Beasiswa Kursus Singkat di Belanda 2019 - 2020

Beasiswa kursus singkat rutin ditawarkan Pemerintah Belanda bagi warganegara Indonesia yang ingin mengikuti kursus-kursus spesialis bertaraf internasional di Belanda. StuNed – Short Coures salah satunya. Beasiswa StuNed berdurasi 2 – 12 minggu ini diselenggarakan di perguruan tinggi di Belanda maupun pusat keahlian lainnya. Anda yang berminat bisa mengajukan beasiswa tersebut untuk kursus singkat yang bisa diambil di Belanda. Setelah lulus peserta akan memperoleh sertifikat atau diploma.

Salah satu yang menarik dari beasiswa StuNed adalah beasiswa diberikan penuh. Beasiswa meliputi uang kuliah, biaya hidup (uang bulanan), biaya perjalanan internasional dan lokal, serta biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi.

Berikut sebagian pilihan kursus singkat di Belanda berdasarkan area prioritas StuNed.

Transport, (Agro) logistic and Infrastructure
Water  Transport  and  Distribution;  Lost  Harvest  &  Wasted  Food - managing  the  crop  supply  chain  for increased  food  security;  Rural  entrepreneurship: Driving  innovation  in  Agri-food  value  chains;  Port Planning  and  Infrastructure  Design;  Urban  Drainage  and  Sewerage;  Management  of  Irrigation  Systems; International Port Seminar.

Security and Rule of Law

International Development Law; International Tax Law; Governance, Democratization and Public Policy; Sustainable Local Economic Development: Policies for Small and Medium Enterprise Development; Strengthening research capacity in post-conflict areas: Increase your impact through action-oriented research; Summer School on International Criminal Law

Agri-food and Horticulture
Organised  farmers  as  partners  in  agribusiness:  Optimising  the  performance  of  producers’  organisations; integrated pest management and food safety: The challenge of combining pesticideuse and ensuring safe food; Practical Management Course for horticulturists

International Trade, Finance, and Economics
The Law and Policy of the World Trade Organisation; Sustainable Local Economic Development: Policies for  Small  and  Medium  Enterprise  Development  (LED);  Effective  Partnership  Management;  Sustainable Tourism Management (SM); Financing Social Protection.

Simak juga » Pendaftaran Beasiswa 2019 - 2020 Jenjang S1, S2, S3

Persyaratan Umum
1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan fotokopi KTP atau paspor.
2. Diterima di salah satu program short course yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda
   dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
3. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75)
   dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
4. Pengalaman kerja setelah lulus S1, minimal 2 tahun di institusi terakhir,
   dibuktikan dengan: fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.
5. Persetujuan dari institusi
   dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed
7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik
   dibuktikan dengan hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 68, atau IELTS minimal 5.5. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun sejak tanggal tes.
8. Pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris atau lulus dari program internasional dibebaskan dari nilai TOEFL atau IELTS, selama lulus maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran beasiswa StuNed.
9. Sesuai dengan bidang prioritas Kerjasama Belanda-Indonesia
10. Menuliskan motivasi dan tujuan yang jelas untuk mengikuti short course, serta menjelaskan manfaat/dampak langsung dari program ini  bagi institusi  tempat pelamat bekerja maupun masyarakat luas
    dituangkan dalam motivation statement
11. Durasi program short course: 2 minggu – 12 minggu

Simak juga » Daftar Beasiswa Kuliah 2019 - 2020

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi
2. Salinan unconditional admission letter dari institusi pendidikan Belanda untuk kursus yang dilamar
3. Salinan skor tes TOEFL IBT minimum 68 atau IELTS minimum skor 5.5
4. Salinan SK untuk pegawai pemerintah atau ‘kontrak kerja’ untuk selainnya
5. Salinan ijazah dan transkrip Sarjana (S1/DIV) dilegalisir
6. Salinan sertifikat penghargaan atau prestasi, jika ada
7. Salinan abstrak publikasi, jika ada
8. Salinan KTP atau paspor
9. Motivation statement
10. Pasfoto warna terbaru (ukuran 3 x4)

Pendaftaran:
Permohonan beasiswa kursus singkat StuNed 2019 - 2020 dilakukan secara online. Pelamar mendaftar melalui laman Neso Indonesia. Buat akun terlebih dahulu, kemudian isi formulir aplikasi dan unggah dokumen aplikasi yang diminta di laman tersebut.

Pendaftaran serta pengajuan aplikasi paling lambat 27 Januari 2019 untuk program studi yang dimulai antara April - Desember 2019.

Informasi pertanyaan bisa menghubungi email: stunedcontact@nesoindonesia.or.id atau telp. +62 21 5248 267 dan dapat dilihat di www.nesoindonesia.or.id. Semoga berhasil!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter