Beasiswa Seni di Korea National University of Arts (K'ARTS)

Peluang beasiswa seni ini hanya ditawarkan ke beberapa negara Asia oleh Korea National University of Arts (K’ARTS). Indonesia salah satunya. K’ARTS menyediakan beasiswa S1 dan beasiswa S2 penuh untuk program-program seni yang tersedia di kampus mereka. Cukup beragam program yang ditawarkan, seperti musik vokal, musik instrumen, acting, studi teater, pembuatan film, broadcasting, multimedia, animasi, dance, koreografi, desain, seni rupa, arsitektur, dll.

Beasiswa seni di Korea National University of Arts tersebut disediakan melalui Art Major Asian Plus (AMA+) Scholarship. Beasiswa ini mencari mahasiswa-mahasiswa berbakat di bidang seni. Tujuannya mereka adalah mempromosikan kegiatan pertukaran internasional di bidang pendidikan serta persahabatan yang saling menguntungkan antarnegara.

Cakuan beasiswa K'ARTS di antaranya meliputi tiket pesawat pp Korea, tunjangan bulanan sebesar 800.000 won (± Rp 10,4 juta), tanggungan penuh kursus bahasa Korea, tanggungan biaya kuliah semester, serta asuransi kesehatan.
 
Simak juga » Jadwal Pendaftaran Beasiswa S1, S2, S3 Terbaru

Persyaratan:
1. Merupakan warganegara dari OECD DAC yang bisa mendaftar (salah satunya Indonesia)
2. Telah lulus atau dijadwalkan lulus SLTA/program gelar sarjana paling lambat 28 Februari 2022
   ▪ Pelamar yang mendaftar ke program master harus memiliki gelar sarjana atau ijazah yang setara
   ▪ Pelamar yang diperkirakan lulus paling lambat 28 Februari 2021 harus mengirimkan surat/ijazah lulus sementara dan menyerahkan salinan ijazah resminya paling lambat 28 Februari 2022 ke K’ARTS
3. Pelamar harus memenuhi syarat kemampuan bahasa Korea yang ditetapkan masing-masing departemen. Skor TOPIK yang valid diperlukan.
4.  K-ARTS memiliki kurikulum utama yang sangat praktis dan komprehensif untuk membesarkan seniman profesional. Oleh karena itu, pelamar harus memenuhi keterampilan dan bakat yang dibutuhkan melalui pengajuan portofolio yang disyaratkan oleh masing-masing departemen / jurusan kecuali jika tertulis “portofolio tidak diperlukan”.
5. Penerima beasiswa dijadwalkan untuk tiba di Korea dan mengikuti pelatihan bahasa Korea sebelum bergabung dengan program gelar, kecuali dia sudah memegang TOPIK level 6. Semua penerima diharapkan memasuki Korea pada akhir Oktober 2021 sementara pemegang TOPIK level 6 dapat dibebaskan untuk bergabung pelatihan bahasa.

Simak juga » Beasiswa S1 dan S2 Full di SIIT Thailand 

Dokumen aplikasi:
1) Aplikasi [Form 1]
2) Personal Statement [Form 2]
3) Rencana Studi [Form 3]
4) Personal Medical Assessment [Form 4]
5) 3 Surat rekomendasi [Form 5]
    Rekomendasi dari lembaga pemerintahan, khususnya lembaga ODA dan/atau Kedubes Korea, perwakilan dari lembaga pendidikan / kebudayaan dapat menerima poin masuk tambahan.
6) Letter of Consent [Form 6]
7) Ijazah Sekolah Menengah Atas (atau surat keterangan lulus) dan ijazah sarjana (atau surat keterangan lulus) dari sekolah / universitas yang terdaftar sebelumnya
   * Diterjemahkan dan diaktakan, dan disahkan oleh Konsulat Korea atau Apostilled.
8) Transkrip akademik resmi Sekolah Menengah Atas / Universitas  
    * Diterjemahkan dan diaktakan, dan disahkan oleh Konsulat Korea atau Apostilled.
9) Salinan paspor (jika belum ada bisa copy KTP)
10) Salinan asli bukti kemampuan bahasa
       *TOPIK atau yang setara, TOEFL, IELTS, TEPS)
11) Portfolio (cantumkan nama di setiap halaman)
12) Sertifikat pengalaman kerja yang relevan, penghargaan dan / atau prestasi lainnya (opsional)

*Ctt: Setiap dokumen yang ditulis dalam bahasa Indonesia harus diterjemahkan ke bahasa Korea atau Inggris yang disahkan oleh notaris. Salinan ijazah/surat lulus sementara dan transkrip akademik juga harus  melampirkan sertifikat Apostille yang dikeluarkan Konsulat/Kedutaan Besar Korea.
 
Simak juga » Info Beasiswa S2 Terbaru Dalam dan Luar Negeri

Pendaftaran:
Lengkapi semua dokumen aplikasi yang tertera. Jadikan dalam format PDF. Anda bisa mendapatkan semua formulir yang dibutuhkan di atas dalam panduan AMA Scholarship (Unduh). Pendaftaran beasiswa S1 dan S2 di K'ARTS dilakukan secara online. Mulai 25 Mei s/d 10 Juni 2021. Link pendaftaran online akan tersedia saat pendaftaran mulai dibuka (bisa dicek di link unduh). Pengumuman akhir hasil seleksi akan disampaikan pada 1 September 2021.
 
Jadwal seleksi:

Pendaftaran online: 25 s/d 10 Juni 2021
Pemberitahuan Penerimaan: Jadwal Tes Bahasa Korea & Rilis Informasi: 1 Juli 2021
Tes Bahasa Korea: 12 s/d 14 Juli 2021
Review & Wawancara Jurusan (Opsional): Agustus 2021
Pemberitahuan penerima beasiswa: 1 September 2021
Penyerahan Dokumen Lamaran Asli melalui pos / secara langsung: September 2021
Pemberangkatan ke Korea: 30 s/d 31 Oktober 2021
Pelatihan Bahasa Korea Pra-Masuk: November 2021 s/d Februari 2022

Kontak:

External Affairs Division (AMA+ Admissions)
[e] ama@karts.ac.kr
[t] (+82) 2-746-9076
[f] (+82) 2-746-9069
[w] https://www.karts.ac.kr
Facebook Twitter