Beasiswa Bank Dunia 2018-2019 (JJ/WBGSP)

Tahun ini, peluang Beasiswa Bank Dunia kembali ditawarkan bagi mahasiswa negara-negara berkembang. Salah satu yang diberi kesempatan adalah mahasiswa asal Indonesia. Beasiswa Bank Dunia 2018-2019 tersebut ditawarkan melalui Joint Japan World Bank Graduate Scholarship Program (JJ/WBGSP). Ini merupakan beasiswa master yang dapat dipergunakan untuk studi S2 di sejumlah negara, seperti Jepang, Amerika, Eropa, dan negara Asia lainnya.

Beasiswa meliputi sejumlah pendanaan, di antaranya biaya kuliah penuh, biaya hidup termasuk di dalamnya biaya buku, asuransi kesehatan, tiket penerbangan ke negara tujuan, plus US $500 untuk uang saku keberangkatan tersebut.

Universitas yang menjadi pilihan tempat studi, di antaranya: AgroParisTech-ENGREF,  Asian Institute of Technology, Australian National University, Brandeis University, CATIE Centro Agronómico Tropical de Investigación y Enseñanza, CERDI Universite d'Auvergne, Columbia University, Cornell University, Duke University, Harvard University, Hiroshima University, IHS-Institute for Housing and Urban Development Studies, Institute of Social Studies, International University of Japan, Intstitute of Tropical Medicine, Johns Hopkins University, Keio University, Ritsumeikan University, Sciences Po, UNESCO-IHE, Universidad de Chile, Université de Montreal, University of Bradford, University of Chicago, University of London, University of Sussex, dan sejumlah universitas terkemuka lainnya.

Persyaratan:
1. Warganegara dari anggota Bank Dunia, salah satunya Indonesia
2. Tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan negara berkembang
3. Memiliki kesehatan yang baik
4. Memegang gelar sarjana (atau setara) yang diperoleh setidaknya dalam tiga (3) tahun terakhir sebelum tanggal deadline aplikasi
5. Memiliki pengalaman kerja 3 tahun atau lebih yang terkait dengan pembangunan setelah meraih gelar sarjana (atau setara)
6. Bekerja pada pekerjaan yang berhubungan dengan pembangunan dalam posisi penuh waktu yang dibayar pada saat mengajukan permohonan beasiswa
7. Pada saat atau sebelum tanggal deadline pendaftaran beasiswa, (pelamar) dapat diterima tanpa syarat (unconditional) untuk tahun akademik berikutnya sekurangnya satu program master di universitas pilihan JJ/WBGSP dan berada di luar negara pelamar dan negara tempat tinggal ketika pendaftaran beasiswa dibuka. Surat penerimaan harus diunggah sebelum mengirimkan aplikasi anda.
8. Bukan Direktur Eksekutif, anggota staf, atau kerabat dari anggota staf Grup Bank Dunia

Simak juga » Beasiswa Pemerintah Australia Program S2 dan S3 Full

Dokumen aplikasi:
1. Dua surat rekomendasi
2. Formulir aplikasi online lengkap
3. Dokumen yang membuktikan bahwa pelamar memenuhi kelayakan persyaratan berdasarkan jumlah tahun dari pekerjaan yang berhubungan dengan pembangunan
4. Ijazah terakhir (tidak perlu menyertakan transkrip)
5. Curriculum vitae dalam bahasa Inggris atau bahasa program gelar master yang pelamar lamar
6. Unconditional Letter of Admission (kecuali untuk Keuangan) di tahun akademik yang baru dari program master universitas pilihan JJ/WBGSP
Pendaftaran:
Ada dua cara pengajuan beasiswa Bank Dunia 2018-2019. Pertama, pelamar mendaftar langsung ke program master universitas yang telah menjadi partner. Lihat daftarnya di sini. Kemudian pihak universitas yang merekomendasikan nama ke Sekretariat JJ/WBGSP setelah melalui tahap pemeringkatan atau seleksi.

Kedua, pelamar mendaftar ke program master pilihan di universitas, kemudian juga mengajukan aplikasi beasiswa JJ/WBGSP secara online mulai 22 Februari - 12 April 2018.

Pada pilihan pertama, universitas yang ditawarkan lebih terbatas, sementara cara kedua pelamar memiliki lebih banyak pilihan universitas serta program studi yang disediakan.

Untuk cara kedua, berikut langkahnya:
Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. Buat terjemahan resmi ke bahasa Inggris jika dokumen yang dimiliki menggunakan bahasa Indonesia atau yang lain. Lalu unggah ke laman website Bank Dunia. Jangan sampai lewat deadline. Jika belum memiliki akun, silakan buat terlebih dahulu. Ada beberapa petunjuk lainnya di laman tersebut, seperti panduan, tanya jawab, dan cara pengajuan aplikasi online. Semoga berhasil!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter