Beasiswa Ritsumeikan University Full Program S2, S3

Program beasiswa pascasarjana satu ini ditawarkan Ritsumeikan University (RU), Jepang. Namanya MEXT Scholarship: University Recommendation. Beasiswa ini didanai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT) Jepang untuk studi S2 maupun S3 di Ritsumeikan University. Beasiswa S2 dan S3 yang ditawarkan disediakan full yang dapat dipergunakan untuk studi master maupun doktoral di berbagai jurusan di RU.

Beasiswa yang diberikan di antaranya dibebaskan dari seluruh biaya kuliah, kemudian disediakan tunjangan hidup bulan sebesar 143.000-145.000 JPY (sekitar Rp 17 juta lebih per bulan), serta tiket pesawat pp kelas ekonomi ke Jepang dan negara asal. Nah, bagi Anda yang berminat, beasiswa S2 beasiswa S2 dan S3 di Ritsumeikan University dapat dilamar untuk perkuliahan yang dimulai September 2023.
 
Durasi program beasiswa untuk studi S2 berlangsung mulai September 2024 s/d Oktober 2026, sementara untuk program S3 dimulai September 2024 s/d Oktober 2027. Jika diterima, pelamar sangat disarankan untuk membawa dana yang cukup ke Jepang untuk biaya hidup awal pada 5-6 minggu pertama sebelum pembayaran tunjangan beasiswa.


Persyaratan:
1. Memiliki kewarganegaraan dari negara yang punya hubungan diplomatik dengan pemerintah Jepang. Pelamar berkewarganegaraan Jepang tidak memenuhi syarat (namun, warganegara yang berkewarganegaraan ganda Jepang yang berencana untuk melepaskan kewarganegaraan Jepang mereka, dapat mendaftar).
2.  Lahir pada atau setelah 2 April 1989
3. Sehat fisik dan mental
4. Bersedia untuk mendapatkan visa pelajar dan baru memasuki Jepang untuk studi setelah menerima beasiswa.
5. Dapat tiba di Jepang pada tanggal yang ditentukan oleh Universitas Ritsumeikan pada pertengahan September 2024. 
6. Meraih IPK minimal 2.3 pada skala 3.00 di universitas (minimal IPK 3.00 pada skala 4.00)
7. Bagi pelamar program gelar berbahasa Inggris: Memiliki kemampuan bahasa Inggris sama dengan atau lebih besar dari Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) B2. Setara dengan IELTS 5.5 - 6.5, TOEFL iBT 72 - 94, atau TOEFL iTP 543 - 626.

Dokumen aplikasi:
Daftar dokumen aplikasi yang diminta untuk pendaftaran beasiswa di Ritsumeikan University tertera di laman universitas di bawah.
 

Pendaftaran:
Bagi pelamar yang ingin mendaftar beasiswa di Ritsumeikan University, pengajuan beasiswa cukup dengan mendaftar kuliah di RU. Anda bisa mengecek cara mendaftar ke program master atau doktoral di laman http://en.ritsumei.ac.jp kemudian melengkapi dokumen aplikasi yang diminta. Silakan dicek keterangan dokumen aplikasi yang diminta di laman website tersebut.

Setelah mendaftar kuliah ke RU, nantinya pihak universitas akan memilih kandidat yang memenuhi syarat untuk direkomendasikan kepada organisasi penyelenggara beasiswa (MEXT). Pendaftaran kuliah diajukan mulai 30 November s/d 21 Desember 2023 untuk perkuliahan yang dimulai September 2024.

Pelamar yang terpilih untuk direkomendasikan oleh pihak universitas akan diberitahu. Selanjutnya RU akan memberi tahu pelamar mengenai hasil seleksi akhir beasiswa mereka pada Juni s/d Juli 2024. Terakhir RU akan mengeluarkan Sertifikat Beasiswa MEXT kepada mereka yang terpilih beasiswa MEXT untuk selanjutnya persiapan keberangkatan.
 
Ritsumeikan University International Center at BKC,
Admissions Team 1-1-1 Noji-Higashi,
Kusatsu, Shiga, Japan 525-8577
[t] +81 (0)77-561-3946 
[e] cger-bkc@st.ritsumei.ac.jp
[w] https://en.ritsumei.ac.jp

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter