Beasiswa SINGA, Raih PhD di Singapura

Studi S3 di Singapura bukan lagi hal sulit Anda wujudkan. Beragam pilihan beasiswa kini tersedia baik yang ditawarkan Pemerintah Indonesia, seperti beasiswa LPDP atau beasiswa yang disediakan langsung lembaga di Singapura. Nah, yang satu ini adalah beasiswa SINGA (Singapore International Graduate Award). Beasiswa pascasarjana bagi mahasiswa internasional yang ingin mengambil gelar doktor riset (PhD) di sejumlah lembaga perguruan tinggi ternama di Singapura.

Beasiswa SINGA menyediakan pendanaan penuh studi PhD di bidang sains dan teknik  selama empat tahun. Per tahunnya program ini menargetkan menganugerahi 240 beasiswa. SINGA sendiri terbentuk dari kolaborasi sejumlah lembaga di Singapura, yakni Agency for Science, Technology & Research (A*STAR), Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD). Kandidat yang beruntung diberi pilihan untuk melakukan riset mereka di salah satu lembaga tersebut. Gelar PhD akan diberikan NTU, NUS, atau SUTD.

Biaya pendidikan ditanggung sepenuhnya, kemudian diberikan biaya hidup S$2.000 per bulan (S$24.000 per tahun) dan meningkat menjadi S$2.500 per bulan (S$30.000 per tahun) setelah melewati ujian kualifikasi.

Kemudian beasiswa SINGA juga menyediakan tunjangan penyisihan saat pertama kali tiba sebesar S$1.000 serta biaya tiket penerbangan sebesar S$1.500.

Persyaratan:
1. Terbuka untuk mahasiswa internasional (bukan warganegara/penduduk tetap Singapura dan belum pernah studi di Singapura sebelumnya)
2. Lulus dengan prestasi akademik memuaskan dan memiliki gairah untuk melakukan penelitian
3. Terampil dan dalam menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris
4. Laporan referensi akademik yang baik

Dokumen aplikasi:
1. Kartu identitas (KTP) atau passport
2. Foto ukuran passport terbaru dalam format JPEG atau PNG
3. Transkrip akademik sarjana (dalam terjemahan bahasa Inggris)
4. Gulungan sertifikat sarjana (dalam bahasa Inggris) atau surat keterangan dari universitas atas pencalonan Anda
5. Transkrip akademik master, jika ada (dalam bahasa Inggris)
6. Gulungan sertifikat master, jika ada (dalam bahasa Inggris) atau surat keterangan dari universitas atas pencalonan Anda
7. Dua (2) keterangan rekomendasi (dilengkapi dan dikirim secara online oleh pemberi rekomendasi)
8. Tidak wajib, tapi jika ada lampirkan juga hasil GRE/IELTS/TOEFL/SAT I & II/GATE

Pendaftaran:
Saat ini dibuka pendaftaran untuk studi yang dimulai Agustus 2015. Kirimkan aplikasi Anda paling lambat 1 Januari 2015. Pendaftaran dilakukan secara online dengan melampirkan soft copy dari dokumen aplikasi yang tertera di atas. Link pendaftaran online disediakan di sini. Selamat mencoba!
Facebook Twitter