Beasiswa Google untuk Peneliti, Dosen, dan Mahasiswa

Kehadiran Google di Indonesia mulai merambah ke dunia pendidikan. Bekerjasama ICT Watch, Google melalui Google Policy Fellowship menawarkan beasiswa yang ditujukan bagi dosen, peneliti, dan mahasiswa di tanah air. Fokus beasiswa ini adalah penelitian terhadap kebijakan internet di Indonesia saat ini.

Bagi Anda yang tertantang, disediakan beasiswa masing-masing USD 7.500 atau setara Rp 68 juta plus menjadi relawan ICT Wacth selama 10 minggu.

Ada enam topik penelitian yang bisa diambil, meski tidak dibatasi oleh penyelenggara.
1. Freedom of Expression: Melindungi kebebasan berekspresi dari sensor, dan memperjuangkan hak individu untuk berkomunikasi, mempublikasikan dan memperoleh informasi berdasarkan netralitas, partisipasi masyarakat secara online, maupun civil jurnalisme.
2. Human Rights: Bekerja untuk mempromosikan nilai-nilai demokrasi, pluralisme, aksesibilitas dan hak asasi manusia di media online nasional.
3. Internet Safety: Mendukung dalam semua kegiatan yang berkaitan dengan program Internet Sehat seperti privasi online dan keamanan, intimidasi cyber, kejahatan cyber, dll.
4. Open Government: Mempromosikan hak publik untuk mengetahui tentang informasi yang dikumpulkan, disebarkan dan dipelihara oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan kesadaran publik.
5. ICT for Women & SME: Mengembangkan, mempromosikan dan mendukung program dan konten untuk meningkatkan keterampilan ICT bagi usaha kecil-menengah kaum perempuan, sehingga dapat memberdayakan diri mereka sendiri.
6. Drafting, creating, and updating: website/online FAQ, dan setiap konten yang relevan melalui media, saluran, maupun sumber daya untuk isu-isu tersebut di atas.

Syarat-syarat yang diperlukan:
• Proposal penelitian (maksimal 2 halaman format PDF)
• Curikulum vitae (maksimal 2 halaman format PDF)
• Scan ijazah mulai sarjana hingga pendidikan terakhir (maksimal 250 KB)
• Bukti pengalaman seperti:
  ~ Deskripsi pendek tentang pengalaman akademik, profesional, penelitian dan/ekstrakurikuler (format PDF, maksimal 2 halaman)
  ~ Surat referensi dari 2-3 orang yang berkompeten (format PDF, maksimal 1 halaman untuk setiap referensi)
  ~ Surat pernyataan bersedia mengikuti kegiatan selama 10 minggu di ICT Watch (PDF saja, max 1 halaman).
  ~ Scan hingga 3 artikel terbaru yang diterbitkan di jurnal akademik dan/atau di media cetak nasional (koran atau majalah), jika ada (maksimal 250 KB)

Aplikasi dikirim sebelum 15 Mei 2012 yang ditulis menggunakan bahasa Inggris ke email: google.fellowship@ictwatch.com.

Semua subjek email harus menggunakan format: “pendidikan terakhir Anda (S1/S2/S3) - nama kota tempat tinggal - topik penelitian”. Contoh: “S2 - Jakarta - Freedom of Expression

Setelah batas akhir pengajuan aplikasi, para panelis yang dibentuk ICT Watch akan memilih dan mengundang kandidat terbaik untuk diwawancara. Kepastian para pemenang akan diumumkan 15 Juni 2012 melalui laman: http://ictwatch.com/id/

Resource: http://ictwatch.com/id/google-policy-fellowship/
FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..