Baru! Beasiswa S2 dari Pemerintah Perancis

Mengenyam pendidikan S2 atau S3 di Perancis tentu sebuah prestasi membanggakan. Karena itu, beasiswa 2020 dari Pemerintah Perancis mungkin bisa menjadi jalan. Selain nantinya dapat meringankan beban kuliah, juga diharapkan bisa menutupi biaya hidup di Perancis.

Beasiswa Pemerintah Perancis dimulai tahun akademik 2020/2021 melalui Eiffel Excellence Scholarship Programme. Beasiswa Eiffel ini rutin diberikan. Mahasiswa internasional dipersilakan mengajukan permohonan dari 21 Oktober 2019 – 9 Januari 2020.

Beasiswa Eiffel terbuka untuk studi S2 dan S3. Subjek beasiswa difokuskan pada beberapa program keahlian, seperti teknik, ekonomi dan manajemen, hukum, dan ilmu politik.

Beberapa manfaat yang diperoleh, di antaranya beasiswa S2 akan menerima tunjangan bulanan 1.181 Euro (Rp 14,6 juta), biaya perjalanan pp, asuransi kesehatan, ataupun kegiatan budaya. Selain itu, penerima beasiswa bisa mendapatkan tunjangan akomodasi perumahan. 

Bagi penerima beasiswa S3 (PhD) akan menerima tunjangan bulanan sebesar 1.400 Euro (Rp 17,3 juta), biaya perjalanan pp, asuransi kesehatan, kegiatan budaya, serta tambahan tunjangan akomodasi.

Meski begitu, program beasiswa Eiffel tidak mencakup biaya kuliah. Biaya pendaftaran ke universitas juga tidak termasuk dalam beasiswa.
 
Simak juga » Jadwal Beasiswa Terbaru S1, S2, S3

Persyaratan:
 1. Kandidat bukan warganegara Perancis atau berkewarganegaraan ganda dengan Perancis
2. Usia calon tidak lebih 30 tahun untuk kuliah master hingga tanggal pertemuan Komite Seleksi (lahir setelah Maret 1989), untuk jenjang PhD usia calon tidak lebih dari 35 tahun hingga tanggal pertemuan Komite Seleksi (lahir setelah Maret 1984)
3. Hanya aplikasi yang diajukan oleh lembaga pendidikan Perancis yang diterima
4. Beasiswa ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mendaftar di perkuliahan master, termasuk sekolah teknik, dan untuk mahasiswa PhD
5. Tidak memenuhi syarat bagi kandidat yang telah menerima beasiswa Pemerintah Perancis di bawah program lain
6. Institusi dapat mengajukan calon yang sebelumnya memperoleh beasiswa Eiffel pada tingkat master untuk beasiswa di jenjang PhD
7. Aplikasi tidak akan diterima untuk calon yang telah mengajukan sebelumnya tapi ditolak, bahkan jika permohonan diajukan oleh institusi yang berbeda atau dalam bidang studi lain. Siswa yang telah diberikan beasiswa Eiffel pada tingkat master tidak memenuhi syarat untuk mendaftar ulang di jenjang master.
8. Memenuhi syarat kemampuan bahasa untuk bahasa pengantar perkuliahan yang diambil

Simak juga » Pilihan Beasiswa di Luar Negeri untuk S1, S2, S3

Pendaftaran:
Pengajuan aplikasi dilakukan secara online. Pelamar terlebih dahulu mendaftar ke salah satu universitas di Prancis. Kemudian setelah mendapatkan LoA, mintalah pihak universitas di Prancis tersebut untuk mengusulkan Anda sebagai penerima beasiswa Eiffel. Pelamar tidak bisa mengajukan beasiswa secara langsung ke pihak Eiffel, dalam hal ini Campus France sebagai pengelola beasiswa Eiffel. Tapi diwakilkan oleh pihak universitas.

Aplikasi beasiswa sudah harus diterima oleh Campus France dari pihak universitas paling lambat 9 Januari 2020. Pengumuman hasil akan disampaikan mulai 23 Maret 2020 melalui website Campus France.

Anda bisa mengikuti petunjuknya di www.campusfrance.org/en/eiffel Ada beberapa panduan sesuai level yang diterangkan secara lengkap, aturan, dan informasi penting lain yang disaji dalam format PDF. Selamat mencoba! 

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter