Beasiswa Sumitro, $10.000 untuk Riset ke AS

Sumitro Fellows Program. Bagi yang pernah mengikuti, skema beasiswa ini mungkin tidak asing. Beasiswa Sumitro merupakan program beasiswa riset senilai $10.000 yang didedikasikan kepada Profesor Sumitro Djojohadikusumo, ekonom Indonesia yang juga mantan Menteri Perdagangan dan Menristek.

Seperti halnya USINDO Travel Grants, beasiswa Sumitro juga dibuka bagi warga Indonesia maupun Amerika Serikat (AS). Warga AS bisa menggunakan beasiswa ini untuk penelitian yang terkait ekonomi politik di Indonesia, sebaliknya warga Indonesia yang ingin melakukan penelitian di negeri Paman Sam itu bisa mengambil proyek terkait hubungan Indonesia-AS.

Mereka yang bisa mengikuti program beasiswa Sumitro di antaranya lulusan post-doktoral, calon doktor (PhD), akademisi, serta para profesional yang memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan penelitian lapangan.

Persyaratan:
1. Warganegara Indonesia atau AS
2. Penelitian terkait dengan hubungan bilateral Indonesia-AS
3. Mahir berbahasa Inggris dibuktikan dengan skor TOEFL. Pengecualian bagi mereka lulusan universitas di AS atau negara yang menggunakan bahasa Inggris.

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi yang diisi lengkap dan ditandatangani
2. Abstrak penelitian lapangan: satu hingga lima halaman terkait penelitian yang akan diambil
3. Curriculum vitae atau resume (CV tidak lebih dari 10 halaman atau resume yang menyediakan kutipan lengkap dari semua publikasi dengan item publikasi terbaru pada urutan pertama.
4. Dua (2) surat rekomendasi. Satu surat rekomendasi dari pembimbing disertasi atau dosen senior. Minta mereka untuk mengirim langsung surat rekomendasi tersebut ke email: sumitro@usindo.org pada atau sebelum 31 Januari 2015.
5. Surat pernyataan tanggung jawab: ditandatangani
6. Informasi tambahan. Selain informasi di atas, panitia juga akan mempertimbangkan informasi tambahan seperti sampel tulisan, silabus (tidak lebih lima halaman), dll.

*Ctt: Poin 1 dan 5 bisa diunduh di sini

Pendaftaran:
Masa pendaftaran dimulai 15 November 2014 hingga 31 Januari 2015. Kirimkan formulir beserta dokumen aplikasi yang telah dipersiapkan ke email: sumitro@usindo.org. Harap dikirim tepat waktu atau tidak melewati deadline, termasuk surat rekomendasi. Informasi lanjut bisa ditanyakan via telp: 202.232.1400.
Facebook Twitter