Pendaftaran Beasiswa Pemerintah Rumania Gelar S1, S2, dan S3

Jika sebelumnya ditawarkan beasiswa Pemerintah Hongaria untuk jenjang S2 dan S3, beasiswa satu ini menawarkan kuliah gratis mulai program S1, S2, hingga S3. Pemerintah Rumania untuk tahun akademik 2023 – 2024 secara khusus membuka kembali beasiswa penuh bagi mahasiswa internasional di luar Uni Eropa, terutama Indonesia untuk melanjutkan studi ke Rumania. Ada puluhan kursi beasiswa biasanya disediakan tiap tahun untuk berbagai tingkatan.

Bila terpilih, penerima beasiswa nantinya akan dibebaskan dari biaya pendaftaran kuliah di universitas, kemudian disediakan biaya kursus persiapan bahasa Rumania, biaya perkuliahan sesuai masa program studi, tunjangan bulanan masing-masing 65 euro untuk jenjang S1, 75 euro untuk S2, dan 85 euro untuk S3, kemudian memperoleh biaya akomodasi untuk asrama mahasiswa, biaya berobat untuk keadaan darurat, serta diskon untuk perjalanan lokal dan antar kota di Rumania.
 
Meski dibebaskan dari biaya pendidikan dan disediakan tunjangan hidup bulanan, beasiswa Pemerintah Rumania ini tidak mencakup biaya transportasi internasional, serta biaya lain yang mungkin muncul, seperti biaya visa, dll. Biaya tersebut masih harus diediakan sendiri oleh penerima beasiswa. Tapi, tentunya Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya kuliah.

Program studi S1 dan S2 disediakan dalam bahasa pengantar Rumania, sementara program studi S3 sesuai dengan bahasa pengantar program studi yang ditawarkan. Bisa bahasa Inggris atau yang lain. Bagi mereka yang tidak bisa berbahasa Rumania ditawarkan kursus persiapan selama satu tahun untuk belajar bahasa Rumania.
 
Simak juga » Daftar Beasiswa Kuliah S1, S2, S3 yang Sedang Buka

Jenjang studi:
1. Bachelor: Skema ini ditujukan bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau setara untuk melanjutkan S1. Program berlangsung 3 - 6 tahun, tergantung pilihan jurusan
2. Master: Skema ini ditujukan bagi lulusan S1 atau setara untuk mengambil S2. Program berlangsung 1 tahun, 1,5 tahun, atau 2 tahun dan diakhiri dengan ujian disertasi
3. PhD: Skema ini ditujukan bagi lulusan S2 untuk mengambil program S3. Program berlangsung 3 - 5 tahun dan diakhiri dengan presentasi tesis doktor.

Bidang studi prioritas:
Arsitektur, seni visual, budaya dan peradaban Rumania, jurnalisme, ilmu politik dan administrasi, ilmu pendidikan, ilmu sosial dan humaniora, studi-studi teknik, minyak dan gas, ilmu pertanian, kedokteran hewan. Beasiswa TIDAK tersedia untuk bidang kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi.

Persyaratan:
1. Warga negara asing dari semua negara di dunia, kecuali negara-negara anggota Uni Eropa.
2. Pemohon beasiswa tidak memegang kewarganegaraan Rumania, tidak meminta atau tidak mendapatkan bentuk perlindungan di Rumania, bukan orang tanpa kewarganegaraan yang kediamannya di wilayah Rumania secara resmi diakui menurut hukum, bukan anggota diplomatik korps yang terakreditasi untuk Bukares atau anggota keluarga korps diplomatik yang terakreditasi di Rumania. Belum mendapatkan manfaat beasiswa dari negara Rumania pada program studi yang sama.
3. Memiliki capaian pendidikan yang baik, memiliki hasil yang baik dalam pendidikan, masing-masing rata-rata nilai studi minimal 7 (tujuh) sesuai dengan sistem penilaian di Rumania atau skor "Baik"
4. Menyerahkan berkas lengkap
5. Melengkapi dokumen studi (ijazah dan transkrip) yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan terakreditasi/diakui di negara asal
6. Mematuhi batas waktu pendaftaran

Simak juga » Jadwal Beasiswa 2023 - 2024 Program S1, S2, S3

Dokumen aplikasi:
1. Salinan ijazah yang diperoleh (diploma atau yang setara, ditambah gelar sarjana, master, doktor, jika tersedia) dan terjemahan resminya ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol atau Rumania, jika ada.
2. Salinan transkrip studi yang telah selesai dan terjemahan resminya ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania, jika tersedia.
3. Salinan akta kelahiran (atau dokumen yang setara) dan terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania, jika ada.
4. Salinan tiga halaman pertama paspor atau dokumen identitas nasional (KTP) dan terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania, jika ada.
5. Curriculum Vitae dalam bahasa Inggris atau Prancis.
6. Untuk jalur doktoral, kandidat perlu menyerahkan letter of intent yang berisi daftar karya ilmiah, publikasi khusus, dan uraian terperinci tentang proyek penelitian yang diusulkan. Kemudian persetujuan dari tutor yang merupakan dosen dari sekolah doktoral yang dituju. Kedua dokumen harus ditulis dalam bahasa Inggris, Prancis, atau Rumania.

Simak juga » Beasiswa S2 2023 - 2024, Info Pendaftaran

Pendaftaran:
Pendafaftaran beasiswa Rumania 2023 - 2024 dilakukan secara online. Siapkan dokumen aplikasi seperti tertera di atas kemudian ajukan di laman Study in Romania. Buat akun terlebih dahulu sebelum mengunggah berkas. Pendaftaran Beasiswa Pemerintah Romania jenjang S1, S2, dan S3 ini dibuka mulai 15 Desember 2022 s/d 1 Maret 2023. Anda dapat melihat pilihan universitas serta program studi yang tersedia di https://studyinromania.gov.ro/

Seperti diuraikan di atas, beasiswa S1 dan S2 hanya tersedia untuk program studi berbahasa pengantar Rumania. Sementara, program beasiswa S3 sesuai dengan bahasa pengantar tiap-tiap program studi.

Hasil seleksi beasiswa akan diumumkan melalui email, pada tanggal 15 Juli 2023 kepada setiap calon yang mengajukan beasiswa. Bagi mahasiswa yang diterima, Kementerian Pendidikan Rumania akan menerbitkan "Letter of acceptance for studies in Romania", yang mencantumkan kewajiban (jika diperlukan) untuk menyelesaikan kursus persiapan bahasa Rumania sekaligus tempat perguruan tinggi studi yang diambil.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter