Beasiswa Kanada 2024 - 2025 dari Pemerintah Kanada Terbaru

Vanier Canada Graduate Scholarships (CGS) merupakan beasiswa doktoral (S3) yang rutin ditawarkan Pemerintah Kanada. Beasiswa Kanada 2024 - 2025 ini tidak saja dibuka bagi kandidat PhD asal Kanada, tapi juga mahasiswa internasional. Sekitar 166 beasiswa dialokasikan Vanier CGS setiap tahunnya.

Nilai masing-masing beasiswa yang diberikan cukup menggiurkan. $ 50.000 per tahun atau setara Rp 565 juta lebih dan diberikan selama tiga tahun berturut-turut. Vanier CGS sendiri diciptakan untuk menjaring mahasiswa doktoral kelas dunia serta mewujudkan Kanada sebagai pusat keunggulan global di bidang penelitian dan pendidikan tinggi.

Pengajuan beasiswa Vanier CGS tidak diajukan langsung oleh kandidat, tapi melalui universitas yang dituju. Pemohon mengajukan usulan kepada universitas, jika terpilih akan diikutsertakan sebagai nominasi penerima beasiswa Vanier CGS kepada komite seleksi.

Deadline pengajuan nominasi oleh universitas adalah 1 November 2023. Daftar universitas yang memenuhi syarat beserta alokasi bisa dilihat di daftar kuota di bawah. Pendaftaran masuk di kampus tersebut memiliki deadline masing-masing. Anda bisa mengontaknya atau mengunjungi langsung situs universitas bersangkutan dan meminta mereka agar diusulkan sebagai kandidat beasiswa Vanier CGS.

Persyaratan:
1. Dicalonkan oleh sebuah perguruan tinggi Kanada, yang memperoleh kuota Vanier CGS (Lihat daftar kuota)
2. Sedang mengejar gelar doktor pertamakali (termasuk joint program sarjana/pascasarjana seperti: MD/PhD, DVM/PhD, JD/PhD, MBA/PhD - jika memiliki komponen penenelitian yang signifikan dan diperlihatkan).
3. Verniat untuk melanjutkan, pada semester musim panas atau tahun akademik setelah pengumuman hasil, studi dan penelitian doktoral penuh waktu (atau program penelitian pascasarjana bersama seperti MD/PhD, DVM/PhD, JD/PhD, MBA/PhD) di lembaga pencalonan; Untuk program penelitian pascasarjana bersama, hanya bagian PhD dari program tersebut yang memenuhi syarat untuk didanai.
4. Sudah menyelesaikan studi penuh waktu tidak lebih dari 20 bulan di program doktor per 1 Mei 2024.
   - Program doktor akan dimulai setelah menyelesaikan gelar master. Bulan studi selesai dihitung dari tanggal pendaftaran doktor.
6. Telah menyelesaikan studi penuh waktu tidak lebih dari 32 bulan di program doktor (Yaitu, program peneleitian pascasarjana bersama, akselerasi, sebelumnya terdaftar tanpa memperoleh gelar Master), sebelum 1 Mei 2024, jika:
   ▪ Terdaftar dalam program penelitian pascasarjana bersama, MD/PhD, MA/PhD, DVM, PhD. Pelamar dalam kategori ini memiliki akses ke jendela 32 bulan apakah mereka sebelumnya terdaftar dalam program master atau tidak.
     - Bulan studi dihitung mulai dari tanggal pelamar terdaftar secara resmi dalam program bersama (termasuk bagian program Master).
   ▪ Terdaftar langsung dari Sarjana ke PhD (sebelumnya tidak terdaftar dalam program Master);
     - Bulan studi selesai dihitung dari tanggal pendaftaran doktor.
   ▪ Sebelumnya terdaftar dalam program Master tanpa memperoleh gelar.
     - Bulan studi selesai dihitung dari tanggal pendaftaran Master asli.
7. Meraih predikat first-class (setara cumlaude), sebagaimana yang ditentukan oleh perguruan tinggi Anda
8. Tidak meraih, atau sudah memperoleh beasiswa jenjang doktor atau fellowship dari CIHR, NSERC, atau SSHRC untuk mengambil atau menyelesaikan gelar doktor

Simak juga » Jadwal Beasiswa S1, S2, S3 2024 - 2025 Terbaru

Pendaftaran:
Permohonan beasiswa Pemerintah Kanada Vanier CGS 2024 - 2025 tidak diajukan langsung oleh pelamar ke penyelenggara Vanier CGS. Tapi melalui usulan oleh pihak fakultas atau program pascasarjana dari universitas yang dilamar. Prosedur pengajuan nominasi ini bisa dilihat di laman vanier.gc.ca. Jadi, ketika mendaftar ke salah satu universitas, mintalah juga mereka untuk mengusulkan Anda sebagai penerima beasiswa Vanier CGS. Usulan yang diterima dari pihak kampus tersebut nantinya yang akan diteruskan ke Vanier CGS untuk diseleksi.

Meski begitu, untuk mendapatkan nominasi dari pihak kampus, pelamar tetap harus mengikuti prosedur dan ketentuan dari masing-masing kampus. Salah satunya adalah mengisi formulir researchnet, kemudian di-print dan diserahkan ke fakultas atau unit pascasarjana dengan menyertakan dokumen-dokumen lain yang diminta. 

Seleksi:
Penentuan kandidat didasarkan pada prestasi akademik, potensi penelitian, dan kemampuan kepemimpinan. Seleksi awal dilakukan oleh universitas yang mengajukan nominasi kepada komite seleksi. Berikutnya akan dijaring oleh komite seleksi untuk diajukan kembali kepada komite pengarah Vanier CGS dan menetapkan para penerima beasiswa.

Batas akhir pengusulan nominasi ke Vanier CGS oleh pihak kampus adalah 1 November 2023. Penilaian dan evaluasi nominasi akan dilakukan mulai November 2023 – Maret 2024. Pengumuman hasil seleksi pada awal April 2024 yang akan diberitahukan melalui email. Pembayaran beasiswa sendiri dimulai 1 Mei 2024, 1 September 2024, atau 1 Januari 2025. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran beasiswa bisa dilihat di laman Vanier CGS (www.vanier.gc.ca). Selamat mencoba!

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter