, LSM, atau mereka yang berkeinginan mengambil karir di sektor tersebut. Kandidat pelatihan harus memiliki pengalaman profesional yang relevan dan surat dukungan yang mengkonfirmasi (kembali) integrasi dalam konteks profesional di mana pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh akan segera diterapkan.
3. Kandidat yang bekerja di universitas di mana VLIR-UOS telah mendanai proyek IUC, TIM atau SI, dapat menerima beasiswa ITP-ICP jika mereka menjelaskan alasan motivasi pendaftaran dan mengklarifikasi mengapa berpartisipasi pada program ICP tidak dapat didanai sebagai bagian dari program IUC, TIM atau SI atau dana proyek yang ada.
4. Calon potensial hanya dapat mengajukan satu permohonan beasiswa per tahun - terlepas dari jenis beasiswa - dan oleh karena itu hanya dapat dipilih untuk salah satu beasiswa per tahun.
5. Calon yang telah menerima beasiswa untuk berpartisipasi dalam ITP lain, tidak memenuhi syarat. Calon yang sudah menerima beasiswa untuk berpartisipasi dalam ICP (atau sebaliknya) hanya dapat dipilih jika perkuliahan yang dijalani sebelumnya secara tematis terkait dengan ITP.
Pendaftaran: 
Untuk mengajukan beasiswa VLIR-UOS 2022 - 2023, pelamar terlebih dahulu harus mendaftar ke program training / master di universitas atau perguruan tinggi yang ditawarkan. Pilih salah satu. (Lihat laman VLIR-UOS: Program S2; Program Training). Nah, saat mengajukan pendaftaran kuliah ke universitas tersebut, jelaskan bahwa Anda ingin diusulkan untuk beasiswa VLIR-UOS. Nantinya, koordinator program yang akan mengusulkan Anda ke VLIR-UOS sebagai salah seorang calon penerima beasiswa. Namun, ada juga universitas yang sudah menyiapkan formulir beasiswa, sehingga pelamar cukup melampirkan formulir tersebut bersamaan dengan berkas pendaftaran kuliah. Misalnya University of Antwerp. Silakan ikuti teknis pendaftarannya di masing-masing program.

Batas akhir pendaftaran beasiswa ditetapkan oleh masing-masing program universitas. Sebagian besar deadline program S2 adalah 1 Februari 2022, kemudian 28 Februari 2022, dan 1 Maret 2022. Sementara, untuk program training baru akan dibuka mulai 3 Februari 2022 s/d 19 April 2022. Peserta bisa memeriksa detilnya melalui website VLIR-UOS.
 
Peserta akan menerima pemberitahuan hasil seleksi melalui e-mail, segera setelah seleksi dan paling lambat pertengahan Juni 2022.
 
Kriteria seleksi:
1. Motivasi (Lihat Cara Menulis Motivation Letter Beasiswa)
2. Pengalaman profesional
3. Keseimbangan gender
4. Keseimbangan regional
5.  Dalam hal kandidat memiliki kualifikasi yang sama, preferensi akan diberikan kepada kandidat dari kelompok rentan.
6. Diutamakan kandidat yang belum pernah menerima beasiswa untuk belajar di negara berpenghasilan tinggi (sarjana atau master). 

Kontak
[e] scholarships@vliruos.be
[t] +32 2 289 05 50
Julien Dillensplein 1, Box 1A
1060 Brussels | Belgium
[w] https://www.vliruos.be
Facebook Twitter