Rotary - Beasiswa Master Bidang Perdamaian

Setiap tahun Rotary International membuka program beasiswa master dan pelatihan profesional di bidang perdamaian. Beasiswa ini digulirkan bagi mahasiswa internasional yang memiliki dedikasi kuat untuk mempromosikan toleransi dan kerjasama. Sebagai organisasi sosial yang bergerak di bidang kemanusiaan dan perdamaian, Rotary secara khusus menawarkan program beasiswa ini melalui skema Rotary Peace Fellowships. Selain terbuka untuk umum, kesempatan luas juga diberikan bagi Anda yang bekerja di pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, militer, penegak hukum, maupun organisasi internasional lainnya seperti PBB dan Bank Dunia.

Beasiswa diberikan secara penuh dengan menanggung biaya kuliah di salah satu Rotary Peace Center, tempat tinggal, transportasi pp, dan semua biaya magang/studi lapangan. Beasiswa dibagi dalam dua jenis:

Master’s Degree
Beasiswa ini ditawarkan untuk kandidat yang ingin mengambil gelar master di salah satu universitas yang bekerjasama dengan Rotary. Pelamar bisa mengambil jurusan yang terkait dengan perdamaian, resolusi konflik, dan pencegahan. Program berlangsung 15-24 bulan dan memerlukan praktek magang selama 2-3 bulan selama liburan akademik. Setiap tahun ada 50 kandidat terpilih untuk program ini. Studi berlangsung di:

› Duke University and University of North Carolina at Chapel Hill, AS
› International Christian University, Jepang
University of Bradford, UK
› University of Queensland, Australia
› Uppsala University, Swedia

Professional Development Certificate
Program ini berupa pelatihan profesional yang berlangsung selama 3 bulan di Chulalongkorn University, Bangkok, Thailand. Materi yang diberikan terkait dengan perdamaian dan resolusi konflik sekaligus mencakup studi lapangan selama 2-3 minggu.

Persyaratan:
1. Memiliki komitmen kuat terhadap perdamaian dan pemahaman internasional, yang dibuktikan melalui prestasi akademik, profesionalisme, aktivitas pribadi maupun pelayanan kepada masyarakat.
2. Memiliki jiwa kepemimpinan
3. Bergelar sarjana atau setara dengan capaian prestasi akademik yang baik 4. Memiliki pengalaman kerja relevan setidaknya 3 tahun untuk program master dan 5 tahun untuk sertifikat pengembangan profesional.
5. Mahir dalam berbahasa Inggris

Pendaftaran:
Pengajuan beasiswa dilakukan secara online ke Rotary International di sini. Namun, sebelum bisa mengajukan aplikasi di laman tersebut, Anda terlebih dahulu harus mendapat sponsor atau rekomendasi dari Rotary Club lokal. Jadi, aplikasi pertama disampaikan terlebih dahulu ke Rotary Club lokal, setelah disetujui Anda bisa mengajukan permohonan ke Rotary International melalui bantuan mereka. Deadline pengajuan aplikasi ke Rotary Club di wilayah terdekat antara Maret hingga Juni, sementara deadline aplikasi ke Rotary International adalah 1 Juli.

Rotary Club umumnya memiliki perwakilan di masing-masing provinsi, di antaranya:
Bandung: http://rotaryclubbandung.org/
Jakarta: http://rotaryclubjakarta.org/
Tangerang: http://rotary-tangerang.org
Surabaya: http://rotarysurabayacentral.org
Bali: http://rotarybaliubudsunset.org/

Yang lain bisa dicari di Google dengan mengetikkan “Rotary Club (..nama daerah..)”
Facebook Twitter Google