Beasiswa Guru SD/SMP/SMA/Sederajat 2024 - 2025

Program beasiswa guru 2024 - 2025 satu ini patut Anda coba. Fulbright Distinguished Awards in Teaching Program for International Teachers (FULBRIGHT DAI). Beasiswa ini ditawarkan untuk memberi kesempatan bagi para guru SD/SMP/SMA/sederajat di Tanah Air untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester di universitas AS.

Beasiswa Fulbright DAI menawarkan kesempatan bagi para pendidik sekolah dasar dan menengah yang berprestasi untuk datang ke Amerika Serikat mengikuti program pengembangan profesional selama satu semester serta menjalani proyek individu atau kelompok, mengikuti kuliah pengembangan profesional di universitas tuan rumah, dan mengamati dan membagikan keahlian dengan guru dan siswa di universitas tuan rumah atau sekolah dasar dan menengah di AS.

Program Beasiswa Fulbright DAI 2024 - 2025 menyediakan sekitar 50 beasiswa yang ditujukan bagi guru SD/SMP/SMA dan sederjat. Kesempatan unik untuk mengembangkan keahlian guru di bidang studi mereka, meningkatkan keterampilan mengajar, meningkatkan pengetahuan mereka tentang AS, dan menyelesaikan proyek individu atau kelompok.

Fulbright DAI merupakan beasiswa yang disediakan Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS melalui International Research & Exchanges Board (IREX), organisasi non profit yang berbasis di Washington, DC. Program nantinya akan dimulai Agustus 2025 hingga Desember 2025.
Beasiswa yang diperoleh di antaranya mencakup dukungan visa J-1, pembekalan sebelum keberangkatan yang dilaksanakan di Indonesia, tiket pesawat PP Indonesia-Amerika Serikat, orientasi saat kedatangan dan kepulangan, biaya program akademik, perumahan dan makan, asuransi kesehatan dan kecelakaan, transportasi ke sekolah lokal (jika dibutuhkan);  uang saku harian untuk hal tak terduga, tunjangan pengembangan profesional, tunjangan bagasi, tunjangan teknologi, serta peluang mengajukan hibah bagi alumni yang berprestasi.

Persyaratan: 
1. Guru tetap sekolah dasar atau menengah (SD/SMP/SMA atau sederajat) di sekolah yang melayani masyarakat lokal (bukan ekspatriat)
2. Setidaknya memiliki tiga tahun pengalaman mengajar penuh waktu atau bekerja yang berhubungan langsung dengan siswa (lebih disukai lima tahun atau lebih)
3. Warganegara Indonesia
4. Bergelar sarjana (S1) atau setara
5. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dengan skor TOEFL ITP 500 atau TOEFL iBT 61,  IELTS 6.0, atau Duolingo 95
6. Menunjukkan komitmen untuk terus mengajar setelah menyelesaikan program
7. Petugas perpustakaan, pembimbing, spesialis kurikulum, koordinator pendidikan khusus, serta tenaga pendidik lainnya, termasuk administrator yang bekerja untuk siswa setidaknya lima puluh persen dari waktu mereka juga bisa mendaftar program ini

Pelamar yang paling kompetitif akan menunjukkan bukti kepemimpinan di sekolah atau daerah mereka

Simak juga » Pilihan Beasiswa Terbaru di AS untuk Indonesia

Dokumen aplikasi: 
1. Formulir aplikasi (Unduh)
2. Statement of Purpose yang ditulis jelas, ringkas satu halaman (tertera di formulir)
3. Formulir referensi dan dukungan institusi diisi oleh pengawas (tertera di formulir)
4. Privacy Policy dan Application Certification Statement, yang ditandantangani (tertera di formulir)
5. Formulir persetujuan yang diisi oleh kepala sekolah (tertera di formulir)
6. Copy KTP atau paspor
7. Salinan Transkrip Nilai dan Ijazah Akademik yang dilegalisir
8. Copy skor TOEFL/IELTS
9. Curriculum vitae
 
Pendaftaran: 
Pengajuan beasiswa guru SD/SMP/SMA/sederajat 2024 - 2025 dari Fulbright DAI dapat dilakukan dengan dua cara. Pilih salah satu. 

▪ Cara pertama, kirimkan dokumen aplikasi (hard copy) di atas melalui kantor AMINEF via pos atau antar langsung: 

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)
Intiland Tower, Lantai 11
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 32
Jakarta 10220
Tel: (021) 579 39 085 ~ 9086
 
*Pelamar dapat memasukkan aplikasi mereka di dropbox AMINEF yang terletak di lantai dasar Intiland Tower. 

▪ Cara kedua, mengajukan aplikasi online:
Jika memilih mendaftar dengan cara kedua, pelamar mengajukan aplikasi beasiswa Fulbright DAI secara online di website IREX: https://fulbright.irex.org/

Buatlah akun terlebih dahulu di website tersebut. Unduh panduan online, kemudian isi formulir serta unggah dokumen aplikasi (format PDF) yang diminta berikut: 

1. Formulir referensi dan dukungan institusi diisi oleh pengawas (Part XIV)
2. Formulir Persetujuan Cuti (Bagian XV)
3. KTP atau paspor (Part XVI)
4. Ijazah dan transkrip (Part XVI)
5. Skor TOEFL/IELTS (Part XVI)
6. Curriculum vitae (Part XVI)

Pengajuan beasiswa Fulbright DAI tersebut paling lambat 15 April 2024. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa Fulbright DAI 2024 dapat disampaikan melalui email: infofulbright_ind@aminef.or.id atau melalui website Aminef (www.aminef.or.id). Selamat mencoba!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter