Beasiswa Training Guru ke Jepang 2019 (SD, SMP, SMA/SMK/MA)

Kesempatan beasiswa training guru ke Jepang kembali dibuka Pemerintah Jepang 2019. Beasiswa ini disebut juga dengan Teacher Training Program. Sebuah program penataran guru yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidang. Beasiswa ini sendiri termasuk dari salah satu Beasiswa Monbukagakusho yang ditawarkan Pemerintah Jepang. Para guru akan diberikan pelatihan cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal lain yang bisa meningkatkan kualitas dan kemampuan guru. 

Beasiswa pelatihan guru ke Jepang 2019 ini berlangsung 1 tahun 6 bulan dan termasuk program non gelar. Pada 6 bulan pertama, kandidat terpilih akan belajar bahasa Jepang yang dimulai September atau Oktober 2019. Sasaran dari beasiswa ini adalah guru SD, SMP, SMA, SMK, MA, dan sederajat.

Yang menarik dari beasiswa training guru di Jepang ini adalah pelamar diberikan beasiswa tanpa perlu ikatan dinas, kemudian disediakan tiket pesawat pp Indonesia – Jepang, biaya pendidikan ditanggung penuh, bebas biaya pembuatan visa pelajar, serta diberikan tunjangan hidup ¥ 143.000 per bulan (± Rp 16 juta) yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang. Selain itu, beberapa universitas menyediakan asrama (biaya dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan), dan khusus untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan. Menarik bukan? 

Persyaratan: 
1. Usia maksimal 34 tahun pada tanggal 1 April 2019 (lahir pada atau setelah 2 April 1984)
2. Lulusan minimal D4 atau S1
3. Guru (pegawai negeri, swasta, honorer) yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal SD, SMP, SMA dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB
4. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2019
5. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
6. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil saat melamar maupun saat keberangkatan)
7. Bersedia belajar bahasa Jepang
8. Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan karirnya sebagai guru setelah program beasiswa berakhir.
9. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan baca pada tautan berikut (klik di sini –pdf)
Dokumen aplikasi: 
1. Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online (4 lembar)
Lembar yang berisi nomor ujian pelamar (pelajari bagian Prosedur Pendaftaran poin 2-3).
2. Application Form 2019 (4 rangkap) (Unduh)
Formulir harus diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.
● Research Plan (Rancangan Penelitian) (4 rangkap)
Pada kolom “Research Plan” yang terdapat pada “Application Form” (lihat hal. 5 – 6 Application Form), rancangan penelitian dibuat minimal 150 kata dalam bahasa Inggris atau minimal 300 karakter dalam bahasa Jepang. Apabila tidak cukup pada kolom yang tersedia, silakan ditambahkan pada kertas lampiran.
● Pasfoto berwarna (4 lembar)
Formal. Lartar polos. Warna latar bebas. Diambil 6 bulan terakhir, ukuran 3,5cm x 4,5cm atau 3x4cm. Pasfoto ditempel pada kotak untuk menempel foto yang tersedia pada Formulir Pendaftaran (Application Form 2019)
3. Placement Preference Application Form 2019 (4 Lembar) (Unduh)
Formulir harus diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.
● Pilih maksimal 5 universitas yang terdapat dalam “Course Guide of Teacher Training Program”.(Unduh)
4. Fotokopi transkrip nilai (4 rangkap).
Transkrip nilai harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan dilegalisasi atau dicap basah asli oleh perguruan tinggi pelamar. Untuk transkrip nilai hasil terjemahan, harap dilegalisasi atau dicap basah asli juga oleh perguruan tinggi pelamar pada hasil terjemahannya. Harap tidak melampirkan transkrip nilai dalam bahasa Indonesia.
5. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir (4 rangkap).
Ijazah harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan dilegalisasi atau dicap basah asli oleh perguruan tinggi pelamar. Untuk transkrip nilai hasil terjemahan, harap dilegalisasi atau dicap basah asli juga oleh perguruan tinggi pelamar pada hasil terjemahannya. Harap tidak melampirkan transkrip nilai dalam bahasa Indonesia.
6. Surat keterangan dari tempat mengajar (Unduh contoh)
Surat yang menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini. Surat disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dilegalisasi/dicap basah oleh sekolah. Surat harus dibuat dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.
Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya. Surat dilegalisasi/dicap basah oleh sekolah sebelumnya tersebut.
7. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah tempat mengajar sekarang (4 lembar) (Unduh)
Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris. Format bebas atau gunakan form yang telah tersedia. Tanda tangan surat rekomendasi harus asli dan tidak boleh hasil scan.
8. Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa asing (4 lembar)
Bila ada/ bila sudah memiliki saja (opsional/ tidak wajib).

