Beasiswa S2 Guru SD, SMP, SDLB, SMPLB 2016 – 2017

Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru SD, SMP, SDLB, atau SMPLB, ini peluang beasiswa S2 yang kembali disediakan Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Ditjen Guru dan dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Melalui bantuan peningkatan kualifikasi akademik S2, para guru pendidikan dasar bisa melanjutkan studi S2 di sejumlah perguruan tinggi penyelenggara (PTP) yang dibiayai oleh Kemdikbud. Melalui dana bantuan langsung tersebut, para guru diharapkan bisa meningkatkan profesionalisme, wawasan pengetahuan, kompetensi, serta kinerja guru. 

Nah, bagi Anda yang berminat. Ada beberapa hal yang perlu dicermati sebelum mendaftar Beasiswa S2 guru SD, SMP, SDLB, dan SMPLB 2016 – 2017. Salah satunya adalah durasi beasiswa yang bersifat sementara dan terbatas. Beasiswa S2 hanya diberikan selama 4 semester atau 2 tahun. Selama periode itu, penerima beasiswa diharapkan sudah menyelesaikan pendidikan S2-nya. Jika melewati durasi yang ditetapkan, kelebihan biaya akan ditanggung sendiri.

Apa saja yang disediakan beasiswa S2 guru SD dan SMP ini? Penerima beasiswa akan memperoleh biaya pendidikan, biaya mahasiswa (biaya hidup, bantuan buku, penelitian), dan biaya penyelenggaraan program. Semua komponen biaya diterima langsung oleh mahasiswa. Untuk biaya pendidikan dan penyelenggaraan program, mahasiswa menyetornya langsung ke perguruan tinggi penyelenggara.

Rekrutmen dan seleksi peserta calon dilakukan melalui kerjasama Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Ditjen GTK Kemdikbud dengan perguruan tinggi penyelenggara, yakni Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Sebelas Maret (UNS). 

Persyaratan: 
a) Guru dikdas yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau guru tetap yayasan.
b) Berusia maksimal 37 tahun pada saat penutupan pendaftaran yang dibuktikan dengan fotocopy kartu tanda penduduk.
c) Lulusan jenjang sarjana (S-1) dari program studi yang relevan dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
d) IPK minimal 2,75 (dalam skala nilai 0-4) yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
e) Memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan fotokopi SK pengangkatan pertama yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
f) Memperoleh izin untuk mengikuti program peningkatan kualifikasi akademik S-2, dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang.
g) Sanggup dan bersedia mengikuti studi di PTP yang ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud, yakni Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai.
h) Kuota guru tetap yayasan maksimal 10%.

Program studi: 
a. Program Studi Dikdas dan Program Studi Manajemen Pendidikan diperuntukkan bagi guru SD.
b. Program Studi Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Bahasa Inggris diperuntukkan bagi guru SMP.
Penempatan mahasiswa penerima beasiswa S2 guru SD dan SMP 2016 – 2017 ditetapkan oleh tim yang terdiri dari unsur Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dan 5 PTP. 

Dokumen aplikasi: 
a) Surat permohonan bantuan peningkatan kualifikasi akademik S-2 (diketahui atasan langsung dan dinas pendidikan kabupaten/kota) kepada Direktur Pembinaan Guru Dikdas.
b) Surat pernyataan kesanggupan studi S-2 di Perguruan Tinggi Penyelenggara, yakni: Unesa, UM, UNY, UPI dan UNS
c) Surat keterangan sehat dari dokter.
d) Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
e) Pas poto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.
f) Daftar riwayat hidup.
g) Fotocopy ijazah yang telah dilegalisasi (dengan cap basah).
h) Fotocopy KTP.
i) Fotocopy NPWP.
j) Fotocopy SK pengangkatan pertama.

* Formulir surat permohonan dan pernyataan bisa diperoleh di pedoman (unduh)

Pendaftaran: 
Lengkapi semua dokumen aplikasi yang diminta untuk pendaftaran beasiswa S2 guru SD, SMP, SDLB, SMPLB 2016 tersebut. Kemudian kirim ke: 

Subdit PKPKK Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Kompleks Kemdikbud
Gedung D Lantai 15, Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta. 
Telp./Faks (021) 57974130.

Tuliskan pada pojok kanan atas amplop: BEASISWA S-2

Berkas pendaftaran tersebut diterima paling lambat 25 Maret 2016 (cap pos). 
Calon peserta yang lulus seleksi administrasi akan diundang pada minggu pertama Mei 2016 oleh Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Ditjen GTK, Kemdikbud untuk mengikuti seleksi akademik. Meliputi:
a) Tes potensi akademik (TPA): mengukur kapasitas calon peserta untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik (scholastic aptitude).
b) Tes kemampuan bahasa Inggris: mengukur kemampuan calon peserta dalam memahami teks berbahasa Inggris (reading comprehension)

Penentuan kelulusan oleh perguruan tinggi penyelenggara (Unesa, UM, UNY, UPI dan UNS) didasarkan pada urutan skor akhir. Hasil seleksi akademik akan diumumkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Ditjen GTK, Kemdikbud pada minggu keempat bulan Mei 2016, untuk selanjutnya disampaikan kepada peserta dan pihak terkait.

Kontak: 
Subdit PKPKK, Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Ditjen GTK, Kemdikbud,
Kompleks Kemdikbud Ged. D Lantai 15, Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta. 
Telp/Faks (021) 57974130; E-mail: subdit.pkpkk@gmail.com

Informasi terkait juga bisa diperoleh melalui perguruan tinggi penyelenggara dan di pedoman yang disediakan. 
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..