Beasiswa Eiffel 2018-2019 ke Perancis Jenjang S2 dan S3

Peluang beasiswa Pemerintah Perancis kembali dibuka. Eiffel Excellence Scholarship Programme atau biasa disebut Beasiswa Eiffel kini tersedia untuk tahun akademik 2018-2019. Pelajar dari tanah air salah satu yang berkesempatan memperoleh beasiswa ini.

Beasiswa Eiffel menjaring mahasiswa-mahasiswa internasional berbakat untuk melanjutkan studi mereka pada tingkat master maupun doktor di universitas-universitas Perancis.

Area studi meliput: 
1. Ilmu teknik untuk tingkat Master, ilmu sains untuk tingkat Doktorat (ilmu teknik, ilmu pasti seperti: matematika, fisika, kimia dan ilmu kehidupan, nano dan bioteknologi, ilmu bumi,  ilmu alam semesta,  ilmu lingkungan, ilmu dan teknologi informasi dan komunikasi)
2. Ekonomi dan Manajemen
3. Hukum dan Ilmu Politik

Peraih beasiswa master akan memperoleh tunjangan bulanan 1.181 Euro yang meliputi tunjangan pemeliharaan 1.031 Euro dan uang saku 150 Euro untuk durasi studi 12 – 36 bulan sesuai program yang dipilih, tiket pesawat pulang pergi, asuransi kesehatan, jaminan sosial, dan kegiatan budaya. Selain itu kandidat terpilih juga bisa memperoleh tambahan tunjangan untuk perumahan. 

Sementara, penerima beasiswa PhD akan mendapatkan tunjangan bulanan 1.400 Euro untuk pembiayaan maksimum 10 bulan, tiket pesawat pp, asuransi kesehatan, jaminan sosial, serta kegiatan budaya. Selain itu juga bisa memperoleh tambahan tunjangan perumahan. Lebih tepatnya beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa PhD tingkat lanjut yang ingin melakukan co-tutelle disertasi di Perancis.

Meski begitu, biaya pendaftaran ke universitas ditanggung sendiri oleh pelamar. Sementara, untuk biaya pendidikan disediakan subsidi oleh Pemerintah Perancis sebesar 10.000 Euro selama mereka belajar di universitas negeri.

Persyaratan:
 1. Kandidat bukan warganegara Perancis atau berkewarganegaraan ganda dengan Perancis
2. Usia calon tidak lebih 30 tahun untuk kuliah master hingga tanggal pertemuan Komite Seleksi (lahir pada 12 Maret 1988 atau setelahnya), untuk jenjang PhD usia calon tidak lebih dari 35 tahun hingga tanggal pertemuan Komite Seleksi (lahir pada 12 Maret 1983 atau setelahnya)
3. Hanya aplikasi yang diajukan oleh lembaga pendidikan Perancis yang diterima
4. Beasiswa ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mendaftar di perkuliahan master, termasuk sekolah teknik, dan untuk mahasiswa PhD
5. Tidak memenuhi syarat bagi kandidat yang telah menerima beasiswa Pemerintah Perancis di bawah program lain
6. Institusi dapat mengajukan calon yang sebelumnya mendapat beasiswa Eiffel di tingkat master untuk beasiswa di jenjang PhD
7. Aplikasi tidak akan diterima untuk calon yang telah mengajukan sebelumnya tapi ditolak, bahkan jika permohonan diajukan oleh institusi yang berbeda atau dalam bidang studi lain. Siswa yang telah diberikan beasiswa Eiffel pada tingkat master tidak memenuhi syarat untuk mendaftar ulang di jenjang master.
8. Memenuhi syarat kemampuan bahasa untuk bahasa pengantar perkuliahan yang diambil

Simak juga » Beasiswa Penuh S2, S3 di Edith Cowan University, Australia

Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa Eiffel 2018-2019 tidak diajukan secara langsung. Namun, melalui universitas yang dituju. Pelamar terlebih dahulu harus mendaftar ke universitas yang diminati di Perancis, setelah diterima atau memperoleh LoA, mintalah pihak universitas agar mengusulkan Anda ke program beasiswa Eiffel.

Deadline pengajuan beasiswa oleh pihak universitas ke panitia beasiswa Eiffel adalah 12 Januari 2018. Pelamar tentunya sudah harus mendaftar ke salah satu universitas Perancis sebelum deadline tersebut berakhir.

Pengumuman hasil akan disampaikan 26 Maret 2018 melalui website Campus France (www.campusfrance.org/en/eiffel). Informasi lebih lanjut bisa menghubungi email berikut: candidatures.eiffel@campusfrance.org . Selamat mencoba!
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..