Beasiswa S2 TNI, Polri, dan PNS 2016 – 2017

Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) kembali membuka peluang beasiswa S2 bagi TNI, Polri, dan PNS tahun akademik 2016 – 2017. Seperti biasanya pendaftaran disediakan dalam dua gelombang. Jika Anda sebelumnya terlewatkan mengikuti pendaftaran beasiswa S2 Unhan gelombang I, pendaftaran beasiswa gelombang II juga disediakan.

Pelamar yang memenuhi syarat bisa mendaftar ke sepuluh program studi bidang pertahanan yang ditawarkan Unhan dengan gelar Magister Sains Bidang Pertahanan (M.Si). Selama pendidikan, mahasiswa disediakan mess (free wifi), makan 3 x sehari dari Senin – Jumat, jas almamater, kuliah kerja dalam negeri (KKDN) dan kuliah kerja luar negeri (KKLN), ruang kelas besar (free wifi), serta uang saku dan biaya penelitian tesis. Selain tentunya dibebaskan dari biaya kuliah.

Beasiswa S2 di Unhan sebenarnya tidak saja ditujukan bagi TNI, Polri, maupun PNS, masyarakat umum juga bisa mendaftar jika memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Nah, jika Anda berminat bisa melihat rincian persyaratan sebelum mengajukan beasiswa S2 di Unhan 2016 – 2017.

Persyaratan:
1. Persyaratan Umum bagi TNI/POLRI/PNS:
   ▪ Berpangkat minimal Kapten/AKP yang telah mengikuti Diklapa II/Diklapa/Sekkau/PTIK dan atau memiliki Ijazah S-1.
   ▪ Untuk PNS minimal golongan III/B
   ▪ Memiliki kondite dan prestasi kerja baik dari Pimpinan Instansi terkait
   ▪ Berbadan sehat(dinyatakan dengan Surat Keterangan Dokter dari dinas)
   ▪ Mahir menggunakan Komputer (aplikasi Office & Internet)
   ▪  Lulus Ujian seleksi : TPA >= 550, TOEFL >= 500, dan Wawancara
2. Persyaratan khusus
   √ Prodi Strategi Perang Semesta (SPS):
     ▪ Anggota TNI berpangkat Kolonel dan telah mengikuti Sekolah Staff dan Komando Angkatan atau setingkat
     ▪ Anggota Polri berpangkat Komisaris Besar dan telah mengikuti Suspim Polri
     ▪ PNS minimal golongan III/C dan telah mengikuti Diklatpim Tk IV atau telah menduduki Jabatan Eselon III.
     ▪ Umum: Status bekerja dan menduduki jabatan minimal Manajer
   √ Prodi Peperangan Asimetris (PA); Prodi Diplomasi Pertahanan (DP); Prodi Manajemen Pertahanan (MP); Prodi Manajemen Bencana untuk Keamanan Nasional (MB); Prodi Ekonomi Pertahanan (EP); Prodi Industri Pertahanan (IP); Prodi Damai dan Resolusi Konflik (DRK); Prodi Ketahanan Energi (KE); Prodi Keamanan Maritim (KM):
     ▪ TNI dengan Pangkat minimal Kapten dan sudah lulus S-1
     ▪ TNI dengan Pangkat Kapten dan belum Diklapa II/Sekkau/Suslapa dan Sesko Angkatan wajib memiliki ijasah S-1
     ▪ Pegawai Negeri Sipil (PNS) minimal golongan III/B
     ▪ Polri minimal dengan Pangkat AKP dan telah lulus Diklapa II
3. Kualifikasi S1 dengan IPK minimal 3.00
4. Mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran
5. Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai (4 lembar masing-masing)
6. Pas Foto Resmi berwarna berlatar belakang berwarna putih (Laki-laki memakai jas dan berdasi, Perempuan memakai hem berkerah dan blaser hitam) ukuran 4X6 sebanyak 4 lembar
7. Menyerahkan softcopy file pas foto sesuai point 1-6. untuk keperluan administrasi kemahasiswaan
8. Surat Keterangan yang menyatakan prestasi dan perilaku atau rekomendasi dari Dosen Pembimbing S1 bagi mahasiswa yang baru lulus (untuk umum)
9. Surat Keterangan Rekomendasi dari Pejabat Atasan Langsung (untuk umum yang sudah bekerja jika belum bekerja dari Dekan Fakultas)
10. Foto Copy Akta Kelahiran 4 lembar
11. Foto Copy Kartu Keluarga 4 lembar
12. Memiliki kondite baik dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) (wajib untuk umum)
13. Berbadan sehat (dengan surat keterangan dokter dari dinas)
14. Surat Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah
15. Mahir menggunakan komputer (aplikasi office dan internet)
16. Lulus Ujian seleksi : TPA, TOEFL, dan Wawancara
17. Paper tentang persepsi program studi yang dipilih. Paper diketik spasi 1,5 dalam bahasa Inggris maksimal 2 halaman, kertas A4 dan diserahkan rangkap 4 (empat)
18. Melakukan verikasi ke Panitia Pendafataran dengan menyerahkan Print out formulir Pendaftaran dan semua persyaratan administrasi dicopy rangkap 4 (empat)
19. Membawa Dokumen Asli (bukan fotocopy) ijasah dan Transkrip nilai S1 pada saat verifikasi

Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa S2 sekaligus calon mahasiswa di Unhan 2016 – 2017 tersedia dalam dua gelombang. Pendaftaran gelombang I sudah berakhir dan akan dibuka pendaftaran gelombang II mulai 4 April – 27 April 2016.

1) Pendaftaran online
Pelamar harus melakukan pendaftaran secara online kemudian diikuti pendaftaran offline. Untuk pendaftaran online, pelamar mendaftarkan diri dengan mengakses portal Unhan (www.idu.ac.id) melalui menu Registrasi Online dan diwajibkan mengunggah pas foto terbaru berlatar belakang putih (Laki-laki memakai jas warna hitam dan berdasi, Perempuan memakai hem berkerah dan blaser warna hitam) format JPG maks file 100kb.

Setelah pendaftaran online berhasil, pelamar akan memperoleh Bukti Pendaftaran di email yang didaftarkan. Pendaftar kemudian diwajibkan mencetak Formulir Registrasi Pendaftaran tersebut sebagai bukti pendaftaran dan diserahkan pada saat verifikasi administrasi.

2) Verifikasi Administrasi
Setelah melakukan pendaftaran online, selanjutnya pelamar mendaftar secara offline dengan datang langsung ke Sekretariat Pendaftaran Unhan Kampus Unhan, Kawasan IPSC Sentul Bogor atau perwakilan Unhan Jl. Salemba Raya No. 14 Jakarta Pusat pada jam kerja paling lambat 27 April 2016. Pelamar harus menyerahkan dokumen persyaratan rangkap 4 (empat) meliputi:

a. Hasil cetak Formulir Registrasi Online/pendaftaran
b. Legalisir ijazah Strata-1 dan transkrip nilai (4 lembar masing-masing)
c. Surat Rekomendasi dari Pejabat Atasan Langsung (bagi yang bekerja)
d. Surat Perintah/Ijin dari Satuan/Perusahaan (bagi yang bekerja)
e. Pas Foto Resmi berwarna berlatar belakang berwarna putih (Laki-laki memakai jas dan berdasi, Perempuan memakai hem berkerah dan blaser hitam) ukuran 4X6 sebanyak 4 lembar
f. Menyerahkan softcopy file pas foto sesuai point e. untuk keperluan administrasi kemahasiswaan
g. Paper tentang persepsi program studi yang dipilih. Paper diketik spasi 1,5 dalam bahasa Inggris  dengan huruf Arial 12 maksimal 2 halaman, kertas A4 dan diserahkan rangkap 4 (empat)
h. Surat Keterangan Kelulusan (jika belum mendapatkan ijazah)
i. Surat Keterangan yang menyatakan prestasi dan perilaku atau rekomendasi dari Dosen Pembimbing S1 bagi mahasiswa yang baru lulus (untuk umum)
j. Surat Keterangan Rekomendasi dari Pejabat Atasan Langsung (bagi pendaftar yang sudah bekerja dari kelompok Umum. Untuk belum bekerja rekomendasi dari Rektor atau Dekan Fakultas dari Perguruan Tinggi asal)
k. Foto copy Akta Kelahiran
l. Foto copy KTP
m. Foto copy Kartu Keluarga
n. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
o. Memiliki kondite baik dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) (wajib untuk umum)
p. Surat Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah
q. Membawa Dokumen Asli pada saat verifikasi untuk berkas yang foto copy (a.l: ijasah dan Transkrip nilai S1)

Pendaftar yang telah melakukan verifikasi administarsi akan mendapatkan Kartu Tanda Peserta Seleksi Mahasiswa Baru UNHAN. Bagi Peserta yang dinyatakan lulus syarat administrasi akan dilanjutkan dengan mengikuti test TPA/TOEFL pada 9 dan 11 Mei 2016. Peserta yang lolos tes TPA/TOEFL akan mengikuti seleksi wawancara pada 30 Mei – 2 Juni 2016. Pengumuman kelulusan akan disampaikan pada 27 Juni 2016. 

Informasi lebih lanjut mengenai seleksi masuk Unhan Tahun Akademik 2016 - 2017 dapat diperoleh di Sekretariat Pendaftaran Unhan Jl. Salemba Raya No. 14, Jakarta Kode Pos 10430, Tlp. (021) 3927459 atau di website Unhan www.idu.ac.id atau kirim ke alamat email: pmb.unhan@idu.ac.id

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter