Beasiswa Penelitian Doktor di UEA

Al Qasimi Foundation menawarkan beasiswa penelitian disertasi doktor bagi mahasiswa S3 dari berbagai disiplin ilmu dan bidang profesional dari mancanegara. Beasiswa penelitian ini diarahkan untuk memberi informasi terkait penyusunan kebijakan di Uni Emirat Arab. Pelamar yang tengah mengambil gelar PhD di universitas terakreditasi di UEA maupun di luar (misal Indonesia) diberi kesempatan memperoleh beasiswa penelitian doktor ini.

Program beasiswa ditawarkan melalui Al Qasimi Foundation's Doctoral Research Grants. Al Qasimi Foundation merupakan yayasan non profit yang fokus pada penelitian kebijakan di UEA. Yayasan tersebut didirikan oleh Sheikh Saud bin Saqr Al Qasimi, Anggota Dewan Tinggi UEA yang juga penguasa Ras Al Khaimah, sebuah emirat di bagian utara UEA.

Beasiswa yang diberikan berupa hibah yang dapat dipergunakan untuk melakukan penelitian disertasi di UEA. Setiap tahun dua kandidat akan dipilih untuk memperoleh beasiswa Al Qasimi Foundation ini. Beasiswa riset tersebut terdiri dari biaya penelitian lapangan di UEA, tiket pulang, akomodasi selama 12 bulan, uang saku untuk biaya hidup, dan dukungan penelitian. Penerima beasiswa diharapkan dapat menghasilkan satu hingga dua makalah sebagai bagian dari hibah serta membuat setidaknya satu presentasi untuk komunitas riset lokal.

Persyaratan:
1. Pelamar saat ini merupakan mahasiswa PhD di salah satu universitas terakreditasi dengan prestasi akademik yang baik
2. Memiliki skor TOEFL minimum 600 atau IELTS 6.5
3. Pelamar telah merampungkan semua mata kuliah PhD dan siap melakukan penelitian disertasi
4. Pelamar harus memiliki proposal penelitian yang telah disetujui (atau dalam proses persetujuan) pembimbing dan program pascasarjana. Proposal yang disetujui harus mencakup tinjauan literatur dan detail yang signifikan pada metodologi penelitian.
5. Penelitian yang diusulkan harus memiliki Institutional Review Board (IRB) yang disetujui oleh institusi tuan rumah
6. Penelitian yang diusulkan harus fokus pada Uni Emirat Arab, dan khususnya emirat Ras Al Khaimah. Jika proposal penelitian meliputi lokasi lainnya, Ras Al Khaimah harus menjadi fokus penting untuk pengumpulan data dan analisis
7. Penelitian yang diusulkan harus membahas persoalan atau pertanyaan mengenai pendidikan, kebijakan publik, atau yang terkait erat dengan masalah sosial. Topik yang relevan (tergantung pada pertanyaan penelitian) dapat mencakup bidang-bidang seperti pendidikan, perencanaan kota / pembangunan, kesehatan masyarakat, pembangunan ekonomi, akses pangan, energi, atau kebijakan lingkungan.

Ctt: Area penelitian berikut tidak memenuhi syarat untuk beasiswa penelitian doktor di UEA, karena dianggap tidak terkait dengan kebijakan. Yaitu: bisnis atau pemasaran, agronomi, teknik, IT atau ilmu komputer, penelitian berbasis laboratorium atau ilmiah, serta gelar kesehatan.

Dokumen aplikasi:
1. Dua halaman essai dalam bentuk surat lamaran yang menguraikan alasan pemohon mengapa tertarik dengan hibah (Doctoral Research Grant). Surat harus memuat: (1) Pengalaman sebelumnya, kuliah, dan keterampilan yang relevan dengan penelitian lapangan yang diusulkan, (2) Bagaimana penelitian yang diusulkan sejalan dengan misi Al Qasimi Foundation, (3) Apa harapan yang ingin pemohon peroleh dari pengalaman penelitian lapangan, (4) Bagaimana pengalaman penelitian lapangan cocok menjadi tujuan akademik dan profesional jangka panjang pemohon.
2. CV atau resume yang menguraikan latar belakang pendidikan, pengalaman riset dan publikasi, pengalaman kerja, penghargaan, serta kegiatan co-kurikuler.
3. Transkrip resmi dari program doktor pemohon dan transkrip resmi untuk semua gelar yang telah selesai
4. Salinan resmi skor TOEFL atau IELTS (hanya diperlukan bagi pelamar yang menggunakan bahasa Inggris adalah bahasa sekunder).
5. Salinan proposal penelitian yang disetujui atau proposal awal. Harap menunjukkan anggaran, fasilitas, peralatan khusus, atau kebutuhan sumber daya lain yang diperlukan untuk melakukan penelitian yang diusulkan. Proposal juga harus mencakup informasi tentang tanggal potensial dan durasi komponen penelitian lapangan di Ras Al Khaimah.
6. Dokumentasi resmi persetujuan IRB untuk penelitian yang diusulkan dari instansi asal pemohon.
7. Dua surat referensi yang membahas kesesuaian kandidat. Satu surat harus dari doktor pembimbing pemohon dan lainnya harus dari akademik. Kedua surat harus menunjukkan lamanya waktu, lingkup, dan sifat hubungan pihak yang merekomendasikan dengan pemohon.

Pendaftaran:
Pengajuan beasiswa riset doktor Al Qasimi Foundation di UEA dilakukan secara online. Pelamar perlu mengisi formulir aplikasi online serta mengunggah bersama dokumen aplikasi yang dibutuhkan di atas. Pendaftaran beasiswa penelitian disertasi ini dibuka hingga 1 Maret 2016 untuk tahun akademik 2016 – 2017. Jika pelamar gagal mengunggah dokumen aplikasi yang diperlukan di laman tersebut, Anda dapat melampirkannya melalui email dan mengirimnya ke  Ms. Caitrin Mullan melalui email: caitrin@alqasimifoundation.rak.ae
FOLLOW US : Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..