Beasiswa di KAIST Korea untuk S1 Full

Pilihan beasiswa di Korea bisa dikatakan cukup banyak. Ada yang ditawarkan rutin oleh Pemerintah Korea. Tapi, tidak sedikit juga disediakan langsung oleh universitas atau perguruan tinggi setempat. Seperti yang ditawarkan kampus ini, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Salah satu beasiswa rutin yang disediakan KAIST adalah KAIST International Student Scholarship. Beasiswa tersebut disediakan khusus bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia.

Beasiswa KAIST tersedia bagi lulusan SLTA yang ingin melanjutkan S1 di sejumlah program studi di KAIST, di antaranya fisika, matematika, kimia, biologi, teknik mesin, teknik penerbangan, teknik listrik, ilmu komputer, teknik sipil dan lingkungan, desain industri, sistem dan teknik industri, teknik bio dan brain, teknik kimia dan biomolekuler, ilmu dan teknik material, teknik nuklir dan quantum, dan manajemen bisnis dan teknologi.

Beasiswa yang disediakan KAIST termasuk beasiswa full. Kandidat yang terpilih akan dibebaskan dari semua biaya pendidikan selama menjalani studi S1 di KAIST (8 semester). Dengan catatan bisa mempertahankan hasil prestasi. Selain itu diberikan tunjangan biaya hidup sebesar 350.000 KRW per bulan, serta asuransi kesehatan dari KAIST. Yang tidak termasuk dalam beasiswa ini seperti biaya asrama serta biaya perjalanan ke Korea. Biaya tersebut harus disediakan sendiri oleh peserta.
 
 
Program studi:
• Physics   
• Mathematical Sciences   
• Chemistry
• Biological Sciences   
• Mechanical Engineering   
• Aerospace Engineering
• Electrical Engineering   
• Computer Science   
• Civil & Environmental Engineering
• Bio & Brain Engineering   
• Industrial Design   
• Industrial & Systems Engineering
• Chemical & Biomolecular Engineering   
• Materials Science & Engineering   
• Nuclear & Quantum Engineering
• Business & Technology Management   
• School of Transdisciplinary Studies 

Persyaratan:
1. Beasiswa KAIST ditawarkan bagi mahasiswa yang diterima kuliah
2. Mahasiswa harus mempertahankan IPK lebih dari 2,7 dari skala 4,3 di KAIST setelah tahun pertama.
3. Untuk perkuliahan yang dimulai musim semi 2021, kandidat telah lulus atau akan lulus SMA/sederajat paling lambat 28 Februari 2021
4. Untuk perkuliahan yang dimulai mesim gugur 2021, kandidat telah lulus atau akan lulus SMA/sederajat paling lambat 31 Agustus 2021
5. Bukan warganegara Korea

Simak juga » Beasiswa S1 dan S2 di K'ARTS Korea

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi (diisi online)
2. Sebuah surat rekomendasi (diisi online)
3. Profil sekolah (SMA/sederajat)
4. Transkrip nilai rapor SMA/sederajat (3 tahun)
5. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Disarankan minimal skor TOEFL iBT 83, IELTS 6.5, atau TOEIC 720
6. Dokumen yang menunjukan kewarganegaraan pelamar dan kedua orangtua (paspor atau KTP)
7. Statement of Financial Resource
8. Laporan Resmi Standarisasi Penilai Tes (opsional)
9. Prestasi dan Penghargaan (opsional)

Dokumen aplikasi poin 1 – 7 wajib dilengkapi. Untuk poin 8-9 merupakan opsional. Keterangan lebih lanjut mengenai dokumen aplikasi yang diminta bisa dipelajari di panduan pendaftaran KAIST 2021 (Unduh).
 
FOLLOW INSTAGRAM @beasiswapasca

Pendaftaran:
Sebelum mengajukan beasiswa S1 di KAIST Korea, perlu dipahami bahwa pendaftaran beasiswa dan pendaftaran kuliah satu paket. Tidak diperlukan aplikasi terpisah. Pelamar internasional secara otomatis akan dipertimbangkan ke program beasiswa. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan pelamar.

Pertama, melengkapi formulir aplikasi online KAIST untuk mahasiswa internasional. Pendaftaran online tersedia mulai 1 September 2020 di: https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/

Setelah melengkapi formulir online, tahap berikutnya pelamar perlu membayar biaya pendaftaran kuliah sebesar USD 80 via kartu kredit atau transfer bank.

Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, pelamar selanjutnya bisa mengakses laman 'Doc. Submission'. Di laman tersebut Anda dapat menggunggah dokumen aplikasi pendaftaran kuliah sekaligus untuk program beasiswa di KAIST.

Selanjutnya, setelah mengirimkan dokumen aplikasi, Anda bisa mengecek status aplikasi yang dikirim secara online di akun yang telah dibuat di laman: https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/InterApply/Login

Tujuannya untuk memastikan apakah dokumen yang telah dikirimkan sudah diterima atau belum atau ada dokumen yang belum lengkap, sehingga bisa disusul segera sebelum deadline berakhir.

Jika diperlukan wawancara, pelamar akan dihubungi oleh pihak KAIST. Hasil akhir proses seleksi universitas sekaligus beasiswa bisa dicek kembali melalui laman login yang sama di atas.

Anda bisa memilih salah satu jadwal pendaftaran beasiswa KAIST untuk program S1 yang dibuka tiga putaran:

Early:
Pendaftaran online dan deadline pengajuan aplikasi : 1 September 2020 – 23 Oktober 2020
Pemberitahuan hasil seleksi : 4 Januari 2021
Mulai perkuliahan : musim semi 2021

Reguler:
Pendaftaran online dan deadline pengajuan aplikasi : 9 November 2020 – 8 Januari 2021
Pemberitahuan hasil seleksi : 26 Maret 2021
Mulai perkuliahan : musim gugur 2021

Late:
Pendaftaran online dan deadline pengajuan aplikasi : 1 Maret 2021 – 29 Juni 2021
Pemberitahuan hasil seleksi : 28 Mei 2021
Mulai perkuliahan : musim gugur 2021

Kontak:
[t]: +82-42-350-4803
[e]: creative.adm@kaist.ac.kr
[w]: https://admission.kaist.ac.kr
Facebook Twitter