Catatan:
1. Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4. Apabila tidak bisa, silakan lipat menjadi seukuran A4
2. Dokumen jangan di-steples, jangan dijilid, jangan dilubangi, cukup di-klip saja agar tidak tercecer.
3. Dokumen dibuat sebanyak 4 bundel (1 bundel asli** dan 3 bundel fotokopi) yang disusun sesuai urutan (poin 1 sampai 8).
   ** yang dimaksud dengan asli adalah fotokopi dari ijazah, transkrip nilai dan surat keterangan dan rekomendasi yang telah dilegalisasi atau dicap basah asli oleh instansi penerbit dokumen tersebut.
4. Untuk dokumen asli tidak boleh hasil scan.
5. Mohon untuk tidak melampirkan ijazah dan transkrip nilai original.
6. Untuk sertifikat kemampuan bahasa asing, cukup lampirkan fotokopinya saja.
7. Tidak perlu melampirkan dokumen lain yang tidak diminta.
8. Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan sesuai instruksi. Bagi dokumen yang tidak sesuai instruksi tidak akan diproses.


Prosedur Pendaftaran: 
1. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang boleh mendaftar.
2. Pelamar melakukan registrasi online terlebih dahulu melalui website berikut: http://register.beasiswamext.or.id
3. Setelah melakukan registrasi online, Anda akan menerima e-mail konfirmasi. Silakan print-out e-mail tersebut dan harap mengingat “Nomor Ujian” yang Anda terima. Apabila dalam 5 menit Anda tidak menerima e-mail konfirmasi, silakan cek kotak spam pada e-mail Anda.
4. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Daftar dokumen dapat dilihat pada keterangan sebelumnya.
5. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi dan disusun sesuai urutan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran bebas asalkan bisa memuat seluruh dokumen, jenis bebas). Silakan tulis kode “Teacher Training 2019”pada kanan atas amplop.
6. Berkas dikirim atau diserahkan langsung ke:
    Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
    Kedutaan Besar Jepang
    Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350
7. Tidak menerima dokumen yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.
8. Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 15 JANUARI 2019.
9. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima sebelum deadline yang akan diproses. Dokumen yang telah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Tahap seleksi:
I. Tahap Primary Screening
   1. Seleksi Dokumen.
      Pengumuman hasil seleksi dokumen akan ditampilkan di situs Kedutaan Besar Jepang dengan menampilkan Nomor Ujian pelamar pada tanggal 31 Januari 2019. Bagi yang lulus seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tulis.
   2. Ujian Tulis
      Pada tahap ini peserta akan menghadapi ujian bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Ujian diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar
   3. Ujian Wawancara
      Bagi yang lulus seleksi ujian tulis akan dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Biaya transportasi dan akomodasi tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang.
II. Tahap Secondary Screening
    1. Bagi yang lulus primary screening akan Kedutaan Besar Jepang rekomendasikan ke Monbukagakusho/MEXT. Berkas peserta akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain pada tahap ini.
    2. Peserta yang lulus seleksi akhir (secondary screening) di Monbukagakusho/MEXT akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman hasil seleksi akhir akan diumumkan pada bulan Juli 2019.

Jadwal seleksi:
Masa Pendaftaran: 13 Desember 2018 – 15 Januari 2019
Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen: 31 Januari 2019
Ujian Tulis: 7 Februari 2019*
Pengumuman Hasil Ujian Tulis: 18 Februari 2018*
Ujian Wawancara: 25 - 26 Februari 2019
Pengumuman Hasil Ujian Wawancara: 1 Maret 2019
Pengumuman Final dari MEXT: Juli 2019
Berangkat ke Jepang: September 2019

*Jadwal ujian dapat berubah

Nah, bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang guru dan ingin meningkatkan keahlian dan profesionalisme, beasiswa training guru 2019 dari Pemerintah Jepang ini patut Anda coba.

Kontak:
e: beasiswa@dj.mofa.go.jp
t: (021) 3192-4308
w: www.id.emb-japan.go.jp
Facebook Twitter