Beasiswa Kuliah di Amerika atau Kanada (MMMF)

Peluang beasiswa ini terbuka bagi kaum perempuan dari negara berkembang yang tengah menjalani studi di Amerika Serikat atau Kanada. Beasiswa kuliah diberikan dalam bentuk hibah dari Margaret Mcnamara Memorial Fund (MMMF) atau MMMF Grants. Dan untuk tahun 2016, pendaftaran online MMMF Grants dimulai 15 September 2015.

Pada periode sebelumnya, beasiswa MMMF diberikan senilai $ 12.000 kepada masing-masing kandidat terpilih. Beasiswa ini lebih ditujukan bagi mereka yang membutuhkan dukungan keuangan serta memiliki komitmen untuk memberdayakan kaum perempuan dan anak-anak.

Selain itu, pelamar juga disyaratkan telah berumur 25 tahun dan terdaftar di salah satu universitas terakreditasi baik di Amerika Serikat atau Kanada. Lebih rinci bisa dilihat di persyaratan.

Persyaratan:
1. Memperlihatkan komitmen untuk bekerja dalam memberdayakan anak-anak di negara berkembang
2. Menunjukkan kebutuhan keuangan
3. Berniat untuk kembali ke negara berkembang dalam dua tahun selesai gelar atau berniat untuk tetap di negara berkembang setidaknya dua tahun serta bekerja yang mengarah pada pemberdayaan perempuan dan anak-anak
4. Berusia setidaknya 25 tahun saat pendaftaran
5. Menunjukkan prestasi akademik yang memuaskan
6. Merupakan warganegara dari salah satu negara yang memenuhi syarat MMMF (salah satunya Indonesia)
7. Terdaftar pada salah satu perguruan tinggi terakreditasi dan berencana untuk mendaftar untuk tahun akademik penuh setelah menerima hibah
8. Bukan suami/istri staf World Bank Group, International Monetary Fund atau Inter-American Development Bank
9. Belum pernah menerima hibah MMMF sebelumnya
10. Harus terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu dengan visa pelajar yang relevan
11. Tidak memegang status kewarganegaraan atau izin tinggal tetap (kartu hijau) Amerika Serikat atau kewarganegaraan Kanada atau imigran Kanada

Dokumen aplikasi:
1. Dua surat rekomendasi
2. Salinan halaman paspor pada bagian foto
3. Salinan visa/izin studi di AS atau Kanada
4. Bukti pendaftaran dari universitas
5. Salinan transkrip/laporan dari universitas

*Dokumen aplikasi merujuk pada pendaftaran periode sebelumnya. Bisa saja terjadi perubahan atau penambahan dokumen yang diminta.

Pendaftaran:
Pelamar yang berminat mendaftar beasiswa kuliah di Amerika atau Kanada dari MMMF bisa mengajukan aplikasi secara online mulai 15 September 2015 hingga 16 Januari 2016. Formulir pendaftaran akan tersedia pada tanggal tersebut di laman MMMF. Meski begitu, ada dua beasiswa lainnya yang disediakan MMMF yang saat ini sedang dibuka. Yakni beasiswa di Afrika Selatan dan beasiswa di Amerika Latin.

Beasiswa di Afrika Selatan, pelamar harus terdaftar di salah satu universitas berikut:
▪ University of Pretoria
▪ University of Cape Town
▪ University of Stellenbosch
▪ University of Witwatersrand

Beasiswa di Amerika Latin, pelamar harus terdaftar di salah satu universitas berikut:
▪ Universidad Austral, Argentina
▪ Universidad Nacional de Colombia, Colombia
▪ Universidad Iberoamericana, México
▪ Universidad Católica de Perú, Perú
▪ Universidad Rafaél Landívar, Guatemala
▪ FLACSO

Deadline pendaftaran beasiswa di Afrika Selatan dan beasiswa di Amerika Latin yakni 30 Agustus 2015. Jika Anda salah satu yang terdaftar di universitas negara tersebut, beasiswa MMMF patut dicoba.
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..