Beasiswa S2 2019-20 di ENS de Lyon, Prancis

Ecole Normale Supérieure de Lyon (ENS de Lyon) kembali membuka tawaran beasiswa s2 2019-2020 bagi siswa internasional berprestasi. Kampus yang berada di Lyon, Prancis ini menyediakan beberapa jenis beasiswa yang bisa diikuti, salah satunya Ampère Scholarships of Excellence. Beasiswa terbuka untuk program master di bidang ilmu pasti, seni, humaniora, dan ilmu sosial (di luar program master mengajar).

Penerima beasiswa ENS de Lyon akan memperoleh dukungan keuangan untuk studi di Prancis sebesar 1.000 Euro per bulan selama setahun, dan memungkinkan dilakukan perpanjangan untuk tahun kedua.

Selain mensyaratkan warganegara non Prancis (mahasiswa internasional), pelamar yang berminat juga harus berusia maksimal 26 tahun pada tanggal penutupan aplikasi.

Kualifikasi pelamar:
1. Kandidat yang mendaftar ke program master 1 tahun (M1) merupakan lulusan sarjana berlisensi (setara dengan 180 kredit ECTS Eropa), atau kualifikasi setara yang diakui oleh ENS de Lyon.
2. Kandidat yang mendaftar ke program master 2 tahun (M2) harus telah menyelesaikan studi program master 1 tahun (M1) (setara dengan 240 kredit ECTS Eropa), atau memperoleh kualifikasi setara yang yang diakui oleh ENS de Lyon (contoh: MPhil).

Kemampuan berbahasa:
1. Jurusan seni, humaniora, dan ilmu sosial
Memiliki kompetensi memadai dalam berbahasa Perancis untuk mengambil perkuliahan yang diajukan. Direkomendasikan level C1. Calon juga harus menunjukkan sertifikat mahir berbahasa Perancis berdasarkan Common European Framework of Reference of Language (CEFRL). Misalnya DALF.
2. Jurusan sains
Memiliki kompetensi memadai dalam berbahasa Perancis dan/atau Inggris untuk mengambil kuliah yang dilamar. Calon juga harus menunjukkan sertifikat mahir dalam bahasa Perancis: misalnya DALF, DELF, TCF dan dalam bahasa Inggris: IELTS atau tes TOEFL.

Simak juga » Daftar Beasiswa S2 Terbaru Dalam dan Luar Negeri

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi
2. Salinan paspor atau KTP
3. Surat pengantar yang diberi tanggal dan ditandatangani, menjelaskan alasan studi di ENS de Lyon
4. Curriculum vitae
5. Sertifikat keahlian berbahasa Prancis: (DALF, DELF, TCF)
    - Kandidat untuk ilmu pasti melampirkan sertifikat bahasa Prancis (DALF, DELF, TCF) dan bahasa Inggris (IELTS atau TOEFL)
6. Salinan ijazah dan transkrip sarjana (diterjemah ke bahasa Prancis atau Inggris)
7. Dua surat referensi dari profesor
8. Formulir tambahan khusus bagi pelamar program master berikut:
    - Architecture of Information
    - ADMIRE
    - Fundamental Computer Science
    - Advance Mathematics

Pendaftaran:
Lengkapi dokumen yang diminta di atas, ajukan secara online ke: http://dpj-ri.ens-lyon.fr

Aplikasi sudah harus pendaftar paling lambat 31 Oktober 2018 untuk bidang seni dan humaniora dan 19 Oktober 2018 untuk bidang sains. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Tel: +33 4 37 37 66 82 atau Email: ampere.scholarship@ens-lyon.fr
Facebook Twitter Google