Ini Dia, Beasiswa S1 2013 dari Pemerintah Korea Selatan

Beasiswa S1 2013 disediakan Pemerintah Korea Selatan bagi pelajar Indonesia. Melalui kedutaannya di Jakarta, pelajar dari tanah air bisa mengenyam pendidikan dengan bantuan dana Pemerintah Korsel di negeri gingseng itu. Berdasarkan tawaran, ini adalah program 2013 Global Korea Scholarship yang dibuka bagi mahasiswa internasional. Salah satu kelebihannya adalah banyaknya perguruan tinggi favorit di Korsel yang ikut serta. Ini akan menjadi referensi pemilihan kampus tujuan studi nantinya.

Di antaranya, Ajou University, Cheongju University, Chonbuk National University, Chonnam National University, Chosun University, Chung-Ang University, Chungnam National Univeristy, dan banyak lagi. Mudah-mudahan Anda sudah familiar mendengar namanya.

Apa saja yang didapatkan? Beasiswa S1 Pemerintah Korea ini akan menanggung biaya kuliah hingga 5 juta won yang mulai efektif dari 1 Maret 2013 – 28 Februari 2018. Anda juga akan mendapatkan tiket pesawat pergi dan sekembali dari Korea, uang saku 850 ribu won per bulan, tunjangan pemukiman saat kedatangan, kursus bahasa Korea, asuransi kesehatan, dan beberapa manfaat lain.

Berikut dokumen persyaratan yang diminta:
1. Formulir aplikasi (form 1)
2. Ikrar NIIED (form 2)
3. Personal statement (form 3)
4. Studi plan (form 4)
5. Dua surat rekomendasi (form 5)
6. Penilaian kesehatan pribadi (form 6)
7. Ijazah SMA/sederajat
8. Transkript nilai
9. Fotokopy KTP pemohon dan orangtua (akte kelahiran, kartu keluarga (KK), dan pasport orangtua)
10. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris atau Korea
11. Hasil pemeriksaan medis oleh dokter (form 7, khusus kandidat yang sudah melewati seleksi putaran kedua)
12. Fotokopy pasport pemohon (khusus kandidat yang melewati seleksi putaran kedua)

Berkas Anda dikirim melalui Kedutaan Besar Republik Korea di Jakarta. Anda bisa menghubungi layanan telepon: 62-21-2992-2500 untuk mendapatkan informasinya. Bagi yang berminat dengan beasiswa Korea ini, batas terakhir pengajuan aplikasi 15 Oktober 2012. Silakan unduh beragam formulir yang dibutuhkan di sini, di situ juga dijelaskan panduan pengajuan beasiswa secara lengkap. Selamat mencoba!
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini